HOSPITALITY HOTEL NEWS

Airbnb Klaim Berikan Dampak Ekonomi  Besar Pada Latin Amerika & Karibia Tahun 2021

CEO Airbnb Catherine Powell mengatakan pariwisata melalui platform perusahaan membantu pemulihan ekonomi di Amerika Latin dan Karibia pada tahun 2021.

SAN FRANCISCO, AS, bisniswisata.co.id: Dalam update perusahaan yang dikeluarkan baru-baru ini, Airbnb mengutip World Tourism & Travel Council (WTTC) memperkirakan bahwa hampir US$4,5 triliun dalam perjalanan dan produk domestik bruto (PDB) terkait pariwisata hilang tahun lalu karena pandemi, mempengaruhi lebih dari 61 juta pekerjaan. 

Dilansir dari www.jaicaobserver.com, perusahaan menyatakan bahwa aktivitas ekonomi yang didorong langsung oleh tamu Airbnb telah pulih kembali dengan cepat, membantu mendukung pemulihan pariwisata Amerika Latin dan Karibia secara keseluruhan, dengan lebih dari 4,3 juta lebih banyak tamu Airbnb menginap pada tahun 2021 daripada tahun 2019.

Pengeluaran tamu Airbnb (tidak termasuk pendapatan host) secara langsung mendukung US$8,9 miliar dari PDB; 416.000 pekerjaan di Amerika Latin dan Karibia; dan menghasilkan US$4,5 miliar dari upah, gaji, dan pendapatan tenaga kerja lainnya di berbagai sektor, perusahaan menyatakan.

Dalam diskusi panel IV CEO Summit of the Americas yang berjudul ‘Pemulihan Ekonomi melalui Pariwisata’, yang diadakan baru-baru ini, Kepala Hosting Global Airbnb Catherine Powell membagikan data dari laporan Oxford Economics baru yang menunjukkan bagaimana Airbnb mendorong pemulihan pariwisata di wilayah tersebut.

Dia mengatakan bahwa pengeluaran tamu yang terkait dengan 1.000 check-in tamu Airbnb selama setahun secara langsung mendukung 15 pekerjaan di wilayah tersebut, dengan upah, gaji, dan pendapatan lainnya sebesar US$158.000 (tidak termasuk pendapatan host).

Secara keseluruhan, pengeluaran tamu Airbnb meningkat sekitar US$8,1 miliar pada tahun 2021, mencapai tingkat lebih dari sepertiga lebih tinggi dari 2019 (41,9 persen di atas), bahkan ketika pengeluaran pariwisata yang lebih luas di kawasan ini masih seperlima lebih rendah daripada tahun 2019 (22,7 persen di bawah).

Powell menyatakan bahwa untuk setiap US$10 yang dihabiskan untuk akomodasi, tamu Airbnb menghabiskan tambahan US$45 untuk bisnis lain selama perjalanan mereka seperti restoran, transportasi, dan aktivitas lainnya.

Pariwisata mendukung 8,5 juta pekerjaan dan berkontribusi lebih dari US$180 miliar terhadap PDB di seluruh wilayah pada tahun 2021.

Sektor ini sedang dibangun kembali dari dampak pandemi dan perkiraan Oxford Economics mengantisipasi pengeluaran pengunjung di LAC akan mendekati US$500 miliar pada tahun 2025 (US$492,6 miliar) — lebih dari 16 persen di atas tingkat pra-pandemi.

Perusahaan mencatat bahwa tuan rumah di Airbnb menyimpan hingga 97 persen dari apa yang mereka tetapkan untuk tempat mereka, dan tidak seperti banyak hotel besar, tuan rumah menyimpan uang yang mereka peroleh di komunitas.

 

Evan Maulana