Jaring Turis Hirup Oksigen Gili Iyang, Pelabuhan Dungkek Direvitalisasi

0
308
Turis asing di Pantai Pulau Gili Iyang yang melakukan snorkling (Foto: Lintas Madura News)

SURABAYA, bisniswisata.co.id: Gubernur Jawa Timur Khofifah Indar Parawansa mengungkapkan upaya yang akan dilakukannya terkait peningkatan sektor wisata yang bisa mendongkrak ekonomi di Madura. Menurutnya, salah satu yang dapat dilakukan adalah dengan meningkatkan kapasitas Pelabuhan Dungkek, Sumenep, Madura.

Rencana revitalisasi Pelabuhan Dungkek, kata dia, masuk dalam APBD Pemprov Jatim Tahun 2019. “Pelabuhan ini bisa menyambungkan Dungkek dengan Pulau Gili Iyang yang merupakan oksigen terbaik kedua di dunia. Kita harus segera revitalisasi Pelabuhan Dungkek agar makin banyak wisatwan dan memiliki nilai ekonomi yang lebih tinggi,” kata Khofifah di Surabaya, Kamis (7/3).

Khofifah menjelaskan, jika Pulau Gili Iyang ada dermaga, dan Pelabuhan Dungkek juga terevitalisasi, akan membuat keduanya saling tersambung. Dampaknya, wisatawan berdatangan, sehingga perekonomian masyarakat sekitar bisa menjadi lebih hidup, terutama di kedua daerah tersebut.

“Bisa lebih maksimal karena perahu-perahu bisa ditambahkan, juga speed boat bisa di kembangkan. Bayangan saya akan banyak yang berinvestasi speed boat,” ujar mantan Menteri Sosial era Presiden Jokowi.

Dilanjutakan, penanganan kemiskinan memang menjadi salah satu prioritas bagi pemerintahannya. Upaya pengentasan kemiskinan itu, kata dia, sudah tertuang dalam Nawa Bhakti Satya. Berbagai cara menurutnya bisa dilakukan, seperti memperkuat Bakorwil, memperkuat pendidikan vokasi, hingga peningkatan sektor swasta.

Pulau Gili Iyang memang bukan sembarang pulau, selain pesona keindahan alam luar biasa, pulau ini punya kelebihan lain yang membuatnya menarik untuk dikunjungi para wisatawan. Kelebihan itu adalah pulau ini menjadi lokasi dengan kadar oksigen terbaik dunia.

Hal ini sesuai dengan hasil penelitian yang dilakukan oleh LAPAN pada Desember tahun 2011 silam. Bukan hanya udara segar dan bersih yang bisa kamu temukan disini, pasir pantainya pun sangat menggoda kamu untuk menginjakkan kaki dan bermain ria disana. Selain itu, ombak yang cukup tenang di pantai ini sangatlah nyaman dan memanjakan mata kamu.

Masyarakat yang ada di sekitar pantai sangat terkenal dengan keramah tamahannya. Jadi tidak perlu segan dan khawatir jika ingin minta bantuan atau bertanya sesuatu kepada mereka. Untuk bisa mencapai lokasi ini, kamu harus menyewa perahu nelayan yang ada disana.

Sumenep Madura juga memiliki destinasi wisata yang menarik. Selain wisata bahari, juga ada wisata alam, sejarah hingga religi diantaranya:

#. Pulau Gili Labak

Paling menarik berwisata ke Pulau Gili Labak ini adalah airnya yang sangat bening. Banyak yang menyebut Gili labak adalah surganya tempat wisata di Madura. Kondisi pantainya berpasir putih, terumbu karang masih alami, airnya jernih dan tenang. Jika tertarik untuk melihat terumbu karang di Gili Labak bisa mencoba dengan melakukan snorkling.

