EVENT INTERNATIONAL NEWS

Acara Tatap Muka Masih Diminati Karena Aktivitas MICE Singapura Pulih

Singapore Fintech Festival kembali sebagai acara tatap muka untuk pertama kalinya sejak 2019.     ( Foto:Constellar)

Daftar lengkap lebih dari 60 acara internasional untuk paruh kedua tahun 2022 mencakup pertunjukan terkemuka yang pernah diadakan di kota-kota besar lainnya, serta peluncuran baru

SINGAPURA, bisniswisata.co.id: The Singapore Fintech Festival 2022 kembali sebagai acara tatap muka di Singapore Expo untuk pertama kalinya sejak 2019, karena pembatasan ketat Covid-19 dilonggarkan dan beflangsung pekan lalu.

Dilansir dari  www businesstimes.com.sg, kegiatan Ini adalah yang terbaru dari serangkaian acara yang telah kembali secara fisik di Singapura ketika industri pertemuan, insentif, konferensi & pameran (Mice) bangkit kembali setelah terpukul parah oleh pandemi.

Group chief executive officer Constellar, Jean-François Quentin, berbagi pandangannya tentang pemulihan dan prospek industri:

Bagaimana rebound dalam aktivitas di sektor Tikus Singapura karena pembatasan COVID -19 secara bertahap dilonggarkan?

Industri MICE Singapura rebound dengan kuat.  Di Constellar, kami melihat pemesanan yang dikonfirmasi di tempat terkelola kami Singapore Expo mencapai 60 persen dari tingkat pra-Covid dalam waktu tiga bulan setelah pembatasan dicabut.  Kami juga melihat tingkat pemesanan yang sehat untuk tahun 2023.

 Di Singapura, pada paruh kedua tahun 2022, terdapat lebih dari 60 acara internasional, termasuk pertunjukan terkemuka yang pernah diadakan di kota-kota besar lainnya, serta peluncuran baru.  Ini semua adalah tanda positif dari permintaan yang kuat dan bukti nilai format interaksi tatap muka.

 Apakah menurut Anda acara tatap muka akan menjadi pilihan yang lebih disukai bagi peserta pameran dan pengunjung dibandingkan dengan acara hybrid atau digital saja?

Acara sebagai pasar akan terus diminati dan krisis COVID-19 telah menunjukkan bahwa orang-orang memiliki kebutuhan yang kuat untuk terhubung melalui pengalaman langsung. 

 Periode ini telah menunjukkan bahwa baik acara fisik, digital atau hybrid, kami harus memberikan efisiensi bagi pembeli dan penjual melalui penciptaan peluang untuk berbagi pengetahuan, jaringan, perjodohan bisnis yang ditargetkan, branding dan pemasaran, dan penjualan.

Bagaimana pelajaran dari pandemi COVID-19 mengubah cara yang dilakukan di industri ini?

Constellar telah mempercepat investasi kami dalam infrastruktur digital dan hijau kami, menginovasi titik kontak kami untuk meningkatkan perjalanan pelanggan secara keseluruhan dan memberikan keterlibatan yang akan menghasilkan nilai lebih besar bagi mitra, peserta pameran, dan peserta acara kami.

 Kami berharap kembalinya SFF tahun ini sebagai acara tatap muka akan lebih berdampak;  lebih dari 500 organisasi terkemuka akan memamerkan perkembangan terbaru di ruang fintech, dan lebih dari 60 persen dari jajaran peserta pameran saat ini bergabung dengan acara tersebut untuk pertama kalinya.  

Bekerja sama dengan mitra kami di Elevandi dan Otoritas Moneter Singapura untuk merancang program tiga hari yang kuat dan diaktifkan secara digital yang akan fokus pada memperkaya pengalaman pengunjung.

Peluang apa yang ada bagi Singapura untuk tumbuh di sektor Mice dibandingkan negara-negara lain di Asia-Pasifik yang belum sepenuhnya dibuka kembali?

Dengan dibukanya kembali, Singapura telah menunjukkan ketahanan pandemi – yang berdampak kuat pada ketahanan MICE. Kami telah menyelenggarakan beberapa acara perdagangan terbesar di kawasan ini sejak pembukaan kembali negara ini, termasuk Food & Hotel Asia dan Jewellery & Gem World Singapore di Singapore Expo.  

Event yang terakhir dan Cosmoprof Asia 2022, yang akan berlangsung di Singapore Expo pada bulan November, keduanya telah dipindahkan sementara dari Hong Kong.

Namun demikian, kami belum pulih ke tingkat aktivitas pra-COVID dengan kehadiran keseluruhan dari mitra, peserta pameran, dan peserta diturunkan karena beberapa pasar utama masih tutup.

Kami berada di fase pertama, dengan pemulihan penuh diharapkan dalam dua hingga tiga tahun.  Sementara kecepatan pengembalian bisnis telah menggembirakan, industri ini tidak kebal terhadap tantangan yang dihadapi secara global di bidang perjalanan, logistik, dan bakat.  

Karena penyelenggara acara global terus melihat Singapura sebagai landasan untuk ekspansi regional dan internasional, pemain Mice perlu berputar cepat – termasuk memulai kemitraan untuk tumbuh, berkembang, dan memasuki pasar baru.

 

 

Hilda Ansariah Sabri

Pendiri, Pemimpin Umum, Pemimpin Redaksi dan pemegang sertifikasi Wartawan Utama Dewan Pers dan Ketua Departemen Pariwisata PWI Pusat (2018-2023)