Bandara NYIA Dorong Peningkatan Kunjungan Wisatawan ke Yogya

0
138
pembangunan Bandara Kulonprogo DI Yogyakarta (Foto: http://liputan7up.com)

YOGYAKARTA, bisniswisata.co.id: Menteri Koordinator Bidang Perekonomian Darmin Nasution mengharapkan jumlah kunjungan wisatawan mancanegara ke Yogyakarta semakin meningkat setelah Bandara New Yogyakarta International Airport (NYIA) beroperasi secara minimal pada April 2019.

“Selama ini penerbangan internasional ke Yogya ada dua, Malaysia dan Singapura. Ke depan, tentu kita berharap lebih, karena pesawat berbadan lebar bisa ke sini,” kata Darmin usai meninjau pembangunan Bandara NYIA di Yogyakarta, seperti dilansir Antara, Ahad (20/01/2019).

Darmin mengatakan penerbangan internasional secara langsung ke Yogyakarta dapat meningkat melalui keberadaan bandara internasional ini, terutama dari Tiongkok dan India, untuk menambah kunjungan wisatawan dari dua negara tersebut. “Adi Sutjipto masih mau dipakai juga katanya. Tapi, yang penting pilihannya terbuka, tidak lagi menjadi kendala penuh,” lanjut dia.

Diketahui, Bandara NYIA mempunyai kapasitas penumpang sebanyak 14 juta orang per tahun, atau delapan kali lipat lebih banyak dibanding bandara Adi Sutjipto yang hanya menampung sebesar 1,7 juta penumpang per tahun.

Selain itu, bandara yang memulai pembangunan sejak Januari 2017 ini mempunyai panjang landasan pacu mencapai 3.250 meter yang akan mampu melayani jenis pesawat komersil besar, seperti Airbus A380 ataupun Boeing 777. “Jadi turisme di Yogya akan berkembang jauh lebih cepat karena pesawat berbadan lebar akan datang ke sini,” tandasnya.

Direktur Utama PT AP I, Faik Fahmi mengakui Pembangunan bandara baru Yogyakarta baru sekitar 30 persen. Meskipun sisa waktu tinggal dua bulan, PT Angkasa Pura (AP) I yakin pada bulan April 2019, bandara ini sudah akan bisa dioperasionalkan.

Pada April nanti, airside, runway, dan apron harus sudah selesai 100 persen. Sementara dari sisi pembangunan terminal akan lebih fokus untuk terminal internasional saja dengan luas mencapai 12.900 meter. “Ini adalah proyek strategis nasional yang harus berdampka signifikan kepada masyarakat,” ujar Faik.

Semakin cepat proyek pembangunan bandara selesai, akan semakin baik dampaknya. Proses pembangunan hingga kini berlangsung secara normal. “Nyaris tidak ada permasalahan di lapangan dan pembangunan bisa berjalan dengan lancar. Manajemen siap memberikan penjelasan kepada siapa saja terkait progress pembangunan,” katanya. (EP)

LEAVE A REPLY

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.