Home EVENT 29 – 30 Juni 2019, Jakarnaval

29 – 30 Juni 2019, Jakarnaval

0
138
Reog Ponorogo semarakkan Jakarnaval (Foto: Semarak.co)

JAKARTA, bisniswisata.co.id: Puncak perayaan HUT ke-492 DKI Jakarta yakni Jakarnaval 2019. Parade karnaval jalanan ini, terpusat di kawasan Monas hingga Bundaran Hotel Indonesia, yang akan diselenggarakan pada 29 dan 30 Juni 2019.

Diperkirakan lebih kurang 5000 peserta ambil bagian, mulai dari parade berjalan kaki hingga kendaraan hias. Parade Jakarnaval dengan tema Wajah Baru Jakarta meliputi parade budaya, dan kendaraan hias, antara lain menampilkan Komunitas Ondel-ondel, Komunitas Karnaval, Tarian Garapan dan tradisional, Abang None Jakarta, Komunitas Cosplayer, Komunitas Badut Akrobat, serta kendaraan mobil hias.

Rute parade jadi 2. Parade berjalan kaki dimulai Silang Merdeka Tenggara melewati depan Balaikota Jakarta, mengarah ke Jalan MH Thamrin, berputar di perempatan depan Bangkok Bank untuk kembali ke arah Monas. Parade kendaraan hias dimulai dari Silang Merdeka Tenggara melewati depan Balaikota Jakarta, mengarah ke Jl. MH Thamrin, dan berakhir di Bundaran HI.

Acara ini rencananya akan berlangsung dari pukul 15.00 sampai 18.00 WIB. Sejumlah musisi Ibu Kota, seperti Krisdayanti, Iwa K, Irma Dharmawangsa dan ADA Band tampil memeriahkan panggung hiburan di Monas dari pukul 19.00 sampai 22.00 WIB.

Demi menjamin kelancaran, sejumlah ruas jalan ditutup serta melakukan rekayasa lalu lintas di sekitar kawasan tersebut. Penutupan dan rekayasa lalu lintas itu dilakukan pada 29-30 juni 2019. Untuk 29 Juni, demi pelaksanaan gladi resik Jakarnaval, penutupan jalan dan rekayasa lalu lintas dilakukan pukul 15.00-18.00 WIB. Acara puncak dilaksanakan pada hari Minggu, tanggal 30 Juni 2019 mulai pukul 15.00 hingga 18.00 WIB.

Selain itu, untuk warga pengunjung Jakarnaval, Pemprov DKI menyediakan lokasi parkir kendaraan bermotor di empat tempat yakni Park and Ride Thamrin 10, IRTI Monas, Plaza Mandiri, dan Jalan Imam Bonjol. Jalanan yang ditutup saat gladi resik pada 29 Juni pukul 15.00-18.00 WIB adalah ruas Jalan Medan Merdeka Selatan sisi selatan (dari Bundaran air mancur BI sampai dengan pertigaan Jalan Merdeka Selatan dengan Jalan Ridwan Rais).

Atas penutupan ini, Dinas Perhubungan melakukan rekayasa lalu lintas. Pertama, arus lalu lintas dari Jalan MI Ridwan Rais yang akan belok kiri menuju Jalan Merdeka Selatan diarahkan ke Jalan Merdeka Timur. Kedua, yang akan berputar balik menuju Jalan Medan Merdeka Selatan sisi selatan dialihkan ke Jl Merdeka Timur atau Ridwan Rais.

Kemudian penutupan jalan yang dilakukan pada hari-H Jakarnaval, 30 Juni, pukul 15.00-18.00 WIB adalah Jalan Merdeka Selatan sisi utara dan selatan. Kedua ruas jalan MH Thamrin sisi timur sampai dengan bundaran Hotel Indonesia. Ketiga, penutupan di ruas jalan Imam Bonjol (dari bundaran Hotel Indonesia sampai dengan simpang Jalan Agus Salim).

Atas penutupan tiga ruas jalan saat gelaran Jakarnaval itu, pada 30 Juni, Dishub DKI akan melakukan sejumlah pengalihan arus lalu lintas.

Pertama, arus lalu lintas dari Jalan Ridwan Rais yang akan belok kiri menuju Jalan Medan Merdeka Selatan diluruskan ke Jalan Medan Merdeka Timur.

Kedua, arus lalu lintas dari arah Medan Merdeka Barat yang akan menuju bundaran air mancur/Patung Kuda diarahkan agar berputar balik di depan Museum Nasional/Museum Gajah.

Ketiga, arus lalu lintas dari Jalan Imam Bonjol yang akan menuju Bundaran Hotel Indonesia dibelokkan ke Jalan Pamekasan.

Keempat pengalihan dilakukan dari Jalan Wahid Hasyim sisi timur akan menuju Jalan MH Thamrin atau menuju Jalan Wahid Hasyim sisi timur, akan diberlakukan penutupan jalan secara situasional atau setelah iring-iringan kendaraan hias lewat maka jalan akan dibuka kembali.

Kelima, rekayasa lalu lintas dilakukan dari Jalan Wahid Hasyim sisi timur yang akan menuju Jalan MH Thamrin atau menuju Jalan Wahid Hasyim sisi barat. Keenam, arus lalu lintas dari Jalan Kebon Sirih sisi barat yang akan menuju Jalan MH Thamrin atau menuju Jalan Kebon Sirih sisi timur.

Ketujuh, arus lalu lintas dari Jalan Kebon Sirih sisi timur yang akan menuju Jalan MH Thamrin menuju Jalan Kebon Sirih sisi barat dan terakhir arus lalu lintas dari Jalan Budi Kemuliaan yang akan menuju Jalan MH Thamrin. ([email protected])

NO COMMENTS

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.