1-7 Oktober 2018, Gelar Seni di Tujuh Candi

0
236
Sendratari Ramayana di Candi Prambanan Sleman, (Foto: http://jogja.korinatour.co.id)

SLEMAN, bisniswisata.co.id: Sleman tak pernah berhenti melakukan inovasi wisata. Atraksi wisata di Sleman, DI Yogyakarta ini, tak pernah mati kreatifitas. Kini menggelar Gelar Seni 2018 yang dihelat di tujuh Candi di Sleman, selama 7 hari nonstop mulai 1 hingga 7 Oktober 2018.

Memang Sleman Kota Seribu Candi. Gelar Seni di kawasan-kawasan candi itu dimaksudkan sebagai wahana menumbuhkan aktualisasi. Sekaligus, apresiasi kepada seniman dan budayawan yang ada di kawasan-kawasan candi. Juga untuk mengakomodasi dan memfasilitasi daya kreasi bagi seniman dan budayawan, baik sebagai pelaku, pemerhati maupun pengamat budaya.

Dan yang tak kalah penting meningkatkan kunjungan wisatawan lokal, nasional hingga internasional. Agar para pelancong bisa menikmati wisata candi, wisata budaya sekaligus wisata kulinernya.

Perhelatan Gelar Seni tersebar ke kawasan-kawasan candi secara berturut-turut di Candi Abang, Tebing Breksi, Candi Banyunibo, Candisari, Sambisari, Candi Kalasan, dan Candi Ijo, yang semuanya berada di wilayah Kecamatan Berbah, Kecamatan Prambanan dan Kecamatan Kalasan. Setiap harinya, Gelar Seni akan berlangsung mulai 19.30 sampai selesai.

Gelar Seni akan dimulai pada 1 Oktober di Candi Abang, Dusun Sentonorejo, Desa Jogotirto, Kecamatan Berbah. Gelar Seni pertama akan menampilkan materi Parade Tari Tradisional Gaya Yogyakarta oleh Sanggar Putu Kerto Sendangtirto Berbah.

Selasa (2/10), Gelar Seni dihelat di Tebing Breksi. Materi yang ditampilkan pada hari kedua adalah Pergelaran Ramayana Full Story oleh Sanggar Ngrayung Bokoharjo Prambanan.

Rabu (3/10), Gelar Seni dihelat di Candi Banyunibo, Desa Bokohartjo, Kecamatan Prambanan. Legenda Bandung Bondowoso jadi materi yang akan ditampilkan Sanggar Puri Prambanan.

Kamis (4/10), Gelar Seni dihelat di Candi Sari, Desa Tirtomartani, Kecamatan Kalasan. Materinya Sendratari Brojonoto Sayemboro dari Sanggar Wayang Topeng Pedhalangan Kalasan.

Jumat (5/10), Gelar Seni berlangsung di Candi Sambisari, Desa Purwomartani, Kecamatan Kalasan. Hari kelima mengangkat materi Sendratari Sayemprobo Paeko dari Sanggar Magada Kalasan.

Sabtu (6/10), dihelat di Candi Kalasan dengan materi Sendratari Babad Kalasan dari Sanggar Tharah Bhawana Tirtomartani.

Hari terakhir, Ahad (7/10), Gelar Seni akan dihelat di Candi Ijo dengan materi Tari Menak Kokarib dari Sanggar Cikrak Kina dari Prambanan. (redaksibisniswisata@gmail.com)

LEAVE A REPLY

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.