Wisnus Tewas Caving, Wisman Tewas Tenggelam

0
276
Caving

TASIKAMALAYA, bisniswisata.co.id: Nasib malang menimpa wisatawan nusantara (Wisnus) dan wisatawan mancanegara (Wisman) saat berwisata di Tasikmalaya Jawa Barat dan Pacitan Jawa Timur. Korban wisnus, Aminudin (18) meregang nyawa saat Caving atau susur gua di Tasikmalaya. Sedangkan Wisman asal Jepang Hirakawa Ryuici (74) tewas tenggelam di Pantai Pacitan.

Data dihimpun Bisniswisata.co.id, Ahad (18/11/2018), Empat orang mahasiswa mengalami kecelakaan saat melakukan aktivitas susur gua atau caving di Gua Batu Badak Cisarongge, Desa Wakap, Kecamatan Bantarkalong, Tasikmalaya. Satu mahasiswa dilaporkan meninggal. Sementara, tiga orang lainnya dinyatakan selamat.

“Tiga orang selamat. Korban selamat langsung dibawa ke tempat yang lebih aman untuk diberikan perawatan lebih lanjut,” kata juru bicara Kantor Pencarian dan Pertolongan (SAR) Bandung Joshua Banjarnahor saat dikonfirmasi, Minggu (18/11).

Satu korban tewas itu bernama Aminudin (18). Tiga korban yang selamat yaitu Ade Marjanudin (25), Deni Ramdani (21), Rodiaman (18). Seluruh korban selamat maupun meninggal kemudian dievakuasi ke Puskesmas Bantarkalong. “Korban terakhir terevakuasi dalam keadaan meninggal dunia pukul 19.53 WIB,” ucap Joshua.

Keempat wisnus itu merupakan anggota mahasiswa pecinta alam (Mapala) Sekolah Tinggi Teknologi Garut (STTG). Mereka saat itu sedang melakukan kegiatan masa bimbingan Unit Kegiatan Mahasiswa (UKM) Pecinta Alam dengan menuruni gua tersebut.

Kapolsek Bantarkalong Ajun Komisaris Iteng menyebut kecelakaan terjadi karena tali yang dipakai sebagai penopang tubuh korban terputus. “Kejadiannya sekitar pukul 14.30 WIB. Tali penopang korban terputus,” kata Iteng.

Saat ini, kata dia, para korban selamat masih dalam keadaan syok. “Untuk [meminta keterangan soal] kronologisnya kita masih menunggu korban tenang dulu. Evakuasi secara keseluruhan berakhir sekitar pukul setengah sembilan malam tadi,” ujar Iteng.

Sebelumnya, pihak SAR Bandung menerima laporan pada Minggu siang pukul 14.30 WIB dari pos SAR Tasikmalaya bahwa empat orang terjatuh di Gua Batu Badak. “Pukul 15.30, Kansar Bandung memberangkatkan satu tim pertolongan dari pos SAR Tasikmalaya dan satu tim pertolongan dari Kantor SAR Bandung untuk melaksanakan operasi pencarian dan pertolongan,” kata Joshua.

Sementera di Pacitan, Hirakawa Ryuici (74), turis Jepang itu ditemukan tewas tenggelam di Pantai Watukarung, Kabupaten Pacitan, Jawa Timur, Ahad (18/11). “Korban baru tiba di (Pantai) Watukarung sekitar pukul 08.00 WIB dan langsung berenang tanpa alat pengamanan,” papar Kapolsek Pringkuku Iptu Sunaryo.

Dipastikan, tidak ada unsur kesengajaan dalam insiden tersebut. Hirakawa Ryuici sempat ikut makan pagi sebelum memutuskan berenang ke tengah pantai tanpa alat pengaman. Warga Jepang yang telah lima tahun tinggal di Bali itu dilaporkan hanya menggunakan kacamata renang.

Kondisi perairan di Pantai Watukarung saat itu memang sedang landai. Sedikit berombak, namun tenang. Hirakawa Ryuici saat itu langsung berenang ke arah tengah beberapa lama. Ia kemudian sempat kembali menepi ke bibir pantai.

Namun rupanya Ryuici kembali berenang ke tengah. “Saat itulah kemudian korban mulai tenggelam. Beberapa rekannya yang mengetahui sempat berusaha menolong, dibantu warga. Namun saat ditemukan kondisinya sudah dalam kondisi meninggal,” tutur Sunaryo. (EP)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.