21-23 September 2018, Festival Goyang Karawang

0
833
Goyang Kerawang (Foto: Karawang12.com)

KARAWANG, bisniswisata.co,id: Pemerintah Kabupaten Karawang, Jawa Barat, menggelar Festival Goyang Karawang 2018 tingkat nasional di Kompleks Candi Batujaya, Karawang, pada 21 hingga 23 September 2018.

Tujuan kegiatan ini, untuk melestarikan tradisi seni dan budaya khas Karawang agar tidak musnah. Selain itu, juga sebagai upaya mengenalkan tarian tradisional kepada generasi muda. Serta meningkatkan kunjungan wisatawan nasional maupun internasional agar berwisata ke Karawang.

Festival Goyang Karawang tingkat nasional, bagian dari pembinaan dan pelatihan untuk para pelajar di Karawang. Karena dikhawatirkan pelajar dan anak-anak di Karawang tidak berminat belajar seni tari tradisional.

Karena itu, berbagai jenis seni dan budaya khas daerah harus terus diperkenalkan kepada generasi muda. Sementara itu, pada kegiatan Festival Goyang Karawang itu sendiri tidak hanya menampilkan seni tari khas Karawang. Tetapi juga akan ada pertunjukan tari dari berbagai daerah, karena kegiatan itu digelar tingkat nasional.

Bukan hanya tarian khas Karawang. Rencananya, kegiatan itu akan dimeriahkan pertunjukan seni tari tradisional dan tarik kreasi dari Aceh, Sumatera Barat, Sumatera Utara, Lampung, Jambi, Banten, Kalimantan, Jawa Tengah, Bengkulu, Sulawesi, NTT, dan Papua.

Dalam festival ini ada penampilan ibing Goyang Karawang secara massal. Juga ada tari Jaipong, Topeng Banjet, dan kesenian lainnya. Tidak hanya menampilkan tari, Festival Goyang Karawang juga bakal disi dengan pameran kuliner, kerajinan dan sejarah Karawang.

Pada 20 September 2018, digelar agenda santunan yatim piatu yang bertepatan tanggal 10 Muharam 1440 Hijriah,dengan lokasi Plaza Pemda Karawang.

21-23 September 2018 digelar sejumlah agenda diantaranya pada hari Jumat-Minggu berupa kegiatan Nadran Laut di TPI Ciparage, (Tempuran), Betok Mati (Cilebar),Pasir Putih (Cikul),Sungai Buntu (Pedes) dan Pakis Jaya,dengan pusat kegiatan di Ciparage.

Masih di hari Jumat-Minggu,agenda lainnya adalah Festival Goyang Karawang di Kawasan Candi Batu Jaya. Selain festival Goyang Karawang masih dilokasi yang sama di gelar kegiatan berupa Pasang Giri Nulis Aksara Sunda Kagana dan Pemecahan rekor penulisan aksara sunda terpanjang juga tampilnya pementasan Kosidah sawah. (redaksibisniswisata@gmail.com)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here