Susi Air Buka Penerbangan Perintis Antar Pulau di Sumenep

0
103
Pesawat Susi Air jenis Cessna

SUMENEP, bisniswisata.co.id: SUSI Air resmi menjadi operator layanan rute penerbangan keperintisan antar pulau di Kabupaten Sumenep, Madura Jawa Timur. Penerbangan pertama rute tersebut dilakukan Kamis (26/9) dengan membawa 10 orang penumpang.

Bupati Sumenep, Abuya Busyro Karim mengatakan untuk tahap awal, rute keperintisan tersebut hanya melayani penerbangan dari Bandara Trunojoyo menuju Pulau Pagerungan di Kecamatan Sapeken. Sementara untuk rute lainnya masih menunggu kesiapan bandara yang saat ini sedang dalam kajian.

Di Pagerungan, bandara yang digunakan adalah bandara milik PT Kangean Energy Indonesia (KEI) di Pukau Pagerungan Besar. “Nanti akan kami kembangkan layanan rute penerbangan perintis untuk pulau lainnya, seperti Masalembu dan Kangean,” kata Busyro Karim seperti dikutip laman Medcom.

Penerbangan antar pulau di Sumenep, kata dia, menggunakan pesawat berbadan kecil berkapasitas penumpang sepuluh orang dengan jadual penerbangan dua hari sekali setiap trip. Hal itu karena jumlah penumpang yang masih minim karena masih dalam tahap sosialisasi. “Kalau peminatnya tinggi, jadual akan disesuaikan, bisa setiap hari. Begitu pula dengan pesawat yang digunakan,” pungkasnya.

Dengan dibukanya penerbangan perintis antar pulau di Sumenep madura, berdampak pada kunjungan wisata. Pasalnya, Sumenep memiliki destinasi wisata yang beraneka ragam, terutama kaya wisata bahari, juga ada wisata alam, wisata menghiup oksigen agar awet muda juga wisata air terjun. Destinasi wisata di Sumenep Madura, antara lain:

#. Gili Labak

Pulau yang berada di ujung paling timur Madura ini wajib hukumnya untuk kamu kunjungi. Saking indahnya, para traveller menjuluki pulau ini sebagai surga tersembunyi. Pantai berpasir putih dan jernihnya air laut yang kebiruan, dijamin bakal memuaskan dahaga travellingmu. Untuk bisa sampai ke sini, harus menyeberang sekitar dua jam dari Pelabuhan Kalianget.

#. Kepulauan Kangean

Dari Gili Labak, tidak ada salahnya bila kamu meneruskan perjalanan ke Kepualauan Kangean. Di sini ada beberapa pulau yang masih perawan dan sayang untuk dilewatkan. Beberapa pulau yang ada di Kepulauan Kangean antara lain adalah Pulau Kangean, Pulau Sapeken, dan Pulau Saebus. Namun masih banyak lagi pulau lainnya di kepulauan Kangean yang siap wajib untuk kamu sambangi.

#. Pantai Slopeng

Pantai Slopeng berada di Desa Sema’am, Kecamatan Dasuk, Sumenep, Madura. Pantai ini berada di bagian utara Pulau Madura dan berjarak 21 km dari Kota Sumenep. Pantai ini berpasir putih dan ombaknya tidak terlalu besar sehingga tidak perlu khawatir untuk bermain di pinggir pantai.

#. Pantai Sambilangan

Kalau kamu bosan hanya untuk bermain air di pinggir pantai, maka harus datang ke Pantai Sembilangan. Karena di sini anda bisa menikmati keindahan pantai dan lautan dari puncak mercusuar. Mercusuar di pantai Sembilangan sendiri telah berdiri sejak 1879. Jadi selain menikmati pemandangan laut, kamu juga bisa menyaksikan langsung bukti sejarah peninggalan Belanda.

#. Air Terjun Toroan
Kalau kamu berpikir harus pergi ke pegunungan untuk menikmati air terjun, maka kamu salah besar. Tidak seperti air terjun pada umumnya, Air Terjun Toroan adalah air terjun yang alirannya jatuh langsung ke lautan. Jadi bila datang ke sini, anda akan disuguhkan dua pemandangan berbeda, yaitu air terjun dan laut nan indah.

#. Pantai Nepa
Pantai Nepa memiliki pasir berwana putih kekuningan dengan ombak yang cukup tenang. Tak salah bisa pantai ini selalu di padati pengunjung bila musim liburan datang. Di kawasan ini kamu juga tidak hanya bisa menikmati indahnya suasana pantai dan lautan, namun terdapat juga Hutan Nepa yang dihuni oleh kawanan monyet.

#. Wisata Pulau Berkadar Oksigen

Pulau Giliyang semakin menjadi bahan perbincangan di dunia pariwisata. Pulau berada di Kecamatan Dungkek Kabupaten Sumenep Madura, Jawa Timur ini memiliki kandungan oksigen tertinggi ke dua di dunia, setelah Yordania. Kadar oksigen di Pulau Giliyang sudah dibuktikan keampuhannya melalui penelitian. Hasil penelitiah LAPAN pada 2006, kadar oksigen berkisar 3,4 persen hingga 4,8 persen di atas normal. Bahkan pada tahun 2016, penelitian serupa dilakukan Badan Lingkungan Hidup (BLH) Sumenep. Hasilnya, Kandungan oksigen Pulau Giliyang di atas rata-rata wilayah lainnya, yakni 21 persen. Pulau ini juga dijuluki Pulau Awet Muda. Mengingat banyak penduduk lanjut usia di atas 100 tahun, nampak masih segar bugar, aktif dan produktif bekerja.

Destinasi lain di Pulau Giliyang seperti Pantai Batu Cangge, Pantai Ropet, Gua Air, Gua Sarepa, fosil ikan paus. Bagi wisatawan yang ingin berkunjung ke Giliyang, wisatawan dapat menempuh perjalanan dengan becak ke Terminal Angkutan Umum lalu ke Pelabuhan Dungkek, Sumenep. Setelah itu dilanjutkan dengan perahu angkutan reguler menuju Pulau Giliyang. (ndy)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.