Tiga Destinasi Asia Tenggara Raup Pengeluaran Tertinggi Turis

0
260
Meningkat Turis Indonesia berwisata ke Thailand (Foto; repro Google)

NEW YORK, bisniswisata.co.id: Sebagai salah satu wilayah dengan pertumbuhan pariwisata tercepat di dunia, Asia Tenggara berhasil menarik wisatawan dengan pengeluaran tertinggi. Singapura, Bangkok dan Phuket menjadi tiga destinasi Asia Tenggara teratas yang masuk dalam 10 Besar Kota dengan Tingkat Pengeluaran Tertinggi Secara Global menurut riset Mastercard.

Dalam keterangan tertulis, Kamis (27/09/2018), total pengeluaran di tiga kota itu tembus US$ 43,85 miliar. Singapura mempertahankan posisinya urutan 4 secara global sebagai kota tertinggi dalam hal pengeluaran wisatawan mencapai US$ 286 per hari. Jumlah wisman yang menginap sepanjang 2017 menghasilkan 17.02 miliar dolar AS dengan proyeksi pertumbuhan tahun 2018 sebesar 7,4 persen.

Di bawah Singapura, diduduki Bangkok dengan mempertahankan posisinya urutan 5 secara global sebagai kota tertinggi dalam hal pengeluaran wisatawan mencapai US$ 173 per hari. Jumlah wisman yang menginap sepanjang 2017 menghasilkan 16.36 miliar dolar AS dengan proyeksi pertumbuhan tahun 2018 sebesar 13,8 persen.

Sementara Tokyo menempati posisi kesembilan dalam secara global sebagai kota tertinggi dalam hal pengeluaran wisatawan mencapai US$ 154 per hari. Jumlah wisman yang menginap sepanjang 2017 menghasilkan 11.91 miliar dolar AS dengan proyeksi pertumbuhan tahun 2018 sebesar 7,76 persen.

Sebagai pendatang baru dalam Indeks ini, Phuket, Thailand berhasil masuk dalam daftar 10 besar destinasi dengan tingkat pengeluaran tertinggi, dengan jumlah rata-rata transaksi harian sebesar US$ 239, kota tertinggi kedua dalam kategori subwilayah. Sementara Jumlah wisman yang menginap sepanjang 2017 menghasilkan 10.46 miliar dolar AS dengan proyeksi pertumbuhan tahun 2018 sebesar 12.6 persen

Riset yang merupakan bagian dari Mastercard Global Destination Cities Index ini juga mengidentifikasi kategori-kategori pengeluaran wisatawan ketika sedang mengunjungi kota-kota terfavorit di Asia. Di seluruh kawasan Asia Pasifik, wisatawan yang berkunjung ke Bali memiliki pengeluaran terbesar untuk akomodasi (44,6%) dan terkecil untuk berbelanja (13,4%).

Sementara, pengeluaran terbesar wisatawan yang berkunjung ke Hong Kong (22,2%) dan Osaka (22,4%) adalah untuk makanan. Sedangkan wisatawan yang berkunjung ke Singapura melakukan pengeluaran terkecil untuk makanan (12,9%). Wisatawan melakukan pengeluaran tertinggi untuk berbelanja ketika mengunjungi Osaka (43,4%), Tokyo (43,1%), dan Seoul (47,4%).

Selain itu, Mastercard Global Destination Cities Index memberikan analisis penting menyangkut perjalanan di kota-kota di dunia. Destinasi di wilayah Asia Pasifik kembali menduduki posisi teratas dalam Indeks tahun ini dengan lima kota, yaitu Bangkok, Singapura, Kuala Lumpur, Tokyo dan Seoul, masuk dalam peringkat sepuluh besar.

Indeks Mastercard, yang tahun ini diperluas dan mencakup 162 kota secara global, tidak hanya membahas destinasi-destinasi perjalanan terfavorit. Berdasarkan jumlah pengunjung dan nilai transaksi selama tahun 2017, analisis ini juga menyediakan proyeksi pertumbuhan pada tahun 2018. Riset ini untuk kali pertama juga mencakup rata-rata durasi menginap dan biaya yang dikeluarkan per hari.

Seiring dengan pertumbuhan ekonomi global, pertumbuhan tahunan wisatawan mancanegara yang menginap di 10 kota destinasi terfavorit juga meningkat pada tahun 2017. Terkecuali Seoul di mana kota ini mengalami penurunan dari posisi ketujuh menjadi posisi kesepuluh.

Proyeksi untuk tahun 2018 mengindikasikan bahwa pertumbuhan akan terjadi di semua kota dalam daftar tersebut. Khususnya, Bangkok (9,6%) yang diproyeksikan tetap menjadi kota dengan jumlah pengunjung terbesar di Asia.

Dengan total sekitar 20 juta wisatawan mancanegara yang berkunjung dan menginap, tahun ini Bangkok kembali menduduki posisi teratas. Secara rata-rata, para pengunjung di Bangkok menginap selama 4,7 malam dan mengeluarkan US $ 173 per hari.

Wisatawan yang berkunjung ke wilayah Asia Pasifik mayoritas berasal dari China. Kota-kota di wilayah Asia Tenggara, seperti Bangkok, Singapura, Kuala Lumpur, Phuket, Pattaya, dan Bali menjadi destinasi-destinasi yang wajib dikunjungi wisatawan Tiongkok.

Phuket merupakan destinasi terpopuler di antara wisatawan Tiongkok dengan tingkat pertumbuhan mencapai 56,1% dalam delapan tahun terakhir (2009-2017, CAGR basis). (redaksibisniswisata@gmail.com)

LEAVE A REPLY

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.