Home INDEX 2019, Sleman Targetkan Kunjungan 10 Juta Wisatawan

2019, Sleman Targetkan Kunjungan 10 Juta Wisatawan

0
126
Sendratari Ramayana di Candi Prambanan Sleman, (Foto: http://jogja.korinatour.co.id)

SLEMAN, bisniswisata.co.id: Pemerintah Kabupaten Sleman, Daerah Istimewa Yogyakarta menargetkan kunjungan wisatawan mancanegara negara dan wisatawan Nusantara pada 2019 dapat menembus angka 10 juta kunjungan atau naik dua juta dibanding pada 2018. Sedangkan kontribusi PAD sektor Pariwisata terhadap PAD Sleman pada 2018 yakni sebesar 24,42 persen atau sebesar Rp218,475miliar.

“Pada 2018 target kunjungan wisatawan mancanegara dan nusantara ditargetkan sebanyak delapan juta kunjungan dengan realisasi sebanyak 8,5 juta kunjungan,” kata Kepala Dinas Pariwisata Kabupaten Sleman Sudarningsih di Sleman, Minggu (31/3/2019)

Menurut dia, jumlah kunjungan wisatawan manca (wisman) dan wisatawan Nusantara (wisnus) dari tahun ke tahun menunjukkan trend terus bertambah. “Pada 2018 jumlah wisman yang datang ke Sleman adalah sebanyak 307.705 wisatawan, sementara jumlah wisnus sebanyak 8.224.033 wisatawan,” terangnya.

Jika dibandingkan dengan jumlah kunjungan wisatawan pada 2017, terdapat kenaikan jumlah kunjungan sebesar 18,06 persen dari total 7.226.595 wisatawan. “Peningkatan jumlah kunjungan wisatawan ke Kabupaten Sleman ini seiring dengan sejumlah perbaikan yang terus dilakukan,” sebutnya.

Sudarningsih mengatakan, perbaikan yang dimaksud antara lain peningkatan kualitas atraksi pariwisata, penambahan jumlah amenitas serta peningkatan akses. “Berdasarkan trend kunjungan wisatawan ke Sleman yang terus meningkat, kami optimistis target kunjungan wisatawan pada 2019 sebanyak 10 juta kunjungan akan tercapai,” ujarnya seperti dilansir Antara.

Ia mengemukakan, salah satu strategi untuk meningkatkan wisatawan tersebut yakni dengan peluncuran “Calender of Event 2019”. “Ada sekitar 19 event budaya dan pariwisata yang diselenggarakan selama satu tahun. Dari 19 event tersebut terdapat satu event yang dipilih Tim Kurator untuk dimuat dalam Top 100 Calender of Event 2019 yakni Jogja International Heritage Walk,” jelasnya.

Sleman memiliki destinasi wisata yang unik dan menarik. Selain kaya akan wisata Candi seperti Candi Prambanan, candi Kalasan, Candi Istana Ratu Boko, Candi Ijo, Candi Sambisari juga memiliki destinasi wisata lainnya. Ada wisata alam, wisata sejarah, wisata budaya, museum dan lainnya:

#. Tebing Breksi

Lokasi tempat hunfot yang satu ini, memang tak asing lagi. Dan menjadi salah satu tujuan wisata baru di daerah Sleman. Tebing Breksi menawarkan keindahan berbeda dengan yang lain. Akan disuguhi relief-relief terpahat didinding kapur. Serta menikmati keindahan alam sekitar dari puncak tebing kapur ini. Juga bisa hunting foto mulai landscpae hingga human interest. Sebaiknya jika datang ke lokasi ini hindari siang hari. Lebih enak sore hari dan pagi hari, saat cuaca tak terlalu panas. Tebing ini mulanya sebuah tempat penggalian batu kapur. Pemerintah menutup karena masalah lingkungan. Hasil kreatifitas masyarakat tempat ini dirubah menjadi lokasi wisata baru.

#. Museum Ullen Sentalu

Jika kita ingin mengenal mengenai budaya jawa maka Museum Ullen Sentalu ini merupakan salah satu jawabannya. Disini kita bisa melihat berbagai benda dan barang yang memiliki hubungan kental dengan sejarah kebudayaan Jawa. Kita bisa melihat mulai dari berbagai macam motif batik, Lukisan, hingga seni ukir berupa topeng-topeng. Tak ada salahnya menjadikan lokasi ini sebagai tambahan dalam list tmpat yang harus di kunjungi di Sleman. Selain koleksi yang sangat menarik, nilai tambah yang ada di museum yang satu ini adalah suasana alamnya yang begitu tenang. Lokasi museum yang cukup tinggi ini menjadikanya agak dingin. Jika lelah berkeliling dan foto-foto kita bisa istirahat dan makan di restoran yang letaknya tak jauh dri museum.

#. Wisata Lereng gunung Merapi

Gunung Merapi merupakan sebuah Gunung yang gagah, sedikit menakutkan namun juga indah. Meskipun dikategorikan sebagai tempat yang cukup berbahaya namun tak dapat dipungkiri bahwa gunung yang satu ini juga memiliki keindahan yang sangat menkjubkan. Kawasan gunung merapi selain memiliki landscape yang begitu indah juga memiliki keindahan pedesaan yang tak bisa dipungkuri. Disini kita tak hanya bisa berburu foto-foto keindahan alam dari Gunung merapi. Namun, kita juga bisa berburu foto-foto kehidupan masyarakat sehari-hari yang kental dengan suasan traditional.

#. Blue Lagoon

Berapapun usia kita, bermain air tetaplah suatu kegiatan yang sangat menyenangkan. Jika kita sedang berada di Sleman maka tempat bermain air yang sangat pas di Pemandian Tirta Budi atau dikenal Juga sebagai Blue Lagon. Disin kita bisa menikmati suasana pedesaan dengan segarnya air di dalam kolam pemandian ini. Selain itu pemdandangan di tempat ini juga sangat menakjubkan dan masih terjaga dengan alami.

