Sambut Libur Lebaran, Keraton Kasepuhan Cirebon Dipercantik

0
128
Keraton Kesepuhan Cirebon (Foto: istimewa)

CIREBON, bisniswisata.co.id: Menyambut liburan Lebaran, Keraton Kasepuhan Cirebon, Jawa Barat dipercantik dengan mengecat tembok keraton sehingga memberi nuansa yang lebih memikat wisatawan untuk datang. Memang, keraton yang termegah, paling terawat bahkan memiliki makna di setiap sudut arsitekturnya merupakan destinasi wisata bersejarah yang menjadi tempat wisata favorit di Cirebon.

“Selain temboknya dipersolek, juga semua pemandu bagian kebersihan, keamanan, tiket, dan lainnya disiagakan H-7 sampai H+7 Lebaran,” kata Sultan XIV Kasepuhan Cirebon Pangeran Raja Adipati (PRA) Arief Natadiningrat seperti dikutip Antara, Senin (13/05/2019).

Dilanjutkan, pembenahan perlu dilakukan agar elok dipandang untuk menikmati suasana keraton. Persiapan libur lebaran tahun ini kami melakukan pengecatan tembok keraton agar lebih bagus lagi,” ujarnya.

Bila Anda masih ada waktu di Cirebon, sambung Sultan, coba datang ke Gua Sunyaragi. Gua ini memiliki wahana hiburan yang memiliki daya pikat bagi pengunjung. Wahana hiburan itu adalah balon terbang, ayunan terbang, sepeda terbang, dan panahan.

Gua Sunyaragi berada di tengah kota di sisi jalan by pass Brigjen Dharsono. Pemandangan bangunan gua yang dengan material batu karang merupakan peninggalan bersejarah pada masa lampau. Pada masa lampau anggota kerajaan menggunakan Gua Sunyaragi untuk beristirahat dan meditasi.

Area gua ini pada masa lampau memiliki fungsi masing-masing. Di antaranya Mande Beling, dahulu digunakan untuk beristirahat sultan saat mengunjungi Gua Sunyaragi. Bangsal Jinem, adalah tempat sultan memberikan pengarahan atau wejangan kepada para pengikutnya.

Juga ada Gua Pengawal di Kompleks Gua Sunyaragi, Cirebon, Jawa Barat. Gua Pengawal berfungsi sebagai tempat berkumpul para pengiring sultan. Ada juga Gua Pande Kemasan yang digunakan untuk membuat senjata seperti keris, tombak, dan barang logam lain.

Selain dua obyek wisata itu, Cirebon juga memiliki obyek wisata lainnya yang menarik, antara lain:

#. Trupark Museum

Museum kini telah hadir dengan inovasi menarik dan sukses memikat banyak masyarakat. Satu di antaranya adalah Trupark Museum, sebuah museum kontemporer batik pertama di Indonesia. Museum ini juga turut dilengkapi dengan instalasi-instalasi seru dan instagramable. Selain dapat menikmati instalasi dan foto-foto, Anda juga dapat mengenal batik dengan cara yang tidak biasa.

#. Pintu Doraemon

Apa yang terlintas di benak Anda ketika mendengar pintu Doraemon? Bukan soal kartun, tetapi ada wisata menarik di Cirebon tepatnya BT Batik Trusmi yang kini telah tersedia wahana Pintu Doraemon. Wisata pintu ini bakal membawa Anda ke tempat yang jauh. Tak hanya itu, Pintu Doraemon juga dibalut dengan sentuhan seni dan teknologi. Penasaran bukan seperti apa keseruannya di sana?

#. Sensasi Tembok Retak

Tembok Retak menjadi spot yang tengah jadi sorotan di Cirebon. Tembik retak merupakan salah satu toko batik ini menjadi ajang untuk foto-foto karena tempat ini tampak cantik sebagai latar potret. Ingin mengabadikan momen di sini? Tembok retak dapat Anda jumpai di Kecamatan Plered Kabupaten Cirebon.

#. Wisata Kuliner

Penjelajahan kali ini tertuju pada wisata kuliner. Empal gentong, sajian khas Cirebon tersebut dapat Anda nikmati langsung dari gentongnya. Sensasi tersebut bisa Anda rasakan di Batik Kitchen. Kuliner lainnya Tahu Gejrot, Nasi jamblang, Docang, Mi Koclok, Nasi Lengko, Sate Kentang, Empal Asam, Sate Kalong, Pedesan Entog dan Rujak Kangkung.

#. Wisata Belanja Batik

Wisata selanjutnya adalah wisata belanja. Menariknya, batik juga dapat dicicil di BT Batik Trusmi Cirebon, sebuah toko batik terbesar di Indonesia. Anda bisa membeli oleh-oleh batik berkualitas terbaik dengan cara dicicil, persis seperti mencicil mobil atau rumah. Perbedaannya adalah cicilan batik tanpa bunga. (redaksibisniswisata@gmail.com)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here