INTERNATIONAL KOMUNITAS

WTD 2021: Berfokus pada Pertumbuhan Inklusif

PANTAI GADING, bisniswisata.co.id: PARIWISATA  global telah menegaskan kembali komitmennya untuk menjadikan sektor ini sebagai pilar pertumbuhan inklusif. Pada perayaan  World Tourism Day (WTD/Hari Pariwisata Dunia) 2021 di Abidjan, Pantai Gading, para pemimpin politik dan bisnis bersatu di belakang pesan solidaritas dan tekad bersama untuk “tidak meninggalkan siapa pun” saat pariwisata dimulai  dan tumbuh kembali.

Kehadiran Perdana Menteri Patrick Achi dan Menteri Pariwisata Siandou Fofana menyambut delegasi internasional, menandakan dukungan tegas Pantai Gading terhadapkepariwisataan dunia. Peringatan di Pantai Gading dihadiri  Menteri Pariwisata, perwakilan industri terkait pariwisata dari 12 negara (1.500 peserta).

Showing Tourism’s Human Face

Komitmen terhadap pertumbuhan inklusif dan dimulainya kembali pariwisata membawa harapan bagi jutaan orang di seluruh dunia, serta memastikan bahwa setiap orang yang memiliki kepentingan dalam pariwisata juga memiliki suara untuk masa depannya

Pada kesempatan terssebut Perdana Menteri mengatakan bahwa pentingnya menata kembali pariwisata sehingga sektor ini memenuhi harapan masyarakat. Pariwisata adalah sektor kunci bagi pertumbuhan dan perkembangan khususnya di Pantai Gading. Dan jalan yang benar untuk Pantai Gading juga merupakan jalan yang benar untuk seluruh Afrika, yaitu menggunakan pariwisata sebagai penggerak, mendorong memajukan ekonomi dan menciptakan lapangan kerja bagi perempuan dan pemuda.

Menteri Pariwisata Siandou Fofana menambahkan bahwa Hari Pariwisata Dunia 2021 menunjukkan “wajah kemanusiaan pariwisata” yang menekankan kemampuan unik sektor ini untuk memimpin pemulihan dari dampak pandemi, di Afrika dan di seluruh dunia.

Inovasi, Investasi, dan Inklusi

Para menteri dan pakar mengeksplorasi bagaimana janji untuk mendorong pertumbuhan inklusif dapat dicapai. Pentingnya inovasi, investasi yang ditargetkan dan memperjelas, memperkuat kolaborasi  antara sektor publik dan swasta. Dalam pertemuan dan peringatan World Tourism Day 2021 di Pantai Gading, para pembicara juga menggarisbawahi perlunya pembuatan kebijakan inklusif karena pergerakan kembali pariwisata sudah nampak.

Sekretaris Jenderal UNWTO Zurab Pololikashvili menekankan komitmen sektor ini terhadap pertumbuhan inklusif sehingga dimulainya kembali pariwisata membawa harapan bagi jutaan orang di seluruh dunia dan memastikan bahwa setiap orang yang memiliki kepentingan dalam pariwisata juga memiliki suara di masa depan.

Selain mengenali tantangan masa kini, peringatan WTD 2021  juga melihat ke masa depan. Di Abidjan, ditetapkan bahwa masa depan  Afrika berfokus pada potensi kaum muda, inovator dan entrepreneur nya.

Dalam kesempatan tersebut UNWTO menandatangani dua nota Kesepahaman, yang mencerminkan cakupan luas dari jangkauan dan relevansi pariwisata. Seperti dengan Yayasan Didier Drogba, —- salah satu atlet paling terkenal di dunia–, setuju untuk secara aktif berkomitmen pada tujuan dan nilai UNWTO. Khususnya untuk memberikan kesempatan bagi kaum muda Afrika dan komunitas pedesaan.

Menekankan pentingnya pariwisata sebagai pendorong peluang bagi benua tersebut, Channels TV dari Nigeria bergabung sebagai mitra media UNWTO yang secara aktif memasukkan tema pariwisata untuk pembangunan dalam komitmen editorialnya.

Pertemuan serangkaian peringatan WTD 2021, juga diikuti secara aktif Affiliate Members UNWTO. Rangkaian peringatan WTD 2021 di Abidjan, dimanfaatkan untuk memperkuat jejaring kerjasama antar anggota afiliasi global, baik dalam mencari dukungan teknis,  peluang jaringan dalam pencapaian program UNWTO.

Dan tuan rumah World Tourism Day 2022 adalah Indonesia. *

Dwi Yani

Representatif Bali- Nusra Jln G Talang I, No 31B, Buana Indah Padangsambian, Denpasar, Bali Tlp. +628100426003/WA +628123948305 *Omnia tempus habent.*