EVENT KOMUNITAS NEWS

Anggota MASATA Pilih Prishkianto sebagai Ketua Umum

JAKARTA, bisniswisata.co.id: Organisasi Pariwisata MASATA (Masyarakat Sadar Wisata) memilih Prishkianto sebagai Ketua Umum  menggantikan Panca R Sarungu.

Prishkianto yang sebelumnya Bendahara Umum organisasi itu menang sebanyak 26 suara dari 51 peserta Munas I MASATA yang memiliki hak pilih, menjadikannya Ketua Umum MASATA periode 2021 – 2023 

” Insya Allah saya akan amanah menjalankan organisasi ini dan menjalankan organisasi sesuai tema Munas kali ini yaitu Solid, Kolaborasi dan Maju Bersama,” ujarnya setelah terpilih Senin malam.

Selain Priskianto, Ketua lama Panca R Sarungu yang sudah demisioner kembali mengajukan diri sebagai Ketum bahkan 13 orang Pengurus DPP MASATA masing-masing meminta hak pilih pula. Panca mendapatkan 18 suara.

Calon Ketum MASATA lainnya, Jeffrey Rantung yang juga Ketua MASATA DKI Jakarta mendapatkan 6 suara. Jeffrey yang sekaligus menjadi Ketua Panitia Munas pertama ini mengatakan sejak Juli 2021 para DPD MASATA menginginkan diselenggarakan MUNAS di Bali.

” Pak Made Ramia sebagai ketua DPD MASATA wafat dan kami wujudkan kegiatan Munas pertama sesuai tuntutan DPD pada 28 November -1 Desember 2021 di Putri Duyung Cottage di dukung Kemenparekraf, Dompet Dhuafa, Bank DKI, Pengelola Taman Impian Jaya Ancol serta CheeseSwap.

Diikuti 59 peserta dari 19 provinsi, acara pemilihan yang berlarut-larut mengundang peserta dan peninjau melakukan interupsi termasuk agar pemimpin sidang dan peserta melakukan tertib organisasi hingga akhirnya terpilih Priskianto sebagai Ketua Umum yang baru menggantikan Panca R.Sarungu.

Sebagai organisasi pelaku, pemerhati dan pencinta pariwisata Indonesia yang berkompeten dalam mendukung pariwisata berkelanjutan di Indonesia, Jeffrey Rantung optimistis visi MASATA untuk 30-50 tahun mendatang masih relevan.

“Semua pandai membuat organisasi dan punya niat luhur untuk membantu pemerintah dan stakesholder lainnya yaitu Pentalelix untuk bangkitkan pariwisata pasca COVID-19,” kata Jeffrey.

Oleh karena itu pihaknya optimistis bersama Ketum Baru dan ‘kabinet’ yang akan dibentuk Priskianto yang utama adalah memiliki SDM organisasi yang solid, membuktikan dengan tindakan sehingga bisa dinilai langsung oleh anggotanya maupun masyarakat luas.

MASATA akan jadi organisasi besar dan ditahun depan 2022 jumlah DPC di seluruh Indonesia sedikitnya ada 250 Pengurus DPC di Pemkab/Pemkot di tanah air. 

“Ibaratnya kami ini influencer, penggerak masyarakat untuk mencintai wisata domestik dan wisman juga mencintai Indonesia sebagai tujuan wisata, tambah Jefflrey.

Munas I MASATA dibuka Senin oleh  Titik Lestari, Direktur Standarisasi  Kompetensi Deputi Bidang Sumber Daya Kelembagaan Kementerian Pariwisata dan Ekonomi Kreatif, mewakili Menteri Pariwisata dan Ekonomi Kreatif Sandiaga Salahuddin Uno serta Toar Mangandiri, Direktur Pengembangan Sumber Daya Ekraf Deputi  Sumberdaya dan Kelembagaan Kemenparekraf.

Hadir pula pula Ketua Gabungan Industri Pariwisata Indonesia (GIPPI) Didin Junaedi,  Rusmiati, Ketua Umum ASITA, Hilda Ansariah Sabri, Ketua Bidang Pariwisata DPP Persatuan Wartawan Indonesia ( PWI ) pusat dan Gangsar Priambodo Ketua Pembina MASATA serta dari para sponsor yaitu Bank DKI, CheeseSwap, Dompet Dhuafa dan Taman Impian Jayal Ancol.

 

Hilda Ansariah Sabri

Pendiri, Pemimpin Umum, Pemimpin Redaksi dan pemegang sertifikasi Wartawan Utama Dewan Pers dan Ketua Departemen Pariwisata PWI Pusat (2018-2023)