#. Pulau Gili Genting

Gili Genting sangat terkenal dengan nuansa alami dan kebersihannya. Ada sebuah pantai yang sangat indah dan menarik di pulau ini, namanya adalah pantai Kahuripan. Untuk bisa sampai ke pulau ini, waktu tempuh yang diperlukan memang terbilang cukup lama. Karena saat ingin menyeberang harus melewati lautan menggunakan perahu motor dari pelabuhan Pagar Batu, Bluto ataupun pelabuhan Tanjung. Setelah mencapai tempat ini, barulah kamu bisa memulai perjalanan menuju pantai Kahuripan di Desa Gedugan. Panorama yang disuguhkan oleh pantai ini sangat menawan. Juga cocok untuk melepas penat bekerja. Meariknya lagi hembusan angin yang yang sepoi-sepoi membuat pepohonan di sekitar pantai menjadi bergoyang dan menghembuskan udara segar.

#. Pulau Sapekan
Pulau ini verada di ujung paling Timur pulau madura. Untuk bisa mencapai tempat ini, memang dituntut punya tenaga prima dan kesabaran eksra. Karena panjangnya perjalanan yang harus kamu tempuh. Dari pelabuhan Sumenep bergerak ke pulau Kangean dengan moda transportasi ferry. Total waktu tempuh yang tersita sekitar 18 jam. Juga ada kapal ekspres hanya 4 jam. Meski sangat besar usaha yang keluarkan namun jika sampai ke pulau Sapekan, namun yakinlah bahwa keindahan bisa melunturkan semua rasa lelahmu.

#. Pulau Mamburit

Salah satu dari sekian banyak pulau yang bisa dikunjungi di Sumenep adalah pulau Mamburit. Pulau ini memiliki pemandangan laut yang sangat indah. Keindahannya pun semakin lengkap dengan hamparan pasir putih, air laut yang jernih serta terumbu karang yang begitu asri. Untuk bisa mencapai tempat ini, kamu hanya butuh waktu sekitar 20 menit dari pelabuhan batu guluk yang terletak di pulau Kangean. Pulau Mamburit ini juga menjadi salah satu dusun di desa Mamburit. Ia juga menjadi salah satu pulau diantara 126 pulau di Sumenep yang dikelilingi oleh pulau berukuran kecil tanpa penghuni.

#. Pantai Slopeng
Wisata pantai memang tidak ada habis-habisnya untuk dibahas jika berbicara Sumenep. Jika berkunjung ke Sumenep, salah satu dari sekian banyak pantai yang ada disana adalah pantai Slopeng. Lokasinya sendiri berada di jalan Ambunten kilmeter 17 Desa Samaan. Beberapa hal menarik yang disuguhkan tempat ini adalah hamparan pasir putih yang luas mencapai panjang 6 kilometer, hiasan pohon siwalan, pohon kelapa dan cemara udang yang menjadi kombinasi tepat dengan pasir putihnya, air laut yang jernih beserta ombak yang tenang. Selain itu, bisa menyaksikan sunset yang begitu menawan di sore hari. Sensasi air laut penuh kehangatan berbayang jingga akan menambah semangat di penghujung hari.

#. Pantai Lombang
Pantai ini sangat terkenal di daerah Sumenep. Jaraknya sekitar 25 kilometer menuju timur pusat kota Sumenep. Untuk lokasi lengkapnya, pantai ini berada di kecamatan Batang, Sumenep, Jawa Timur. Rimbunnya pohon cemara yang berderet di sekitar pantai bersatu dengan pantai pasir putih yang bertekstur halus, dan air yang tenang. Memang pantai ini bisa dijadikan pilihan yang tepat. Mengajak turut serta sanak keluarga untuk menikmati nuansa alami di pantai ini tentu menjadi hal seru yang penuh kesan.

