Sayang, Sebagian Jalan Menuju Destinasi Wisata Garut Rusak

0
195
Curug Taraje Garut (Foto: wisata kuliner indonesia - blogger)

GARUT, bisniswisata.co.id: Sebagian akses jalur objek wisata unggulan di Kabupaten Garut, Jawa Barat, dalam kondisi rusak. Akan tetapi, jalan tersebut masih cukup aman dilintasi kendaraan wisatawan yang ingin mengisi waktu libur lebaran.

“Masih ada yang belum maksimal (bagus) tapi secara fungsinya saya kira sudah cukup nyaman dilewati,” kata Plt Sekretaris Dinas Pekerjaan Umum dan Penataan Ruang Kabupaten Garut, Jujun Juansyah kepada wartawan di Garut, Sabtu (16/6).

Ia mengatakan, 90 persen akses jalan menuju objek wisata di Kabupaten Garut sudah bisa dilewati kendaraan dengan mudah dan aman. Namun beberapa titik jalan, masih ada yang perlu diperbaiki seperti jalur menuju Taman Satwa Cikembulan di Kecamatan Kadungora. “Belum maksimal diperbaiki itu seperti daerah Cikembluan sehingga kenyamanannya kurang,” katanya.

Ia menyampaikan, jalur wisata lainnya yang masih terdapat kerusakan jalan yakni menuju Taman Wisata Alam Gunung Papandayan di Kecamatan Cisurupan. Menurut dia, jalur wisata alam unggulan di Garut itu masih ada beberapa titik jalan yang kondisinya belum dapat diperbaiki oleh pemerintah daerah.

“Papandayan jalur kabupaten, kondisinya sudah 90 persen bagus, tapi ada beberapa yang rusak sekitar 10 persen, tapi secara keamanan masih layak dilalui kendaraan,” katanya.

Sementara daerah wisata lainnya seperti Situ Cangkuang di Kecamatan Leles, kata dia, telah dilakukan pemerataan jalan agar pengendara nyaman saat melewati jalur tersebut. Selanjutnya, jalur objek wisata Cipanas Garut di Kecamatan Tarogong Kaler sudah selesai dilakukan pemeliharaan sehingga aksesnya lebih mudah.

“Wisata Situ Bagendit tidak masalah, untuk daerah selatan seperti Pantai Sayang Heulang sudah bagus, kemudian daerah lainnya ada yang sudah bagus,” katanya seperti diunduh laman Antara.

Ia menambahkan, Pemerintah Kabupaten Garut memiliki kewenangan untuk pemeliharaan jalan sepanjang 829 kilometer, sebesar 75 persen dalam kondisi bagus. “Hanya 75 persen yang sudah mantap, ini yang menjadi ‘PR’ (pekerjaan rumah) yang ditargetkan bupati tahun ini 80 persen jalan sudah harus bagus,” katanya.

Namun ada beberapa destinasi wisata di Garut yang menjadi hits, kerap dikunjungi wisatawan. Antara lain:

# Candi Cangkuang
Candi ini, dibangun pada jaman Hindu peninggalan Kerajaan Sunda Galuh. Keunikannya adalah artefak peninggalan dari dua agama, Hindu dan Islam. Peninggalan agama Hindu adalah patung Dewa Siwa dari abad VIII. Peninggalan Islam dari abad XVII ada makam Embah Dalem Arief Muhammad. Ia adalah penyebar agama Islam pertama di Garut. Letak candi ini, ada di tengah-tengah danau kecil bernama Cangkuang. Objek wisata sejarah ini berada di Garut selatan, disekitaran kampung yang sangat memegang teguh adat dan budayanya, Kampung Pulo namanya.

