Asian Games: Okupansi Hotel Sekitar Venues Tembus 90 Persen

0
223
Jakarta perlu genjot wisata MICE (Foto Fajar.co.id)

JAKARTA, bisniswisata.co.id: Persatuan Hotel dan Restoran (PHRI) DKI Jakarta memprediksi tingkat okupansi penginapan hotel berbintang mencapai lebih dari 90%, ketika Asian Games berlangsung hampir dua pekan, 18 Agustus –2 September 2018. Saat ini anggota PHRI DKI Jakarta mencapai lebih dari 200 pengusaha hotel berbintang dan restoran.

“Jumlah ini disumbangkan oleh atlet, ofisial, dan delegasi negara yang ikut Asian Games. Juga, pemerintah dan Asian Games 2018 Organizing Committee (INASGOC) menyiapkan beberapa penginapan khusus kepada atlet dan ofisial di sekitar venue pertandingan,” papar Ketua PHRI DKI Jakarta Khrisnadi seperti diunduh laman Bisnis, Kamis (19/07/2018).

Kendati beberapa penginapan mengalami kenaikan signifikan, namun kenaikan di atas 90% ini hanya terjadi di sekitar venue pertandingan Asian Games. Dan hotel yang jauh dengan lokasi pertandingan diprediksi juga mengalami kenaikan, tetapi tidak signifikan. “Hotel yang jauh dengan venue akan mendapat limbah (limpahan) dari pengunjung yang tidak mendapat penginapan dekat tempat pertandingan,” katanya.

Dilanjutkan warga, suporter, dan media yang berkontribusi terhadap kenaikan okupansi di lokasi yang jauh dengan venue pertandingan. “Warga, suporter, media itu tidak bisa kami bisa prediksi [menginap di mana]. Namun [berkontribusi] ke hotel yang jauh dengan venue,” sambungnya.

Disebutkan, penginapan di Jakarta saat ini sudah mulai merasakan peningkatan. Hal ini karena beberapa tim official yang telah datang ke Tanah Air. Dengan demikian, rata-rata okupansi penginapan saat ini berada di atas 60%.

Khrisnadi berharap Asian Games bisa memberikan multiplier effect terhadap sektor pariwisata Tanah Air, khususnya Ibu Kota yang sedang berkembang. Juga Asian Games secara langsung bisa mendorong perekonomian Jakarta menjadi bertumbuh lebih besar dibandingkan dengan sebelumnya. “Tujuan mereka bukan hanya sekadar datang, namun akan pergi ke tempat wisata, belanja, makan, dan lain-lain,” ungkapnya.

Sementara itu, Ketua Persatuan Hotel dan Restoran Indonesia (PHRI) Sumatera Selatan Herlan Asfiudin menjelaskan sebanyak 150 hotel dan restoran di Palembang dan se-Sumatera Selatan disiapkan untuk menyambut Asian Games 2018. Dari jumlah itu, PHRIoptimistis akomodasi tidak akan menjadi kendala lagi.

Data 155 hotel tersebut bisa menyediakan setidaknya 10 ribu kamar dengan berbagai kelas dan tipe. “Untuk kamar, kami pikir tidak ada masalah lagi,” katanya sambil menambahkan selain berbenah menjelang perhelatan Asian Games, PHRI turut serta mensosialisasi keberadaan event tersebut melalui berbagai cara.

Menurut Herlan, salah satu cara tersebut adalah memasang banner dan atribut yang berkaitan dengan pesta olahraga negara-negara se-Asia itu. Alhasil, hotel dan restoran makin cantik dan menawan. “Itu di semua hotel dan resto kita pasang banner, siap sukseskan Asian Games,” ujarnya. (END)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.