Tingkatkan Kunjungan Wisatawan, Pulau Untung Jawa Berbenah

0
139
Wisatawan lokal berwisata di Pulau Untung Jawa

KEPULAUAN SERIBU, bisniswisata.co.id: Kepulauan Seribu yang dipercaya sebagai destinasi wisata Bali Baru, terus merubah penampilan agar menjadi daya tarik wisaya yang diharapkan dapat meningkatkan kunjungan wisatawan lokal, nasional hingga global.

Salah satu yang berbenah dilakukan Pulau Untung Jawa di Kelurahan Pulau Untung Jawa, Kecamatan Kepulauan Seribu Selatan, Kabupaten Kepulauan Seribu terus berhias dan berbenah. Hal ini dalam upayanya meningkatkan daya tarik wisata sekaligus meningkatkan grafik kunjungan wisatawan.

Sekretaris Kelurahan Pulau Untung Jawa, Muhammad Fakih Burhanudin mengatakan berbagai kegiatan dilakukan dalam penataan wilayah. Mulai dari penertiban pedagang kaki-5, penghijauan wilayah dan pewarnaan titik-titik kunjungan wisata serta pembuatan spot foto yang menarik wisatawan.

Selain itu, juga perbaikan pengelolaan sampah. Mulai dari pemilahan dan pemanfaatan sampah menjadi sesuatu yang dapat digunakan kembali masyarakat.
“Kegiatan ini terlaksana berkat kerjasama yang baik antara ASN Kelurahan Pulau Untung Jawa, Satpol PP, Gulkarmat, PPSU, lembaga masyarakat dan warga,” kata Fakih, dalam keterangan resminya Sabtu (7/12/2019).

Dilanjutkan, upaya pembenahan wilayah dalam upayanya meningkatkan daya tatik wisata agar dapat berperan sebagai tuan rumah yang baik. Meningkatkan kesadaran masyarakat terhadap peluang dan nilai manfaat yang dapat dikembangkan bagi kegiatan pariwisata. “Diharapkan dapat meningkatkan perekonomian masyarakay dan keasrian lingkungan,” ujarnya.

Dengan berhias dan pembenahan akan menjadikan Pulau Untung Jawa sebagai hunian yang layak dikunjungi, terwujudnya keinginan masyarakat dalam mengelola lingkungan yang merupakan modal utama membangun industri pariwisata. “Selain itu, mewujudkan budaya lokal yang dapat memperkaya dan memajukan pariwisata di Pulau Untung Jawa,” sambungnya.

Pulau Untung Jawa menyimpan banyak sekali sejarah tentang pemerintahan Hindia Belanda dan Jepang pada saat zaman penjajahan. Tahun 1920an daerah Untung Jawa ini dipimpin oleh seorang Bek dimana artinya adalah Lurah. Sebelum memiliki nama Pulau Untung Jawa, dulunya bernama Pulau Amiterdam yang merupakan nama asli penduduk di Pulau ini saat itu. itu cukup banyak.

Beberapa destinasi wisata yang bisa dinikmati di Pulau Untung Jawa, antara lain:

#. Monyet Putih

Di Pulau Untung Jawa juga terdapat sebuah legenda yaitu monyet putih. Hingga sekarang masyarakat masih belum tahu asal mula adanya monyet putih dulu di waktu zaman penjajahan Hindia Belanda. Menurut cerita monyet-monyet putih ini menjadi penghuni di Pulau Untung Jawa yang saat itu masih bernama Amiterdam sekitar kurang lebih 2,5 tahun. Pulau ini saat itu dikuasai monyet hingga membentuk kerajaan dan memiliki pemimpin seekor monyet putih. Cerita ini bukanlah cerita horor, mistis atau misteri atau bahkan memliki mitos yang ramai dibicarakan hanya saja menjadi cerita sejarah yang bisa diturunkan kepada anak cucu kita saat berlibur ke pulau ini.

#. Wisata Bahari

Pulau Untung Jawa ini tetap menjadi destinasi wisata bahari favorit bagi pecinta alam terutama laut. Banyak sekali yang bisa dilakukan di Pulau Untung Jawa, selain bisa melakukan wahan watersport, berenang, snoorkling juga bisa menyalurkan hobi mancing kamu di sini. Tak jarang banyak wisatawan yang mencari ikan dengan cara memancing di Pulau Untung Jawa.

#.Camping Ground

Di Pulau Untung Jawa sudah disediakan penginapan untuk kamu yang ingin bermalam dan menghabiskan banyak waktu. Beberapa jenis pun ditawarkan seperti losmen, cottage, villa, hotel dan homestay. Masing-masing jenis penginapan tentu saja memiliki fasilitas yang berbeda mulai dari jenis makanan nusantara yang ditawarkan seperti roti goreng, olahan cumi, nugget dan lainnya. Selain di penginapan, juga bisa bermalam dengan mendirikan tenda di camping Ground Pulau Untung Jawa. Camping adalah keputusan yang tidak salah saat berlibur. Juga bisa merasakan keseruan dengan membuat api unggun di malam hari dengan mengumpulkan ranting-ranting dari tumbuhan di sekitar pulau.

#. Wisata Hutan Mangrove

Di sekitar pulau Untung Jawa juga terdapat hutan mangrove yang juga sayang untuk di lewatkan. Suasana sunset di pulau ini sungguh saat indah, jadi wisatawan tak pernah meninggalkan waktu sore hari. Tentu saja mereka tidak lupa membawa kamera untuk mengambil gambar atau foto di sini.

#. Wisata Sakral bagi Upacara Pengantin
Pulau ini juga beberapa kali dijadikan tempat yang sakral bagi para pasangan. Ada yang pernah melakukan nikah di pulau ini. Karena keindahan yang sungguh eksotis membuat pasangan penganten menjadikan Pulau Untung Jawa sebagai saksi cinta mereka. Bahkan acara pernikahannya juga banyak dikunjungi tamu undangan. Hal ini adalah salah satu yang membuat daya tarik sendiri bagi para wisatawan untuk terus datang sehingga rasa penasaran yang ada bisa terobati.(end)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.