NEWS

11 Tempat yang mendapat Travel Advisories Setelah Setahun Pandemi. 

NEW JERSEY, bisniswisata.co.id: Departemen Luar Negeri AS terus bekerja keras menilai tingkat ancaman bagi para pelancong di seluruh dunia di saat pandemi global ini.  Berikut adalah beberapa nasihat penting lebih dari satu tahun setelah pandemi COVID-19.

Antigua dan Barbuda – Level 3

 Pelancong AS didorong untuk mempertimbangkan kembali perjalanan ke Antigua dan Barbuda karena langkah-langkah kesehatan dan keselamatan serta kondisi terkait COVID, saran Departemen Luar Negeri pada 1 Maret. 

Destinasi, yang baru-baru ini mulai memvaksinasi pekerja industri pariwisata garis depan, saat ini terbuka untuk pelancong yang dapat  memberikan bukti hasil tes COVID-19 RT-PCR negatif yang diambil dalam waktu tujuh hari setelah penerbangan mereka.

Maroko – Level 3

Warga Amerika disarankan untuk mempertimbangkan kembali perjalanan ke Maroko karena pandemi COVID-19 dan meningkatkan kewaspadaan di negara Afrika Utara tersebut karena ancaman terorisme. 

Kedutaan Besar AS di Maroko melaporkan bahwa “perjalanan udara ke dan dari Maroko tetap dibatasi untuk kategori wisatawan tertentu”.

Thailand – Level 3

Pemerintah AS terus menyarankan orang Amerika untuk mempertimbangkan kembali perjalanan ke Thailand karena COVID-19. Kabar baiknya adalah bahwa tujuan Asia tercinta tersebut ingin membatalkan pembatasan terkait pengujian dan karantina dalam beberapa bulan mendatang, membuatnya lebih mudah untuk dikunjungi wisatawan AS.  

Negara itu berencana mempersingkat periode karantina untuk kedatangan internasional menjadi 10 hari dari 14 mulai 1 April dan berharap untuk menghilangkan persyaratan karantina untuk beberapa pelancong pada 1 Oktober.

Estonia – Level 3

Wisatawan didorong untuk mempertimbangkan kembali perjalanan ke Estonia karena pandemi.  Seperti kebanyakan negara Eropa lainnya, negara ini tetap tertutup untuk pelancong AS tetapi proposal baru-baru ini untuk Sertifikat Hijau Digital dapat memfasilitasi perjalanan yang aman di seluruh benua.

Bermuda – Level 2

Bermuda adalah salah satu dari sedikit tujuan yang terdaftar di Level 2 (berhati-hatilah) satu tahun setelah pandemi COVID-19.  Departemen Luar Negeri AS terus memperingatkan kondisi terkait pandemi di wilayah kepulauan Inggris, yang saat ini membutuhkan hasil tes PCR COVID-19 negatif yang dihasilkan dalam lima hari setelah kedatangan untuk masuk.

Grenada – Level 2

Departemen Luar Negeri juga memperbarui peringatan perjalanannya untuk tujuan Karibia di Grenada pada 16 Maret lalu dan mengeluarkan kembali peringatan Level 2 karena langkah-langkah kesehatan dan keselamatan serta kondisi terkait COVID.  

Pengunjung ke Spice Isle disarankan untuk meningkatkan kewaspadaan musim semi ini.  Sementara itu, Pusat Pengendalian dan Pencegahan Penyakit (CDC) AS telah mengeluarkan Pemberitahuan Kesehatan Perjalanan Tingkat 1 terendah untuk Grenada karena COVID-19.

Jepang – Level 3

 Departemen Luar Negeri AS mengeluarkan kembali peringatan perjalanan Level 3 untuk Jepang pada 29 Maret, menyarankan orang Amerika untuk mempertimbangkan kembali perjalanan karena COVID-19. 

Kedutaan Besar dan Konsulat AS di Jepang memperingatkan bahwa “perjalanan untuk pariwisata dan sebagian besar tujuan jangka pendek lainnya masih tidak diizinkan, dan tidak ada indikasi bahwa hal ini akan berubah dalam jangka pendek. Perjalanan bebas visa ditangguhkan.”

Hongaria – Level 3

Hongaria menerima pemberitahuan perjalanan Tingkat 3 yang diperbarui dari Departemen Luar Negeri pada pertengahan Maret karena pandemi sementara CDC telah mengeluarkan Pemberitahuan Kesehatan Perjalanan Tingkat 4 untuk negara Eropa karena COVID-19.  Orang Amerika umumnya tidak diizinkan masuk ke negara itu.  Namun, ada beberapa pengecualian terbatas.

Namibia – Level 3

Terkenal dengan alam dan satwa liarnya, Namibia saat ini terbuka untuk pelancong yang menunjukkan hasil tes PCR COVID-19 negatif yang diambil dalam tujuh hari setelah keberangkatan.  

Namun, mulai 1 Maret, Departemen Luar Negeri AS menyarankan orang Amerika untuk mempertimbangkan kembali perjalanan karena ancaman pandemi yang sedang berlangsung.

Mauritius – Level 3

Orang Amerika juga didorong untuk mempertimbangkan kembali perjalanan ke negara pulau Mauritius karena COVID-19 musim semi ini.  Negara itu baru-baru ini terkunci dan menangguhkan semua kedatangan penerbangan internasional karena meningkatnya kasus virus korona.

Belize – Level 3

Orang Amerika disarankan untuk mempertimbangkan kembali perjalanan ke Belize karena COVID-19 dan semakin berhati-hati karena kejahatan.  Negara itu dibuka kembali untuk pariwisata internasional musim gugur lalu tetapi pengunjung akan membutuhkan hasil tes virus korona negatif.

Hilda Ansariah Sabri

Hilda Ansariah Sabri, Pendiri, Pemimpin Umum, Pemimpin Redaksi dan pemegang sertifikasi Wartawan Utama Dewan Pers. Saat ini menjabat sebagai Ketua Departemen Pariwisata PWI Pusat ( 2018-2023)