YouTube Boyong Aplikasi Streaming Musik ke Indonesia

0
26
YouTube Streaming Musik

JAKARTA, bisniswisata.co.id: Setelah diluncurkan di beberapa negara, Google akhirnya resmi memboyong layanan streaming YouTube Music ke Indonesia. Diluncurkan aplikasi layanan berbasis musik tersebut ke Tanah Air lantaran pihaknya melihat industri musik di Indonesia, khususnya untuk ranah streaming, cukup potensial. Indonesia pun menjadi salah satu negara di kawasan Asia Tenggara yang kebagian aplikasi YouTube Music.

“YouTube Music meluncur (serentak) di tujuh negara lain, lima di antaranya ada di Asia Tenggara, salah satunya Indonesia,” ujar Head of Music Content Partnerships, YouTube & Google Play (ANZ & SEA), Ruuben Van Den Heuvel seperti dilansir laman Kompas, Rabu (6/11/2019).

YouTube Music sendiri merupakan aplikasi streaming musik yang mirip Spotify. Pelanggan gratis bisa streaming musim lewat aplikasi YouTube Music secara gratis diselingi iklan. Bagi yang tidak ingin mendengar iklan, mereka bisa membayar biaya langganan. Bedanya, YouTube music dilengkapi dengan fitur pencarian ala Google, yang memungkinkan penggunanya mencari konten musik lewat kata kunci apa pun di aplikasi tersebut.

Jika pengguna tidak tahu judul lagu yang ingin mereka dengar, misalnya, maka mereka bisa mencari berdasarkan lirik lagu tersebut. “Kami menggunakan Google Smart Search untuk menelusuri dan memahami apa yang ingin pengguna cari,” kata Product Manager YouTube Music, Brandon Bilinski dalam kesempatan yang sama.

Tak hanya mendengarkan musik, pengguna juga bisa menonton video klip lagu yang sedang diputar langsung dari dalam aplikasi YouTube Music. Ada pula fitur “Video Hotlist” yang bisa pengguna manfaatkan untuk menelusuri lagu apa yang sedang banyak diputar di internet.

YouTube secara resmi telah meluncurkan sebuah aplikasi streaming musik baru di Indonesia. YouTube Musik pun diyakini akan disambut antusias penggemar musik di Indonesia.

Berikut ​enam alasan​ YouTube Music berbeda dari yang lain:

 Semua ada
​Bukan hanya video musik, tetapi juga ​official music dan ​official album,​ single, remix, pentas ​live,​ lagu cover, dan musik-musik langka yang hanya bisa Anda temukan di YouTube.

 Rekomendasi khusus
Layar beranda aplikasi akan beradaptasi secara dinamis dan memberikan rekomendasi sesuai jenis musik yang pernah didengarkan, dan aktivitas yang dilakukan si pengguna. Jadi saat pengguna sedang ​berolahraga di gym, atau sedang dalam perjalanan pergi pulang ke kantor​, pengguna bisa menemukan musik yang tepat di aplikasi YouTube Music.

Ribuan playlist

Youtube Music berisi beragam genre, sesuai suasana hati, aktivitas, atau bahasa mana pun. Cobalah ‘Pop Indonesia yang Akan Ngehits’, ‘Pop Indonesia Terbaru’ atau ‘Paling Hits Hari Ini’ untuk temukan musik baru.

 Fitur penelusuran pintar​
YouTube yang akan menemukan lagu, walau pengguna tidak tahu judulnya. Misal, “Lagu dengan lirik ‘izinkan aku untuk terakhir kalinya?’.” ​Serahkan pada YouTube.​ pengguna juga bisa telusuri liriknya (meskipun lirik yang dicari pun salah).

 Video terbaru dan terpopuler
​Dengan YouTube Musik, pengguna bisa tahu apa saja video terbaru dan terpopuler. Semuanya dimasukkan di kolom Hotlist. Hari ini di Indonesia, kolom Hotlist menampilkan ‘Hotlist Pop Indonesia’, ‘Hotlist Musik Dance Indonesia’, ‘Hotlist Heavy Rock Indonesia​‘, ‘Hotlist Rock Indonesia​‘, ‘H​otlist Indie Indonesia’, dan ‘​Hotlist Hip Hop Indonesia’.

Mode beralih audio/video

Beralih antara audio/video cukup dengan sekali tekan tombol. Fitur unik ini memudahkan pelanggan YouTube Premium dan YouTube Music Premium untuk berpindah ke lagu atau video musik, untuk pengalaman mendengarkan dan menonton musik yang lancar.

Para penikmat YouTube dapat mengunggah aplikasinya di ​Google Play Store dan ​iOS App Store yang sudah tersedia per hari ini, Rabu (6/11)​, dan ​dapatkan penawaran perkenalan khusus tiga bulan gratis untuk YouTube Music Premium (berlaku sampai dengan 26 November 2019).​

YouTube Premium tersedia dengan harga mulai dari Rp 59 ribu per bulan, yang mencakup langganan YouTube Music Premium, dan menawarkan pengalaman bebas iklan dengan fitur pemutaran latar belakang serta download offline untuk jutaan video di YouTube. Juga tersedia paket khusus YouTube Music Family Plan dan YouTube Premium Family Plan mulai dari Rp 75 ribu per bulan. (ndy/Kompas)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.