Temu Pengusaha Wisata Latvia - RI, Promosikan Pariwisaa Berkelanjutan.

Dubes Bagas Hapsoro ( berdiri, kiri depan)  presentasi pada travel Agent  Latvia di kota Riga.

RIGA, Latvia, bisniswisata.co.id: Kunjungan Wisatawan Latvia ke Indonesia yang meningkat 122% dalam empat tahun terakhir ditindaklanjuti dengan kegiatan intensif pelaku pariwisata ke dua negara.

Sedikitnya 20 Travel Agent dan  wakil dari Asosiasi Travel Agent Latvia menghadiri kegiatan road show dan business meeting (B to B) yang diselenggarakan oleh KBRI Stockholm, demikian rilisnya hari ini.

Bekerjasama dengan Asien Paradisresor dan DMC NTT Indonesia serta Turkish Airlines, KBRI Stockholm menyelenggarakan road show dan business meeting (B to B) dengan tour operator dan travel agent dari Latvia pada tanggal 30 Oktober 2019 di Riga, Latvia. 

“Kunjungan wisatawan Latvia ke Indonesia menunjukan tren yang meningkat dari tahun ke tahun oleh karena itu mempertemukan para pelaku industri wisata membuka peluang meningkatnya kunjungan pada tahun-tahun kedepan,” kata Bagas Hapsoro, Duta Besar Republik Indonesia untuk Kerajaan Swedia dan Republik Latvia.

Berdasarkan data Kementerian Pariwisata selama 4 tahun terakhir dari tahun 2015  ke tahun 2018 tercatat meningkat sebesar 122%, dengan potensi yang cukup besar dimasa mendatang, tambahnya.

Kegiatan tersebut disambut baik para pemangku kepentingan wisata Latvia dengan hadirnya 28 orang yang berasal dari 20 travel agent Latvia termasuk asosiasi travel agent setempat.

“Kegiatan B to B meeting berlangsung intensif, antara travel agent Latvia dan Indonesia, yang membahas paket untuk destinasi baru selain Bali yang masih menjadi magnet kunjungan wisatawan Latvia ke Indonesia,” tambah Bagas Hapsoro.

Dalam sambutannya, Bagas  menyampaikan potensi pariwisata yang berkelanjutan di Indonesia. Sustainable tourism, tidak sekedar hanya berpergian dan menikmati suatu destinasi wisata namun memiliki arti yang lebih dalam bagaimana pariwisata juga memberikan kontribusi besar dan dampak positif bagi pelestarian alam, lingkungan hidup dan masyarakat lokal. 

Dubes mengajak pemangku kepentingan wisata Latvia bekerjasama dan turut mempromosikan pariwisata Indonesia yang berkelanjutan. Ditekankan kembali Indonesia selain menawarkan keindahan alam dan kekayaan budaya serta keramahannya, juga kemudahan bebas visa selama 30 hari bagi turis Latvia juga udara yang selalu nyaman sepanjang tahun.

Pada kesempatan yang baik tersebut, juga dimanfaatkan untuk menampilkan sharing experience and story telling dari influencer Latvia, Ms. Alina Lisina, yang menyampaikan pengalaman pribadinya berlibur ke Bali terutama untuk liburan keluarga, honeymoon, dan bermeditasi serta Yoga. 

Asien Paradisresor mempresentasikan destinasi Indonesia beyond Bali, antara lain Lombok, Papua dan Raja Ampat, Sumatera, Jawa dan Borobudur, Sulawesi dan Toraja, Sedangkan DMC Nusa Tenggara Timur menyampaikan presentasi tentang Flores, dan Labuan Bajo serta pulau Komodo.

 CEO Turkish Airlines menyampaikan presentasi tentang berbagai fasilitas yang ditawarkan oleh Turkish Airlines khususnya jadwal penerbangan dari Riga, Latvia sebanyak 3 kali seminggu untuk penerbangan ke Jakarta dan Bali. 

” Semoga dengan adanya penerbangan Turkish Airlines langsung dari Riga ke Jakarta dan Bali membuat minat kunjungan wisman Latvia meningkat. Industri wisata di Jakarta dan Bali agar pro-aktif dengan paket-paket sesuai karakteristik wisatawannya , ”  ungkap Bagas Hapsoro.

Menyinggung kegiatan yang dilakukannya ini, Dubes Bagas Hapsoro mengatakan  pariwisata merupakan penghasil devisa yang semakin penting dan kontribusi bagi ekonomi Indonesia pada tahun 2019 diproyeksikan mencapai US$ 24 milyar melampaui sektor migas. 

Disamping itu, pariwisata juga menciptakan lapangan kerja bagi penduduk lokal serta mendukung pembangunan dan pengembangan wilayah. Pariwisata menyangkut industri yang luas dari sektor transportasi, penerbangan, kereta api, bis, perhotelan dan restauran, jasa pemandu wisata, spa dan pijat, serta kerajinan tangan Indonesia, oleh karena itu kunjungan turis mancanegara dinantikan dan terus diupayakan peningkatannya.

 

Hilda Ansariah Sabri

Pendiri, Pemimpin Umum, Pemimpin Redaksi dan pemegang sertifikasi Wartawan Utama Dewan Pers dan Ketua Departemen Pariwisata PWI Pusat (2018-2023)