#. Pantai Ambuten

Nama pantai ini berasal dari lokasi keberadaannya yaitu di Desa Ambuten Barat, kabupaten Sumenep, Jawa Timur. Keindahan yang bisa dirasakan adalah pemandangan pantai yang begitu asri disertai dengan bebatuan karang dengan ukuran besar yang terdampat di sepanjang pantai. Ombaknya yang tenang bisa membuat perasaan menjadi lebih nyaman. Hal ini tentu sangat efektif menghilangkan stress kerja. Meski telah memiliki daya tarik yang cukup besar karena pesonanya, tempat ini masih kurang baik dari segi pengelolaannya sehingga masih sepi pengunjung. Namun jika kamu ingin merasakan liburan seperti di privat island bisa coba kesini.

#. Pantai Badur

Obyek wisata bahari pantai Badur sebagai destinasi menarik untuk liburan. Lokasi pantai ini berada di Desa Batu Putih Kabupaten Sumenep. Jika dilihat-lihat, lokasi pantai Badur ini berada di wilayah pedesaan. Membutuhkan waktu sekitar 30 menit sampai 35 menit dari pusat kota Sumenep. Jarak tempuhnya diperkirakan mencapai 18 kilometer.

#. Bukit Tinggi Daramista

Destinasi wisata ini masih baru. Meski pembangunannya belum sepenuhnya rampung, tempat ini sudah berhasil memikat para wisatawan untuk berkunjung. Di Bukit ini bisa melihat pemandangan laut yang bebas dan kota Sumenep yang indah, rindang dan luar biasa.

#. Bukit Kapur Kombang
Obyek wisata ini dahulunya merupakan bekas tambang yang sudah tidak difungsikan lagi. Namanya sendiri sesuai dengan lokasi berdirinya yaitu di Desa Kombang, kecamatan Talango, Kabupaten Sumenep. Pesona dinding-dindingnya yang menyerupai bangunan kastil kuno yang ada di wilayah Eropa. Dari segi artistik, tempat ini sangat cocok dijadikan sebagai background foto yang menarik dan instagramable.

#. Masjid Agung Sumenep
Bukan hanya berwisata alam berupa pantai dan pulau yang bisa kamu lakukan di Sumenep. Pasalnya kamu juga bisa memilih tempat liburan di Sumenep dengan mengunjungi tempat yang bisa dijadikan wisata religi. Penduduk di pulau Madura yang kurang lebih berjumlah 15 juta orang memang mayoritas memeluk agama islam. Tak mengherankan jika banyak ditemukan bangunan masjid yang begitu menawan. Masjid Agung Sumenep ini sendiri berada di daerah paling Timur Madura. Posisinya persis menghadap alun-alun kota Sumenep.

#. Museum Keraton Sumenep
Destinasi wisata dengan konsep museum tentulah memberikan edukasi bagi para pengunjung yang datang. Lokasi museum keraton Sumenep ini sendiri ada di jalan Dr. Sutomo nomor 6, lingkungan Delama, Pajagalan, kota Sumenep. Museum ini buka setiap hari dari Senin sampai Minggu. Beroperasi dari pukul 07.00 sampai pukul 15.30 WIB. Jika kamu berkunjung ke taman Adipura, maka kamu bisa sekaligus mengunjungi museum ini. Jaraknya hanya berkisar 100 meter dari sana.

#. Air Terjun Durbugan

Wisata air terjun Durbugan sangat asri dan menyejukkan di Sumenep. Pesona yang dimiliki tempat ini dijamin membuat bisa rileks dari penatnya pekerjaan selama ini. Lokasinya tepat berada di desa Kowel, kecamatan Pamekasan, Jawa Timur. Indahnya tempat ini bisa menjadi daya tarik bagi para pengunjung yang datang. Juga keramah-tamahan penduduk sekitar kerap kali menjadi nilai tambah keinginan para pengunjung untuk darang ke tempat ini. Jadi kalau kamu sedang berlibur ke pulau Madura, jangan sia-siakan kesempatan untuk berkunjung kesini ya. ([email protected])

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.