Ragam Acara Budaya di Akhir Pekan Yogyakarta

0
220
Tari tradisional

YOGYAKARTA. bisniswisata.co.id: Jelang akhir tahun Desember 2018, berbagai agenda wisata hingga seni budaya di Yogya siap digelar menyambut kedatangan wisatawan. Berbagai agenda ini bisa menjadi rujukan wisatawan yang sudah berdatangan ke Yogya akhir pekan ini sembari menunggu datangnya momentun pergantian tahun yang tinggal dalam hitungan hari.

Seperti dilansir man Tempo.com, ada lima agenda budata akhir pekan mulai Sabtu- Minggu, 22-23 Desember 2018 yang bisa disambangi di Yogya bersama kerabat serta orang tercinta.

#. Jogja Color Walk & Menari 2018

Digelar hari Minggu 23 Desember 2018 di Alun-Alun Utara Kota Yogya, acara Jogja Color Walk merupakan kegiatan olahraga berupa jalan sehat yang melibatkan kurang lebih 10 ribu peserta. Rutenya dimulai dari SMA N 1 Teladan Yogyakarta di Jalan HOS Cokroaminoto menuju pertigaan kantor Badan Pemeriksa Keuangan (BPK), dan berakhir di Alun-Alun Utara Yogyakarta. Sementara acara Jogja Menari yang dipusatkan di Alun Alun Utara juga akan diramaikan dengan ribuan penari yang akan memecahkan Rekor Museum Rekor Indonesia (MURI) sebagai pagelaran tari jaranan dengan penari sebanyak 3.600 orang.

#. Festival Merapi

Berlangsung dua hari, 22-23 Desember 2018 di Tlogo Putri Kaliurang Sleman, pengunjung bisa menemukan berbagai atraksi kesenian tradisional yang hadir di tiga titik lokasi berbeda dalam gelaran Festival Merapi 2018. Salah satu yang menarik adalah aksi pertunjukan kesenian Jathilan Putri 30 Jam nonstop dari kelompok penari Kudho Praneso di kawasan Tlogo Putri Kaliurang. Atraksi bisa ditemukan juga di dua lokasi berbeda yakni Embung Jetis Suruh (22 Desember 2018) yang menampilkan Jathilan Gondang Pusung dan Ketoprak Darpo Kayun. Sedangkan di Lapangan Denggung (22 Desember 2018) akan digelar Sendratari Roro Jonggrang persembahan @prambananpark dan Ketoprak Cepet dengan bintang tamu seniman Dalijo.

#. Festival Se Desa 2018
Festival ini kiprah dari Pemerintah Desa Panggungharjo Bantul Yogya dalam merayakan ulang tahun ke-72 desanya. Digelar 22-24 Desember di Kampung Mataraman Bantul. Rangkaian perayaan ulang tahun ini mempersembahkan berbagai hiburan dan susasana khas tempo dulu dengan bertempat di resto berkonsep kampung desa nan unik yang merupakan unit usaha Desa Panggungharjo, Kampung Mataraman. Sejumlah acara yang digelar adalah pameran potensi desa bidang kuliner, seni, kerajinan, adat, dan tradisi. Selain itu, ada juga pasar rakyat yang menyuguhkan berbagai permainan zaman dulu; pentas seni dan budaya; gebyar pembinaan kesejahteraan keluarga (PKK), hingga parade ronda.

#. Trisik Festival 2018

Dinas Pariwisata Kulon Progo akhir pekan ini menggelar kegiatan dengan tajuk Trisik Festival yang akan diselenggarakan pada 22 dan 23 Desember 2018 berlokasi di Pantai Trisik, Kecamatan Galur, Kabupaten Kulonprogo.Ada banyak acara menarik seperti Food Truck Festival pertama dan terbesar di Kulon Progo, Festival Lampion, Rally Wisata, hingga Seminar Nasional Penyelamatan Penyu.

#. Pekan Budaya India
Akhir pekan, 22-23 Desember 2018, juga ada Pekan Budaya India hasil Kerjasama Pemerintah DIY dengan Kedutaan Besar India serta Universitas Islam Negeri Sunan Kalijaga. Ada berbagai nuansa gelaran unik bertema tentang India. Mulai seni, budaya, musik, tari, makanan, olahraga yoga, dan film Bollywood. Setiap hari bakal digelar Festival Makanan India yang dipusatkan di Hotel Sheraton Mustika Yogyakarta. Ada juga pameran foto bertajuk Monumen Islam India yang digelar di Aula Perpustakaan Utama UIN Sunan Kalijaga mulai 17-23 Desember 2018. Untuk Festival Film India dipusatkan di Perpustakaan Teater UIN Sunan Kalijaga dan digelar mulai pukul 15.00 WIB. (EP)

LEAVE A REPLY

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.