#. Kaliurang
Kaliurang adalah kawasan wisata di Sleman yang terletak di lereng Gunung Merapi. Kawasan ini terkenal dengan suasananya yang sejuk. Banyak warga Yogyakarta yang berlibur ke Kaliurang saat musim liburan tiba. Ada beberapa spot wisata yang ada di Kawasan Kaliurang ini. Yang paling terkenal adalah gardu pandang Gunung Merapi. Disini anda dapat melihat puncak Gunung Merapi secara langsung menggunakan teropong. Selain itu ada juga taman bermain dan panggung hiburan. Kaliurang juga terkenal dengan Resot Kaliurang dan agrowisatanya. Tanaman yang banyak dibudidayakan adalah aneka buah da sayuran.

#. Sendratari Ramayana

Sendratari Ramatana adalah pertunjukan berupa seni drama dan tari yang mengisahkan kisah Ramayana. Pertunjukan Seni Drama dan Tari Ramayana diadakan di panggung teater terbuka di dekat Kawasan Candi Prambanan. Jika cuaca tidak mendukung pertunjukan ini diadakan di dalam ruangan gedung Trimurti. Pertunjukan ini telah menjadi wisata di Sleman yang ramai dikunjungi baik oleh turis lokal maupun mancanegara.

#. Monumen Yogya Kembali

Wisata bersejarah di Sleman ini meskipun berada di dekata Kota Yogyakarta namun sebenarnya masih termasuk dalam wilayah Kabupaten Sleman. Monumen Yogya kembali sering disingkat dengan Monjali, dimana moumen ini dibangun sebagai pengingat akan jasa para pahlawan yang gugur di medan perang Serangan Umum 1 Maret 1949 melawan penjajah Belanda. Dengan serangan ini akhirnya pada 29 Juni 1949 Tentara Belanda ditarik dari Yogyakarta dan menandai kembalinya Yogyakarta ke dalam kekuasaan RI.

7. Museum Affandi
Affandi adalah maestro pelukis yang sangat terkenal di Indonesia. Karya-karya Affandi didokumentasikan dalam Museum Affandi ini yang terletak di pinggir sungai Gajah Wong, atau di Jalan Laksda Adisucipto Nomor 167 Yogyakarta. Para penikmat seni lukis dapat mengunjungi museum ini dan melihat ratusan lukisan karya besar pelukis Affandi. Museum Affandi merupakan wisata Sleman yang layak untuk dikunjungi terutama bagi anda pecinta seni.

#. Museum Gunung Merapi

Museum Gunung Merapi dibangun di Jln. Boyong, Dusun Banteng, Desa Harjobinangun, Kecamatan Pakem, Kabupaten Sleman, Yogyakarta. Lokasi ini berjarak sekitar 5 km dari kawasan Kaliurang sehingga masih termasuk dalam lereng Gunung Merapi. Kita tahu bahwa Gunung Merapi adalah gunung teraktif di dunia. Setiap kali meletus akan menimbulkan bencana yang luar biasa bagi penduduk di sekitar Gunung Merapi. Museum Gunung Merapi ini dibangun sebagai media pendidikan bagi masyarakat akan aspek teknis vulkanologi sampai masalah sosial dan budaya dari Gunung Merapi ini.

#. Museum Dapur Tradisional

Museum Dapur Tradisional memiliki koleksi yang sangat unik yaitu berupa peralatan dapur tradisional sejak zaman dahulu. Museum Dapur Tradisional ini terdapat di desa wisata Kembangarum, Turi, Sleman, Daerah Istimewa Yogyakarta. Wisata museum di Sleman ini dapat dijadikan sebagai wisata pendidikan bagi putra-putri kita agar dapat mengenal sejarah perkembangan peralatan rumah tangga dari yang masih kuno sampai yang modern.

#. Museum Dirgantara Mandala

Museum Dirgantara Mandala menyimpan diorama dan miniatur berbagai jenis pesawat, pesawat terbang yang bersejarah serta peralatan dan persenjataan pesawat terbang. Museum Dirgantara terdapat di dekat Kompleks Lanud Adisucipto. Wisata di Sleman ini sangat digemari oleh putra-putri kita dan dapat dijadikan sebagai ajang pengenalan pesawat terbang kepada mereka.

#. Kinahrejo
Kinahrejo merupakan dusun tempat tinggal Mbah Maridjan semasa masih hidup dulu. Kini dusun Kinahrejo sudah hancur total akibat letusan Gunung Merapi pada 26 Oktober 2015. Sisa sisa perkampungan di Kinahrejo ini sekarang menjadi obyek wisata Sleman yang sangat diminati oleh pengunjung. Alamat lengkap Kinahrejo adalah di Dusun Kinahrejo, Desa Umbulharjo, Kecamatan Cangkringan, Sleman, Daerah Istimewa Yogyakarta. Disini pengunjung dapat melihat sisa lava yang menumpuk, barang barang yang menjadi saksi keganasan lava Gunung Merapi dan disediakan juga berbagai macam souvenir hasil karya penduduk sekitar.

#. Goa Jepang
Ada dua buah Goa Jepang yang dapat dikunjungi di Kabupaten Sleman, yaitu Gua Jepang yang berada di Dusun Blambangan, Desa Jogotirto, Kecamatan Berbah serta Goa Jepang yang ada di sisi barat bukit Plawangan, Kaliurang. Kedua goa ini merupakan goa yang dijadikan sebagai bunker pertahanan semasa pendudukan Jepang. ([email protected])

NO COMMENTS

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.