# Wisata Kampung Pula
Kampung Pulo sebagai penyebar agama Islam pertama di Cangkuang. Embah Dalem Arief Muhammad turut mendirikan peradaban di sekitarnya. Mulanya Embah Dalem Arief Muhammad, panglima perang Kerajaan Mataram yang ditugaskan Sultan Agung menyerang VOC di Batavia. Karena kalah dan takut dapat sanksi jika pulang ke Mataram, Embah Dalem Arief Muhammad memutuskan bersembunyi di Cangkuang. Padahal warga sekitar menganut agama Hindu, animisme dan dinamisme. Bukti penyebaran agama Islam oleh Embah Dalem Arief Muhammad dipamerkan di museum kecil yang ada di dekat makam keramat. Juga ada naskah Alquran dari abad XVII dari daluang atau kertas tradisional dari batang pohon saeh. Ada naskah kotbah Idulfitri dari abad yang sama sepanjang 167 sentimeter berisi keutamaan puasa dan zakat fitrah.

# Wisata Pantai
Garut juga memiliki pantai yang indah. Pantai Rancabuaya, Pantai Santolo, Pantai Syang Heulang, Pantai Karang Paranje, Pantai Puncak Guha dan Pantai Cijeruk Indah. Ada sekitar enam pantai yang paling sering didatangi wisatawan lokal, nasional hingga internasional. Karena pemandangannya bagus, hawanya sejuk, ombaknya menakjubkan, batu karangnya menantang, bahkan ada pantai memiliki air terjun yang menghadap pantai, yakni Pantai Rancabuaya. Pantai ini paling terkenal di Garut. Jika Pantai Santolo terkenal dengan sumber air panasnya saja. Pantai Sayang Heulang dikenal memiliki terumbu karang yang alami. Pantai Karang Paranje ada gugusan karang di sepanjang pantainya. Pantai Puncak Guha keunikannya dilihat dari atas tebing. Di bawah tebing itu Anda dapat melihat ratusan kelelawar.

# Situ Bagendit
Situ Bagendit adalah obyek wisata danau di Kecamatan Banyuresmi. Situ ini terkenal karena kualitas lingkungannya sangat baik dan kebersihannya terjaga. Kegiatan wisata yang dapat Anda nikmati di sini yaitu menikmati pemandangan indah dengan udara sejuk, bermain perahu dan sepeda air, menaiki rakit khas Situ Bagendit. Juga ada legenda menarik lahirnya objek wisata air.

Legenda dikutip dari buku Seputar Garut karya Darpan dan Budi Suhardiman, dulu kala ada janda kaya tapi pelit. Warga menyebutnya Nyi Endit, dari kata pedit (bahasa Sunda) artinya pelit. Suatu hari, Nyi Endit kedatangan kakek kelaparan. Tiga hari sang kakek minta makanan, tapi tak diberi. Hari ketiga si kakek menasihati Nyi Endit agar mau berbagi kepada sesama. Nyi Endit tak terima nasihat itu, ia naik pitam lalu mengusir si kakek. Sambil pergi si kakek sempat menancapkan tongkatnya di halaman rumah Nyi Endit. Tak terima halaman rumahnya dipasangi tongkat si kakek. Ia mencabut tongkat dan melemparkannya. Bekas tancapan tongkat muncul air, makin lama air makin deras bagai air bah. Rumah Nyi Endit dan hartanya tenggelam dalam air bah hingga menjadi situ Bagendit seperti sekarang ini

# Curug Orok
Curug Orok adalah sebuah tempat wisata di Garut yang berupa air terjun. Berlokasi di Desa Cikandang, Curug Orok adalah tempat wisata air terjun di Garut yang paling terkenal. Nama Curug Orok berasal dari cerita masyarakat Garut yang mengatakan bahwa dahulu kala ada seorang ibu yang membuang bayinya dari atas air terjun tersebut. Curug Orok memiliki ketinggian sektiar 45 meter

# Gunung Papandayan
Gunung Papandayan di Kecamatan Cisurupan, Gunung Papandayan hanya berjarak 70 KM dari kota Bandung sehingga banyak warga Bandung yang pergi berwisata ke Gunung Papandayan. Daya tarik utama dari Gunung Papandayan adalah kawah dan air panasnya yang dipercaya dapat menyembuhkan berbagai jenis penyakit. Selain itu banyak juga pecinta alam yang datang mendaki Gunung Papandayan untuk melihat keindahan panorama matahari terbit dari gunung ini. Apabila Anda ingin mendaki Gunung Papandayan, jangan lupa membawa baju hangat karena udara di puncak gunung ini termasuk dingin.

