DESTINASI INTERNATIONAL KOMUNITAS

Tips Untuk Bantu Menghemat Anggaran Perjalanan Para Senior

Dengan meningkatnya jumlah penumpang, banyak maskapai penerbangan yang ingin menambah lebih banyak rute pada penawaran mereka.  (Foto: Dok. Black Pers)

MELBOURNE, bisniswisata.co.id: Menjadi seorang pensiunan (atau semi-pensiun) memiliki banyak manfaat, salah satunya adalah fleksibilitas untuk bepergian.Ketika pandemi COVID-19 menutup perbatasan dan menghentikan rencana perjalanan, banyak orang kini ingin berkemas dan menjelajahi dunia lagi.

“Air Canada mengalami peningkatan luar biasa dalam penerbangan internasional pada musim panas lalu, khususnya di trans-Atlantik, dan kami memperkirakan Eropa akan tetap populer tahun depan,”kata Mark Galardo, wakil presiden Air Canada, dalam sebuah pernyataan.

Untuk mengantisipasi hal ini, kami memperluas jadwal penerbangan kami untuk menawarkan lebih banyak pilihan dan fleksibilitas kepada pelanggan saat mereka mulai merencanakan liburan tahun 2024,” 

Dilansir dari  vucnews.com, pada tahun 2019, Bandara Internasional Victoria menampung total 1.924.385 penumpang. Jumlah tersebut anjlok menjadi 574.874 pada tahun 2020 dan 673.748 pada tahun 2021. 

Meskipun terjadi peningkatan pada tahun 2022 (1.490.039 penumpang), angka tersebut masih belum kembali ke tingkat sebelum pandemi. Namun, tahun ini angkanya serupa dengan tahun 2019, yaitu 959.057 penumpang melewati YYJ pada akhir Juli.

Meskipun banyak anggaran yang terkuras karena kenaikan biaya, untuk mereka yang sudah lanjut usia, seperti kebanyakan warga Kanada, masih ingin bepergian. Bagi mereka yang berada di masa emasnya, hal ini dapat memberikan beberapa manfaat saat melakukan perjalanan. Kami telah mengumpulkan beberapa kiat untuk membantu memaksimalkan anggaran Anda:

Maksimalkan fleksibilitas

Hindari waktu puncak perjalanan untuk mendapatkan penawaran terbaik. Liburan yang bertepatan dengan libur sekolah atau hari libur dapat menaikkan harga di destinasi populer, termasuk akomodasi dan tamasya.

Pensiunan dan semi-pensiun tidak harus melakukan perjalanan berdasarkan jadwal tersebut dan dapat menggunakan fleksibilitas penjadwalan tersebut untuk menghindari jebakan musim ramai.

Bepergian di musim sepi misalnya, dapat membantu menghemat anggaran dengan menghemat penerbangan serta aspek perjalanan lainnya. Melakukan penelitian sebelumnya juga dapat membantu karena waktu perjalanan puncak di Kanada tidak selalu sama di negara lain.

Misalnya, sebuah hotel populer di Roma (ditemukan di Travelocity) rata-rata mengeluarkan biaya sekitar US$200 per malam untuk kamar standar selama musim puncak (September hingga awal November). Namun, kamar yang sama dijual dengan harga kurang dari US$140 selama musim bahu bulan Agustus.

Berkonsultasi dengan agen perjalanan atau profesional lain di industri ini dapat menghilangkan kerumitan karena banyak peraturan perbatasan dan persyaratan perjalanan berubah selama pandemi dan beberapa masih berubah hingga hari ini. 

Mesir, misalnya, menerapkan peraturan visa baru bagi warga negara Kanada mulai tanggal 1 Oktober, sehingga menimbulkan beberapa tantangan bagi para pelancong karena mereka tidak lagi dapat memperoleh visa pada saat kedatangan di pelabuhan masuk mana pun di negara tersebut.

Untuk bantuan dalam segala hal mulai dari pembatasan perbatasan hingga asuransi perjalanan, para profesional ini siap membantu memastikan perjalanan Anda berjalan lancar.

Perpanjang masa tinggal

Meskipun tampaknya berlawanan dengan intuisi, tinggal lebih lama di satu tempat juga dapat menghemat uang. Daripada berganti akomodasi setiap beberapa malam, pertimbangkan untuk tinggal lebih lama di satu tempat. 

Seringkali diskon ditawarkan untuk masa menginap lebih dari tiga malam, sementara amortisasi atau pembatasan biaya tambahan dapat membantu meningkatkan pendapatan Anda.

Misalnya, jika sewa jangka pendek Anda memiliki biaya pembersihan US$200, itu menambah hampir US$70 per malam untuk menginap tiga malam. Untuk menginap tujuh malam, biayanya kurang dari US$30 per malam.

Dapatkan diskon senior

Meskipun diskon usia tidak bersifat universal – dan rentang usia dapat bervariasi – diskon tersebut masih berlaku di banyak negara. Diskon senior dapat berlaku untuk segala hal mulai dari makanan hingga tamasya, jadi jangan takut untuk bertanya tentang pilihan harga saat Anda memesan perjalanan atau membayar biaya masuk.

Misalnya, pelancong Amtrak yang berusia di atas 65 tahun berhak menerima diskon 10 persen di sebagian besar rute, sementara layanan lintas batas yang dioperasikan bersama oleh Amtrak dan VIA Rail Canada berlaku bagi mereka yang berusia di atas 60 tahun.

Banyak museum, restoran, dan penyedia layanan lainnya juga menawarkan diskon yang ditujukan bagi mereka yang berada di masa keemasannya, jadi pastikan Anda memanfaatkannya.

 

Evan Maulana