HOTEL

Tanda Positif Pertama Sektor Travel di Tahun 2021 Seiring Meningkatnya Pencarian Hotel & Flight 

Angka-angka mengungkapkan bahwa untuk pertama kalinya pada tahun 2021, minat konsumen untuk hotel dan penerbangan meningkat setiap bulan.  Skor minat penelusuran yang dikaitkan dengan penerbangan memiliki rata-rata 22 selama bulan Maret, peningkatan 6% di bulan sebelumnya, dan peningkatan bulanan pertama sejak Desember.

CYPRUS, bisniswisata.co.id: Penelitian oleh Butter, satu-satunya biro perjalanan yang bisa  Beli Sekarang Bayar Nanti atau Buy Now Pay Later (BNPL) menemukan bahwa wisatawan Inggris mulai meningkatkan penelusuran untuk menikmati matahari musim panas, dengan peningkatan minat penelusuran penerbangan dan hotel untuk pertama kalinya tahun ini selama bulan Maret.

Dilansir dari Traveldailynews.com, analisis Butter mencatat tingkat minat penelusuran bulanan untuk hotel dan penerbangan selama tahun ini, serta bagaimana minat ini dibandingkan dengan tahun lalu.

Angka-angka tersebut mengungkapkan bahwa untuk pertama kalinya pada tahun 2021, minat konsumen untuk hotel dan penerbangan meningkat setiap bulan.

Skor minat penelusuran yang dikaitkan dengan penerbangan memiliki rata-rata 22 selama bulan Maret, peningkatan 6% di bulan sebelumnya, dan peningkatan bulanan pertama sejak Desember.

Namun, meskipun pergerakan positif ini akan membawa harapan untuk bulan-bulan mendatang, minat penelusuran untuk penerbangan tetap jauh lebih rendah di bulan Maret jika dibandingkan dengan tahun sebelumnya (-66%), dengan penurunan -69% untuk kuartal pertama tahun 2021 secara keseluruhan versus 2020.

Sebaliknya, prospek industri perhotelan lebih positif. Di peringkat 39, skor minat penelusuran rata-rata untuk bulan Maret tetap jauh lebih rendah daripada tingkat sebelum COVID-19, namun, minat penelusuran di hotel melonjak 12% antara bulan Februari dan Maret. 

Mungkin yang lebih menjanjikan adalah fakta bahwa skor bulanan rata-rata ini 3% lebih tinggi dari tahun lalu, dengan tren musiman menunjukkan bahwa ini hanya akan tumbuh lebih kuat seiring berjalannya tahun.

Tidak hanya minat yang tumbuh, tetapi uang yang dibelanjakan para wisatawan juga meningkat. Sebuah survei baru-baru ini oleh TUI menemukan bahwa segmen keluarga menghabiskan 20% lebih banyak untuk liburan mereka. 

Peningkatan pengeluaran ini didorong oleh fokus pada keselamatan daripada biaya, dengan konsumen memilih resor yang lebih baik, asuransi perjalanan yang lebih baik dan kualitas layanan yang lebih baik saat berada di negara asing untuk melindungi dari ancaman COVID.

Timothy Davis, Co-Founder dan CEO Butter, berkomentar: “Pengungkapan peta jalan keluar lockdown kami pada akhir Februari tampaknya sudah cukup untuk meningkatkan sentimen konsumen dalam sektor perjalanan, bahkan jika peningkatan ini hanya disamakan dengan marjinal peningkatan lalu lintas penelusuran di bulan Maret 

Namun, meskipun ini adalah pertanda positif, tapi masih jauh dari tingkat minat sebelumnya untuk penerbangan dan hotel dan data terbaru menunjukkan bahwa pemesanan tiket pesawat saja turun sekitar -89% secara global jika dibandingkan dengan tahun lalu.

Perlindungan terhadap ketidakpastian ini adalah peluang terbaik untuk menghidupkan kembali industri perjalanan tahun ini dan jaminan uang kembali, opsi pembayaran yang fleksibel, dan pilihan untuk menunda perjalanan di kemudian hari semuanya dapat membantu membangun kepercayaan konsumen dalam hal ini.

Pemesanan melalui biro perjalanan BNPL seperti Butter berarti konsumen dapat menyebarkan biaya penerbangan dan pemesanan hotel lebih dari 10 kali cicilan, tanpa bunga, dengan setoran kecil dan pembayaran penuh tidak diperlukan hingga setelah liburan.

” Ini tidak hanya cara yang sangat mudah dan nyaman untuk membayar perjalanan Anda, tetapi juga secara besar-besaran mengurangi kemungkinan Anda kehilangan uang,” tambah Timothy Davis.

Hilda Ansariah Sabri

Hilda Ansariah Sabri, Pendiri, Pemimpin Umum, Pemimpin Redaksi dan pemegang sertifikasi Wartawan Utama Dewan Pers. Saat ini menjabat sebagai Ketua Departemen Pariwisata PWI Pusat ( 2018-2023)