KOMUNITAS

Wisata Alam Jadi Pilihan Merekat Kebersamaan Sekolah Islam Shafta

SURABAYA, bisniswisata.co.id: Sekolah Islam Shafta, Yayasan Al Insanul Kamil Surabaya, Jawa Timur menyelenggakan wisata alam dan outbound untuk para karyawan Dan keluarganya dengan menerapkan protokol kesehatan yang ketat.

“Kegiatan ini dilakukan dengan santai namun memiliki tujuan mempererat silaturahmi, kebersamaan dan saling kerjasama,” kata Ahmad Nashruddin, Ketua Yayasan Al Insanul Kamil.

Dukungan dan perhatian kepada karyawan dan keluarganya terlebih di tengah masa Pandemi menjadi prioritas saat libur Isra Miraj. Tujuannya untuk lebih mengeratkan satu sama lain sekaligus memberi kesegaran baru dan miliki kinerja yang lebih bagus, tambahnya.

Kegiatan berlangsung di dua tempat dan pertama yang disinggahi adalah Taman Dayu Golf, Jl. Raya Surabaya – Malang Km. 48. Setelah itu dilanjutkan ke Bhakti Alam di kawasan Ngembal, Tutur, Pasuruan.

Berwisata alam hawanya sejuk memang menjadi salah satu pilihan ke Taman Dayu. Bukan hanya tersedia lapangan golf yang luas tapi fasilitasnya juga menunjang mulai dari kolam renang hingga untuk kegiatan outbond dan family gathering atau liburan bersama keluar tercinta karena ada akomodasinya juga kelas resort.

Di Taman Dayu rombogan langsung berolah raga bersama, makan pagi dan main futsal. Kegiatan kelompok dilakukan untuk melatih konsentrasi dan mengakrabkan suasana karena tim yang dibuat tidak boleh dari keluarga.

Wisata dilanjutkan ke Agrowisata Bhakti Alam di ketinggian 550 mdpl desa Ngembal Kab. Pasuruan. Tempatnya cocok bagi yang menyukai kegiatan luar ruang (outbond) atau wisata perkebunan. 

Berlokasi tidak jauh dari kota Surabaya dan Malang yang menawarkan kesejukan di alam terbuka dan teduhnya tanaman tropis. Bhakti Alam Agrowisata menawarkan berbagai aktivitas dan wahana bagi pengunjung. Baik untuk orang dewasa maupun ana-anak. 

Ahmad Nashruddin, Ketua Yayasan Al Insanul Kamil Dan kegiatan family gathering di dua tempat.

Kegiatan seperti memerah susu sapi, mencicipi buah segar yang sedang panen, atau berkunjung ke pabrik susu pasteurisasi. Aktivitas & wahana yang bisa dilakukan di taman wisata alam ini cukup beragam terutama kegiatan yang berhubungan dengan peternakan dan perkebunan. 

Berkeliling kebun salah satu kegiatan yang mengasyikan karena pengunjung bisa mengikuti tour singkat berkeliling kebun. Waktu yang dihabiskan sekitar 40 menit menggunakan kereta wisata mini yang disediakan pengelola. Pemandu wisata akan mendampingi dan menjelaskan tentang tanaman dan kebun selama tour.

Melihat langsung pabrik pengolahan susu yang menghasilkan produk-produk susu. Matapun dimanjakan oleh kebun sayuran dan buah bahkan bisa berkesempatan untuk mencicipi bebuahan menjadi pengalaman mengasyikan.

Di Bhakti alam sejumlah permainan juga sudah menunggu peserta rombongan Shafta ini. Setiap satu game setiap kelompok menampilkan yel-yel penyemangat. Karena berbeda  kelompok, setiap anggota keluarga bersaing dengan keluarganya sendiri. 

Setiap kelompok berusaha untuk menunjukkan sebagai tim paling kompak setiap sesi kegiatan. Pemandu dari Bhakti alam terus mengajak pola berpikir tim untuk memecahkan setiap tantangan yang diberikan, kadang kelucuan dan  melepas tawa ketika saat tertentu muncul setiap kelompok melakukan kesalahan.

Akhir kegiatan ini dilakukan refleksi tujuan dan sasaran yang dicapai dengan kegiatan Family Gathering. Sebuah kebersamaan yang terus dikembangkan sekaligus mengajak seluruh keluarga memajukan sekolah Islam Shafta dengan slogan Shafta Jaya, Keluarga Bahagia.

 

Hadi Rahman