16 September 2018, Pesona Indonesia Synergy Run 2018

0
572

JAKARTA, bisniswisata.co.id: Ingin mengulang sukses tahun 2017, Pesona Indonesia Synergy Run kembali dihelat. Perhelatan yang digelar Kementerian Pariwisata (Kemenpar) dan Ikatan Alumni ITB menggandeng Indo Race, kini mengusung tema “Berlari untuk Negeri Mewujudkan 10 Destinasi Wisata Bali Baru dan Menjadi Bangsa Pemenang,”. Sport tourism ini berlangsung pada Ahad 16 September 2018.

“Target total peserta sebanyak 2.500 pelari, namun hingga kini tercatat baru 1.750 peserta. Diharapkan sehari sebelum pelaksanaan target itu tercapai,” papar Menpar Arief Yahya saat press conference Pesona Indonesia Synergy Run 2018 di lantai 16 Gedung Sapta Pesona, Kamis (6/8/2018).

Dilanjutkan Pendaftaran bisa melalui http://synergyrun.id. Para peserta lomba lari jalanan dengan total hadiah Rp 90 juta ini akan berlari dari titik start dan finish di halaman Gedung Sapta Pesona, Kantor Kemenpar.

Para peserta lomba lari ini, sambung Menteri Pariwisata, terbagi dalam kategori 10K, 5K, dan Custom Run atau kategori unik karena para pelari harus mengenakan berbagai macam pakaian adat dari 10 destinasi Bali Baru (Danau Toba-Sumut, Tanjung Kelayang-Belitung, Tanjung Lesung-Banten, Kepulauan Seribu-DKI Jakarta, Candi Borobudur-Jateng, Gunung Bromo-Jatim, Pantai Mandalika-Lombok, Pulau Komodo-NTT, Taman Nasional Wakatobi-Sulawesi Tenggara, dan Pulau Morotai-Maluku Utara) untuk mengenalkan daya tarik budaya (culture) dari masing-masing 10 destinasi Bali Baru.

“Peserta yang memakai kostum tradisional dari 10 negara itu, akan mendapat point tersendiri,” tambahnya sambil menambahkan Untuk kategori 10K dimulai pukul 06.00 WIB, 5K pukul 06.10.WIB, dan Custom Run pukul 06.15 WIB dengan melewati rute halaman Gedung Sapta Pesona (Start) Jl. Medan Merdeka Barat – Jl. Gajah Mada – Jl. Hayam Wuruk – Jl. Medan Merdeka Barat ( finish Gedung Sapta Pesona).

Event ini, tambah Ketua Panitia Penyelenggaraan Pesona Indonesia Synergy Run 2018, Abdul Bari, selain sebagai rangkaian perayaan acara 100 Tahun ITB dan Pendidikan Tinggi Teknik Indonesia, sekaligus menjadi ajakan kepada masyarakat untuk berwisata ke 10 destinasi Bali Baru sebagai destinasi kelas dunia yang akan mendukung target 20 juta kunjungan wisatawan mancanegara (wisman) pada 2019.

Pesona Indonesia Synergy Run 2018 sebagai event sport tourism lomba lari di jalan raya atau road running race yang saat ini sedang digandrungi oleh masyarakat Indonesia dan masyarakat dunia. Telah banyak event road running race digelar di kota-kota besar internasional seperti Jakarta, Singapura, Tokyo, dan Hong Kong.

Untuk memotivasi para traveler, Kemenpar dan penyelenggara juga menghadirkan total uang hadiah hingga Rp 90 juta untuk para pemenang. Nominalnya mulai dari Rp 5 juta untuk juara pertama hingga Rp 500 ribu. Tertarik ikutan? ([email protected])

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.