Sensasi Baru, Sup Berkuah Biru

0
181
Sup biru

TOKYO, bisniswisata.co.id: Siapa yang tak kenal sup. Berbagai negara memiliki aneka sup dengan kuah berwarna bening, juga ada yang warna cokelat jernih karena penambahan kaldu. Atau sup warna putih karena diberi santan atau susu. Namun di Jepang ada sensasi sekaligus inovasi baru Sup berwarna biru.

Sup biru itu disajikan Restoran Kipposhi di Tokyo, Jepang. Kini, Restoran ini menjadi populer setelah foto sup ramen dengan kuah bewarna biru cerah beredar di media sosial. Restoran ramen yang terletak di jantung kota Tokyo itu menyuguhkan menu Clear Chicken Soup Blue. Makanan tersebut pertama kali diunggah oleh Kozuimi, pemilik restoran di akun instagramnya tahun 2017.

Sup biru itu berdampak positif, karena banyak orang berdatangan ke Kipposhi. Untuk mencoba Sup Ayam Biru Jernih yang terkenal itu atau sekurang-kurangnya mengambil gambar untuk dimuat naik di media sosial. Laporan dari Matcha Magazine mengungkapkan bahwa sup biru ini terinspirasi dari keindahan laut Hawaii.

Pada dasarnya, sup biru ini adalah sup kaldu ayam. Kozuimi mengunakan kaldu ayam untuk supnya dengan mengandalkan teknik China kuno yang disebut Chintan. Teknik tersebut dilakukan untuk mendapatkan kuah sup yang jernih.

Namun untuk mendapatkan warna birunya, Kazuimi enggan membagi-bagikan resepnya. Hanya saja dia mengklaim bahwa sup dibuat dengan bahan alami tanpa pewarna makanan atau bahan kimia lainnya.

Sebagian orang menduga warna biru dari sup tersebut merupakan warna pigmen alami dari ganggang spirulina. Di Jepang, hal tersebut dikenal dengan Lina Blue yang banya digunakan sebagai pewarna permen, es krim, dan minuman.

SoraNews24 melaporkan Clear Chicken Soup Blue ini, bukanlah yang pertama di Jepang. Empat tahun lalu, toko ramen Nipponbashi, Tokyo juga menyajikan ramen dengan kuah biru cerah yang diberi nama Lina Blue Cooled Ramen. Sayangnya ketika itu media sosial instagram belum sepopuler sekarang. (NDHYQ)

LEAVE A REPLY

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.