# Air Panas Cipanas
Cipanas adalah nama daerah di Garut yang terkenal dengan permandian air panas alaminya. Air Panas Cipanas terletak sekitar 6 KM dari kota Garut dan 50 KM dari kota Bandung. Dalam perjalanan mencapai Air Panas Cipanas, Anda akan melewati pegunungan dengan hamparan sawah yang hijau dan indah. Air Panas Cipanas banyak dikunjungi wisatawan baik yang menginap maupun yang hanya ingin beristirahat sejenak setiap harinya karena Air Panas Cipanas mengandung berbagai jenis mineral yang sangat bermanfaat bagi kesehatan, selain itu fasilitas di daerah ini juga sangat lengkap untuk kegiatan wisata.

# Puncak Darajat Garut
Objek wisata Garut lainnya yang paling populer yaitu wisata darajat Garut. Tempat wisata di Garut Darajat Pass merupakan salah satu objek wisata yang berada di dataran yang cukup tinggi.Wisata ini menjadi salah satu wisata yang sangat digemari oleh para wisatawan. Wisata Garut darajat ini merupakan salah satu objek yang berupa pemandian air panas. Puncak Darajat Garut menjadi objek wisata air panas Garut paling populer karena tempatnya yang sangat nyaman. Terlebih lagi, Anda bisa menikmati mandi dan bermain di tempat yang asri bersama dengan keluarga Anda. Puncak Darajat ini memiliki konsep yaitu taman bermain, sehingga sangat tepat membawa anak-anak Anda untuk mandi dan bermain disini. Dengan konsep taman bermain, menjadikan puncak Darajat Garut menjadi salah satu objek wisata Garut air panas yang sangat populer. Bahkan menjadi objek wisata di Garut paling terkenal.

# Kampung Sampireun
Wisata daerah Garut yang menjadi incaran para turis lainnya yaitu wisata Garut Sampireun. Tempat wisata di Garut Sampireun ini berupa suatu penginapan yang menawarkan fasilitas serta pemandangan yang cukup indah.Bagi Anda yang ingin berwisata dengan menikmati suasana ala sunda yang sangat kental, resort Kampung Sampireun bisa menjadi tujuan wisata Anda.Karena resort ini menawarkan fasilitas serta keindahan yang cukup unik khas dari sunda.

# Tebing Alam Batu Tumpang
Bagi Anda yang menyukai wisata yang menantang adrenalin, wisata daerah Garut yang satu ini sangat cocok bagi Anda.Tebing alam batu tumpang merupakan salah satu wisata yang menawarkan untuk pnajat tebing. Tebing yang cukup curam ini sangat cocok dan akanmenantang nyali Anda. Tak sedikit orang yang mengunjungi wisata alam Garut yang satu ini untuk menjajal keberanian seseorang.Penasaran ingin mencobanya?Lokasinya yang tak jauh dari sebuah pasar bernama Cikajang ini bisa Anda temui dengan mudah.

# Curug Citis
Wisata Garut lainnya yang menawarkan pemandangan yang indah dengan udara yang masih asri yaitu Curug Citis.Curug Citis merupakan objek wisata berupa air terjun yang berada dikaki gunung Guntur.Pepohonan yang masih rindang dan lebat tumbuh dengan subur disekitar curug ini.Sehingga Anda bisa menikmati segarnya air di curug ini dengan udara yang masih asri. (NDIK)

LEAVE A REPLY

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.