Sumbar Seriusi Wisata Berbasis Digital

0
67
Pulau Angso Duo di Padang Pariaman Sumatera Barat (Foto: Republika.co.id)

PADANG, bisniswisata.co.id: Wisata berbasis digital semakin menjamur. Hal ini sesuai dengan era digital yang tak bisa dibendung. Tak ingin tertinggal dengan daerah lainnya, Dinas Pariwisata Provinsi Sumatera Barat (Sumbar) membentuk badan percepatan pembangunan pariwisata Sumbar dengan pengembangan pariwisata berbasis digital.

“Promosi pariwisata melalui media sosial lebih memudahkan untuk memperkenalkan potensi pariwisata yang ada di Sumbar secara mendunia. Sihingga sangat efektif untuk menarik wisatawan, khususnya generasi milenial,” papar Kepala Dinas Pariwisata Sumbar, Oni Yulfian dalam keterangan resminya, Sabtu (20/07/2019).

Arah pengembangan pariwisata Sumbar kini tengah dibahas oleh Komisi 5 DPRD Sumbar bersama Dinas Pariwisata Sumbar. “Koordinasi dalam pengembangan pariwisata sangat benar. Memang kita sudah antisipasi dalam draft, tapi memang belum terlalu tajam,” ujar Oni.

Badan percepatan pembangunan pariwisata Sumbar yang dibentuk Dinas Pariwisata Sumbar ini beranggotakan akademisi, jurnalis, serta OPD terkait di lingkungan Pemprov Sumbar.

Sumatera Barat tidak hanya populer dengan kuliner khas Minangnya yang menggoyang lidah. Sumatera Barat ini dikelilingi dataran tinggi yang eksotis dengan deretan pantai di beberapa areanya. Berkat potensi alamnya yang kaya tersebut, Anda dapat menemukan deretan destinasi wisata alam yang menarik untuk dikunjungi.

#. Wisata Pantai
Kota Padang merupakan pintu gerbang barat Indonesia dari Samudra Hindia, memiliki objek wisata pantai yang melimpah. Pantai bagi Orang Minang sering menyebutnya Taplau. Berbeda dengan dahulu, Pemerintah Kota Padang terus berbenah dan memperbaiki fasilitas untuk wisata pantai. Ada beberapa destinasi wisata pantai antara lain Pantai Padang, Pantai Pasir Jambak, Pantai Caroline, Pantai Air Manis Batu Malin Kundang. Bagi wisatawan Malaysia Pantai Air Manis memang sangat terkenal. Bersama dengan rumah kelahiran Buya Hamka di Maninjau, kedua tempat ini bak menjadi tujuan wajib turis negeri jiran. Berlokasi di sebelah selatan kota Padang, pantai ini dikenal dengan latar kisah Malin Kundang sia anak durhaka. Pantai Air Manis memiliki pasir berwarna coklat. Area pantainya yang cukup luas dan dipenuhi pohon pinus. Juga banyak penjual souvenir khas Pantai Aia Manih berupa batu Malin Kundang dan sebagainya.

#. Upside Down World Padang
Dunia terbaik juga ada di Padang, lho, tepatnya di Jalan S. Parman Nomor 234 , Ulang Karang Utara, Padang Utara. Sama seperti wahana upside down world di daerah lainnya, Anda dapat menemukan sejumlah lokasi foto dengan konsep unik, seperti dunia dongeng, ruang kelas, landmark terkenal, serta area sekitar rumah. Biasanya, pengelola wahana juga menggelar kompetisi foto unik berhadiah menarik bagi pengunjung.

#. Danau Singkarak
Jika Sumatera Utara punya Danau Toba, maka Sumatera Barat juga punya danau besar berpanorama indah yang patut Anda kunjungi, namanya Danau Singkarak. Danau terluas di Sumatera Barat ini berada di Jalan Raya Padang Panjang – Solok dengan panjang sekitar 21 km. Sebagai destinasi wisata favorit, Danau Singkarak juga dilengkapi sejumlah fasilitas pendukung seperti perahu, sampan, hingga penginapan.

#. Museum Adityawarman
Museum kebudayaan yang berlokasi di Jalan Diponegoro Padang ini menyimpan 6.000 koleksi benda budaya yang dibagi ke dalam 10 kategori. Di antara ribuan koleksi tersebut, Anda dapat menemukan koleksi perhiasan tradisional, baju adat, replika singgasana kerajaan Melayu masa lalu, serta peralatan upacara adat. Desain arsitektur museum ini mengadopsi rumah bagonjong atau rumah gadang khas Minang. Sesampainya di museum, Anda dapat melihat area yang lapang serta menawan berkat keindahan desain eksteriornya.

#. Jembatan Siti Nurbaya
Kawasan Jembatan Siti Nurbaya selalu ramai saat sore hingga menjelang tengah malam. Sorot lampu warna-warni serta deretan pedagang kaki lima di sekitarnya turut menambah semarak malam di kawasan ini. Jika Anda mencari tempat untuk santai sore bersama keluarga, datanglah ke kawasan Jembatan Siti Nurbaya untuk menikmati indahnya malam sembari bersantap.

#. Wisata Bahari Pulau
Kota Padang juga memiliki wisata bahari Pulau yang sangat terkenal. Pulau Pisang dan jika laut sedang surut pengunjung dapat berjalan menuju Pulau Pisang yang hanya berjarak 500 meter dari Pantai Air Manis. Berbagai ragam karang dan ikan serta laut yang tenang dan jernih menjadi daya tarik Pulau Pisang. Juga Pulau Pandan. Ini merupakan kawasan untuk konservasi penyu. Ada tiga jenis penyu yang selalu singgah di sepanjang perairan ini, yaitu penyu sisik, penyu hijau dan penyu belimbing. Di pulau ini para wisatawan berkesempatan melepas tukik ke laut sebagai salah satu daya tarik pengunjung.

#. Masjid Raya Sumatera Barat
Ini lokasi wisata religi kebanggaan warga Padang. Masjid ini didesain unik dengan atap berbentuk gonjong sehingga kerap menjadi obyek latar belakang foto. Jarang ada masjid dengan desain gonjong yang dibalur arsitektur dan hiasan kaligrafi berwarna kuning keemasan seperti itu. Menjalankan sholat di sini juga menjadi pengalaman rohani tak terlupakan. Suasana syahdu terasa di dalam ruangan oleh udara sejuk alami non AC.

#. Kuliner Padang dan olahan laut
Salah satu pilihan untuk menikmati sajian ini adalah di kawasan pinggir Pantai Pasir Jambak. Di sana ada beberapa tempat makan yang menarik. Sejuknya embusan angin sepoi-sepoi dari pantai kian menambah selera bersantap. Ada beberapa menu pilihan. Salah satunya: gulai ikan karang dengan kuah kuning kecokelatan, udang segar, ikan bawal bakar, dan sambal merah dan sambal cabai hijau. Kerupuk jengkol goreng akan memberi nuansa kriuk dalam “orkestrasi” hidangan ini. Minumnya? Kelapa muda adalah pilihan yang menarik. ([email protected])

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.