Tips Pesan Tiket Kereta Api Saat Musim Liburan

JAKARTA, bisniswisata.co.id: Dari tahun ke tahun, tiket kereta api selalu menjadi incaran banyak orang saat musim liburan tiba. Harga murah dan fasilitas yang memadai menjadikan moda transportasi ini andalan sebagian besar masyarakat saat mudik, bersilahturahmi maupun berlibur.

Nggak bisa dipungkiri, saat musim liburan panjang datang apalagi akhir tahun mencari tiket kereta api secara dadakan memanglah susahnya setengah mati. Namun, bukan berarti kita tidak bisa mendapatkan tiket kereta api tersebut secara mendadak ya.

Alangkah baiknya bisa mempersiapkan tiket tersebut jauh jauh hari sebelum waktu keberangkatan tiba, agar nantinya tidak ada penyesalan karena tidak mendapatkan tiket kereta yang di inginkan.

Tips mendapatkan tiket kereta api saat musim liburan ini juga dapat diterapkan untuk mendapatkan tiket kereta api dengan menggunjungi beberapa marketplace yang biasanya menjual tiket kereta api. Untuk ini ya harus rajin-rajin memantau beberapa marketplace yang memberikan referensi mencari tiket.

Biasanya beberapa pemilik tiket yang sudah membeli tiket jauh diawal melakukan cancel booking atau membatalkan tiket nya dikarenakan suatu hal. Nah kesempatan untuk meraihnya, ketika mereka cancel kan otomatis ada kursi kosong maka setelah itu kita booking deh itu tiket kereta. Itulah gunanya sering-sering memantau beberapa marketplace

Meski demikian, ada tips memesan tiket kereta yang lebih baik dilakukan dari sekarang atau jauh hari sebelum berangkat liburan. Jika kesulitan pesan tiket kereta api untuk rencana liburan bersama keluarga, cobalah pesan tiket kereta api melalui 4 cara terbaik berikut ini:

#. Loket PT KAI

Sistem konvensional seperti pesan tiket kereta langsung di loket stasiun bisa menjadi cara pertama yang Anda coba. Adapun keuntungan yang ditawarkan adalah adanya kemudahan cara pemesanan dan pembayaran lewat satu tempat. Selain itu, rencana perjalanan bersama keluarga juga semakin hemat karena tersedianya diskon khusus lansia dan bayi untuk setiap pembelian tiket di loket stasiun.

#. Situs web resmi PT KAI

Selain lewat loket stasiun, pemesanan tiket kereta api juga sudah tersedia dalam sistem online melalui situs web resmi PT KAI. Cara ini bisa menjadi solusi tepat bagi Anda yang sibuk, sebab tiket bisa dipesan secara fleksibel hanya lewat gawai pribadi. Sistem ini juga memungkinkan Anda mengetahui informasi jadwal, harga, bahkan ketersediaan kursi kereta api dengan cepat dan mudah.

#. Online travel agent

Solusi lain untuk pesan tiket kereta secara online adalah melalui online travel agent (OTA). Metode ini sangat efektif karena proses pemesanannya praktis dan banyaknya cara pembayaran untuk memudahkan mendapatkan tiket. Apalagi, saat ini ada banyak pilihan OTA yang bisa Anda manfaatkan untuk mengantisipasi kehabisan tiket kereta api liburan nanti.

#. Travel fair

Alternatif terakhir untuk membeli tiket kereta api adalah pameran wisata atau travel fair. Cara ini disukai sebagai orang karena dinilai memiliki banyak daya tarik dibanding membeli langsung di loket stasiun atau sistem online. Selain lebih gampang mencari tiket kereta, Anda juga bisa mendapatkan perjalanan murah lewat berbagai promo. Bahkan, ketika datang ke suatu pameran, Anda bisa bertanya informasi secara detail kepada agen atau petugas seputar tiket dan jadwal kereta api. (E)

Endy Poerwanto