Tips Kelola Uang Saat Berwisata ke Luar Negeri

0
39
Destinasi Situs-Situs terkenal Westminster London diserbu wisatawan

JAKARTA, bisniswisata.co.id: BERWISATA ke luar negeri, khsusunya wilayah Eropa, membutuhkan perencanaan keuangan yang sangat matang. Alih-alih liburan yang seharusnya mengasikkan dan membuat pikiran kembali segar, malah bikin boncos hanya karena tidak mampu mengelola uang selama perjalanan.

Apalagi, bila Kartu kredit Anda ditolak atau kehabisan uang tunai, tentu dapat merusak liburan. Namun dengan sedikit perencanaan, Anda bisa fokus berlibur tanpa memikirkan isi kantong. Berikut beberapa tips keuangan sebelum berlibur ke luar negeri dilansir dari nytimes.com, Kamis (24/10/2019).

 Pertama
Hal yang harus dilakukan adalah membawa setidaknya dua kartu kredit dari jaringan yang berbeda. Kartu kredit perjalanan yang dipilih dengan baik akan menjadi bentuk pembayaran utama. Hal ini diperlukan untuk melindungi Anda dari penipuan. Pilih kartu kredit yang tidak membebankan biaya transaksi luar negeri dan Anda akan menghemat hingga tiga persen dari setiap pembelian. Dan jika Anda memiliki kartu American Express atau Discover, bawa juga Visa atau Mastercard, karena kartu-kartu ini lebih diterima secara luas di luar negeri.

Kedua

Sebelum Anda pergi, beri tahu bank bahwa Anda akan bepergian, baik dengan panggilan telepon atau melalui aplikasinya. Ini akan memungkinkan Anda menggunakan kartu Anda tanpa insiden. Saat berhubungan dengan bank Anda, lihat apakah memungkinkan Anda untuk mengatur PIN pada kartu (beberapa kartu, seperti kartu kredit Bank of America Travel Rewards, memberi Anda opsi). Jika Anda tidak memiliki PIN, Anda masih dapat menggunakan kartu kredit Anda secara langsung.

 Ketiga
Bawa satu kartu debit yang dapat Anda gunakan pada mesin ATM di luar negeri. Hal inilah yang membuat Anda akan dapat bertahan tanpa dompet selama sepekan. Jika Anda ingin membayar uang tunai, pertimbangkan untuk membuka rekening giro yang tidak membuat Anda kehilangan uang di luar negeri.

Keempat

Bawa dompet digital. Ya, bawa ponsel dengan tujuan agar bisa melakukan pembayaran dengan menggunakan Apple Pay dan dompet digital lainnya saat sedang di luar negeri. Sistem pembayaran tanpa kontak seluler ini dapat menghemat banyak masalah terutama jika Anda kekurangan uang tunai atau tidak ingin meraba-raba dompet Anda. Selamat Berwisata. (nytimes.com)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.