INTERNATIONAL LIFESTYLE

Tips Bepergian: Cara Membuat Perjalanan Berikutnya Tak Terlupakan

SIPRUS, bisniswisata.co.id: Tidak ada yang lebih santai daripada mengambil liburan yang memang layak setelah bekerja keras sepanjang tahun. Saat Anda menghabiskan waktu di pantai, mendaki gunung, atau menjelajahi kota dan budaya baru, Anda dapat menciptakan kenangan yang akan bertahan seumur hidup. 

Bepergian adalah cara terbaik untuk menyerap pengalaman baru, menjelajahi budaya yang berbeda, dan melihat beberapa tempat terindah di dunia. Sehebat apapun liburan, ada beberapa tips untuk membuat perjalanan Anda berikutnya benar-benar tak terlupakan.

1.Rencanakan ke depan

Dilansir dari Traveldailynews.com, bepergian memang sangat menyenangkan, namun juga bisa membuat stres jika Anda tidak merencanakannya terlebih dahulu. 

Dengan mempersiapkan diri dengan baik, mengambil cuti kerja dalam jumlah yang tepat, dan mengemas semua kebutuhan Anda sebelumnya, Anda akan berada di pesawat dengan perasaan santai dan bersemangat untuk perjalanan Anda. 

Membuat daftar tugas dengan tugas-tugas seperti memesan tiket, memesan transportasi, dan mencari akomodasi dapat membantu mempersiapkan diri dengan cepat. 

Mungkin ada baiknya untuk melakukan riset terlebih dahulu, apakah Anda bepergian ke Mumbai dan mencari hostel terbaik untuk menginap, atau Anda tertarik dengan apartemen NYS untuk disewa.

Meluangkan waktu untuk menemukan apa yang Anda inginkan , kemudian memesannya lebih awal, bisa menjadi perbedaan antara liburan bebas stres dan sakit kepala pada saat kedatangan. Dengan daftar ini di tangan, Anda dijamin akan naik pesawat dengan semua yang Anda butuhkan

2. Pastikan Anda memiliki hal-hal penting

Saat bepergian ke suatu tempat baru, mudah untuk melupakan barang yang bisa membuat perjalanan Anda jauh lebih menyenangkan atau bahkan merusak liburan Anda. 

Selalu periksa kembali apakah Anda memiliki semua hal penting seperti paspor, dokumen perjalanan, kamera dan pengisi daya, tabir surya dan kacamata hitam, dan kotak P3K. 

Tentu saja, jika Anda sedang menjalani pengobatan apa pun, Anda harus selalu mengemas persediaan cadangan ditambah daftar resep Anda untuk berjaga-jaga. 

Penting juga untuk memeriksa ulang apakah asuransi perjalanan Anda diperbarui dan terkini, jadi jika terjadi kesalahan, Anda dilindungi untuk perjalanan berikutnya.

Pakaian dan perlengkapan mandi bukan satu-satunya barang yang perlu Anda ingat, dan kebanyakan orang fokus pada hal itu. Mungkin ada baiknya Anda duduk dan menulis daftar barang yang Anda perlukan, lalu silangkan setiap barang saat Anda mengemasnya. 

Dengan begitu Anda akan yakin bahwa Anda memiliki semua yang Anda butuhkan.

3.Bersikaplah fleksibel

Meskipun melihat pemandangan sebanyak mungkin merupakan daya tarik utama bagi banyak liburan, itu tidak selalu berhasil. Jika Anda bepergian ke mana saja dengan kondisi cuaca yang tidak terduga seperti pegunungan atau daerah tropis, jangan heran jika rencana Anda berubah pada menit terakhir. 

Demikian juga, bersiaplah untuk mengubah rencana perjalanan Anda jika Anda mengetahui tentang sesuatu yang baru yang ingin Anda lihat atau lakukan saat berada di sana. 

Bepergian adalah tentang pengalaman baru, yang berarti ada banyak hal yang mungkin ingin Anda lakukan yang bahkan tidak Anda pikirkan saat membuat rencana awal Anda.

4. Pahami budayanya

Jika Anda bepergian ke negara yang budayanya sangat berbeda dengan negara Anda, cara terbaik untuk menikmati perjalanan Anda sepenuhnya adalah dengan mempelajarinya terlebih dahulu. 

Dengan membaca artikel online, atau bahkan sumber berita terkemuka, Anda mungkin mendapatkan pemahaman yang lebih baik tentang seperti apa budaya di mana Anda akan pergi, dan pentingnya hal-hal yang akan Anda lihat. 

Jika Anda kebetulan belajar beberapa frasa dalam bahasa saat Anda melakukannya – lebih baik! Dengan menunjukkan inisiatif dan kemauan untuk belajar tentang ke mana Anda akan pergi.

Alih-alih hanya memperlakukannya sebagai tujuan wisata lain, Anda akan menemukan bahwa pengalaman Anda jauh lebih bermanfaat, dan bahkan mungkin terkejut melihat bagaimana orang bisa menjadi seimbang lebih ramah ketika mereka menyadari bahwa Anda telah berusaha.

5. Berteman di luar negeri

Liburan adalah kesempatan sempurna untuk bertemu orang baru dan menjalin pertemanan yang menyenangkan saat Anda berada di luar negeri. 

Baik Anda mengobrol sambil makan malam dengan penduduk setempat, mencoba aktivitas baru dengan wisatawan lain, atau menghadiri festival di mana semua orang sedang dalam suasana hati yang baik, Anda akan lebih mudah mendapatkan teman. 

Bahkan tidak harus menjadi acara khusus, karena orang-orang sangat terbuka dan bersosialisasi ketika mereka sedang berlibur. Selain itu, di sebagian besar tempat, penduduk setempat senang jika Anda mengetahui beberapa frasa dalam bahasa mereka saat Anda berbicara dengan mereka. 

Bahkan jika Anda tidak dapat berbicara bahasa dengan lancar, itu masih merupakan cara yang bagus untuk memecahkan kebekuan dan membuat orang tertawa bersama Anda. 

Berbicara dengan penduduk setempat juga merupakan cara yang bagus untuk mendengar tentang tempat, aktivitas, dan restoran terbaik di daerah tersebut, jadi Anda pasti akan mendapatkan lebih dari sekadar beberapa tempat wisata biasa.

Liburan adalah kesempatan sempurna untuk menjelajah, belajar lebih banyak tentang budaya yang berbeda, dan bertemu orang baru. 

Membuat perjalanan menjadi tak terlupakan adalah tentang sekarang tak harus khawatir tentang apa pun saat Anda melakukan sesuatu.

Ini berarti Anda harus selalu mencoba dan mempersiapkan sebanyak mungkin hal sebelumnya sehingga begitu Anda sampai di tujuan, Anda bisa hanya menendang kembali, bersantai, dan menikmati perjalanan.

 

Hilda Ansariah Sabri

Hilda Ansariah Sabri, Pendiri, Pemimpin Umum, Pemimpin Redaksi dan pemegang sertifikasi Wartawan Utama Dewan Pers. Saat ini menjabat sebagai Ketua Departemen Pariwisata PWI Pusat ( 2018-2023)