April 2019, Sederet Festival Digelar di Pelosok Nusantara

0
266
World Surfing League (Foto: maiwiz.com)

JAKARTA, bisniswisata.co.id: Sepanjang April 2019, berbagai fastival menarik dan unik digelar di beberapa wilayah di Indonesia. Festival tahunan tersebut masuk dalam Calendar of Event nasional. Melalui beragam fertival ini, wisatawan bukan hanya dapat menikmati keindahan alam Indonesia, namun juga kesenian, kebudayaan, olahraga, kuliner serta tradisi daerah yang melingkupinya.

Berikut daftar festival digelar pada April 2019. Antara lain:

#. 7-11 April 2019 Festival Pesona Tambora, NTB

Festival ini bagian dari Calendar of Event (CoE) Pariwisata NTB. Festival diselenggarakan di Kaki Gunung Tambora tepatnya area Doro Ncanga, Kabupaten Dompu. Acara besar ini direncanakan akan berlangsung pada tanggal 7 sampai 11 April. Festival Pesona Tambora mempunyai beberapa rangkaian acara, seperti pentas seni dan budaya, Barapan Kebo, pesta kuliner lokal, pasar rakyat, dan banyak lainnya. Kegiatan ini dilaksanakan untuk memperingati hari jadi Kabupaten Dompu. Setelah menghadiri Festival Pesona Tambora, sempatkan jalan-jalan ke padang savana Doro Ncanga. Jelajahi juga wisata alam lainnya, seperti Pantai Lakey, Pulau Satonda, dan Bukit Matompo.

#. 10 April Festival Lawata, NTB

Festival Lawata akan dilaksanakan di Pantai Kalaki, Kabupaten Bima pada tanggal 10 April. Kegiatannya meliputi parade sampan tradisional, pentas seni budaya, dan Mpama Kade’e alias kompetisi mendongeng, lomba menangkap bebek di laut, dan banyak lainnya. Setelah menghadiri Festival Lawata, sempatkan juga jelajah Pantai Kalaki. Ada juga Pantai Lawata, Pantai Amahami, Pantai Ule, Pantai Kolo, dan lainnya yang tak kalah indah.

#. 11 – 14 April 2019, Majapahit Travel Fair, Jawa Timur

Majapahit Travel Fair (MTF), agenda tahunan berskala internasional terbesar di wilayah Indonesia Timur. Acara ini diselenggarakan Dinas Kebudayaan dan Pariwisata Provinsi Jawa Timur. Kegiatan utama MTF adalah Travel Exchange (Travex) antara seller dari dalam negeri dan buyer dari dalam dan luar negeri, serta kegiatan pendukung antara lain pameran dan bursa pariwisata, workshop, penampilan kesenian, hingga aneka lomba. Acara ini akan digelar di Surabaya, Jawa Timur pada 11 hingga 14 April 2019.

#. 15-20 April Krui World Surfing League, Lampung

Krui World Surfing League merupakan kompetisi selancar internasional yang dilaksanakan pada tanggal 15 sampai 20 April. Salah satu rekomendasi wisata di bulan April 2019 tersebut akan diselenggarakan oleh World Surf League di Pantai Tanjung Setia, Kabupaten Pesisir Barat, Provinsi Lampung. Destinasi wisata yang bisa Teman Traveler temukan di sini adalah Pulau Pisang, Pantai Labuhan Jukung Krui, Pantai Tembakak, dan Gua Matu. Puaskan jelajahi keindahan alamnya setelah menonton kompetisi selancar.

#. 19-22 April Festival Pesona Teluk Tomini, Sulawesi Tengah

Event ini diselenggarakan di Kabupaten Parigi Moutong. Acara berlangsung mulai 19 sampai 22 April. Agenda dalam festival tersebut di antaranya adalah pemilihan putra putri bahari, pertunjukan musik tradisional, ragam kuliner Sulawesi Tengah, Tomini Fashion Carnival, dan kompetisi fotografi. Semua kegiatan seru tersebut diadakan demi meningkatkan jumlah kunjungan wisatawan ke Kabupaten Parigi Moutong. Selain menyaksikan Festival Pesona Teluk Tomini, Teman Traveler bisa mampir ke wisata sekitarnya. Di antaranya panjat tebing Likunggavali di Desa Marantale, Istana Tinombo, Puncak Pompausea Gunung Labuan Sory di Desa Toboli, dan Pantai Nalera.

#. 20-21 April Gebyar Pesona Budaya Garut, Jawa Barat

Gebyar Pesona Budaya Garut akan dilaksanakan pada 20 sampai 21 April. Kegiatan tersebut bertujuan untuk memperingati ulang tahun Kabupaten Garut, sekaligus mendukung pariwisatanya. Terdapat beberapa pertunjukan seni budaya pada acara tersebut, salah satunya Rampak Silat Bambu Runcing. Ada juga batik Garutan, bazar kuliner, pameran kerajinan kulit, sampai parade seni. Kabupaten Garut yang terkenal dengan dodolnya ini punya cukup banyak wisata alam. Misalnya saja Talaga Bodas, Leuwi Korsi yaitu cekungan dalam di dasar sungai bening, kolam air panas Cikarees, dan banyak lainnya. Jangan lupa mampir ke tempat-tempat tersebut, ya.

#. 26-28 April 2019 Ubud Food Festival

Ubud Food Festival yang dilaksanakan di Jalan Raya Sanggingan. Kegiatan yang telah berlangsung semenjak tahun 2015 ini akan diselenggarakan pada tanggal 26 sampai 28 April. Terdapat bervariasi aktivitas pada festival satu ini, di antaranya demo masak chef ternama, workshop resep masakan, dan kelas masak. Ada pula pertunjukan musik, pemutaran film, dan peluncuran buku yang berhubungan dengan kuliner. Para Traveler dapat jelajah wisata di sekitaran Ubud. Di antaranya Monkey Forest, Istana Ubud, Museum Puri Lukisan, dan masih banyak lagi.

#. 28 April 2019 Mandiri Jogja Marathon

Rekomendasi festival di bulan April 2019 lainnya adalah Mandiri Jogja Marathon. Kompetisi lari tersebut akan dilaksanakan di Candi Prambanan pada tanggal 28 April. Kategori pada lomba ini adalah full marathon, half marathon, 10 km, dan 5 km. Selain menikmati keindahan Candi Prambanan, Teman Traveler juga bisa main-main ke Candi Ratu Boko, Banyu Nibo, dan Tebing Breksi. Coba luangkan waktu untuk jelajahi destinasi wisata tersebut. ([email protected])

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.