Tips Berwisata Bersama Si Buah Hati

0
209
Berwisata dengan keluarga menggunakan kendaraan - Ilustrasi

JAKARTA, bisniswisata.co.id: Berlibur bersama keluarga, termasuk si buah hati akan sangat menyenangkan. Selain meningkatkan kedekatan antara anak dan orang tua, si buah hati juga dapat mengetahui banyak hal dari pengalaman anyar yang belum mereka temui sebelumnya.

Namun, tak sedikit orang tua yang justru mengurungkan niatnya untuk berlibur bersama anak. Kebanyakan dari mereka menganggap bahwa berlibur bersama anak akan sangat merepotkan. Padahal, berlibur akan sangat menyenangkan jika persiapan dan perencanaan dilakukan dengan tepat dan praktis.

Psikolog keluarga, Nadya Pramesrani dan mom influencer, Enno Lerian berbagi beberapa tips yang bisa dipersiapkan orang tua saat merencanakan liburan bersama anak, dilansir CNN, Ahad (27/01/2019):

#. Libatkan anak dalam perencanaan liburan
Menjadikan anak sebagai penyusun dan perencana dalam liburan sangatlah penting. Anak tentu akan merasa senang saat tahu bahwa mereka akan berlibur ke tempat yang mereka inginkan. Untuk itu, sebelum memulai rencana liburan, ada baiknya jika Anda terlebih dahulu bertanya pada anak soal destinasi wisata yang diinginkannya.

#. Siapkan bekal makanan anak
Liburan bersama anak akan kacau ketika si buah hati kelaparan. Saat lapar, anak biasanya akan marah, kesal dan menangis. Untuk meminimalisir hal itu, sebaiknya persiapkan bekal makanan praktis untuk dibawa seperti buah-buahan, susu, camilan dan lainnya.

#. Siapkan rencana kedua
Akan lebih baik jika Anda menyiapkan beberapa rencana destinasi wisata yang bakal dikunjungi. Ini perlu dilakukan untuk mengatasi anak yang tak merasa nyaman dengan lokasi awal yang didatangi. Dengan begitu, Anda tetap bisa membuat anak senang dengan membawanya ke lokasi lain.

#. Membawa obat-obatan
Obat-obatan sangat diperlukan untuk mengatasi kondisi tubuh anak yang tiba-tiba menurun. Bawalah obat-obatan praktis seperti krim anti-nyamuk, obat demam dan lainnya. Namun, jangan lupa juga untuk membawa perbekalan obat untuk Anda dan suami. Sebab, jika Anda sakit, anak tak akan terurus.

#. Membawa bekal pakaian seperlunya

Orang tua kerap kali membawa bekal pakaian yang terlalu banyak saat berlibur dengan alasan untuk berjaga-jaga. Padahal, hal itu hanya akan membuat Anda dan si buah hati kewalahan dengan barang bawaan yang terlalu banyak. Sebaiknya, persiapkan pakaian yang sesuai dengan cuaca di lokasi liburan. Untuk perjalanan selama satu hari, dua pasang pakaian dirasa cukup. (NDY)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.