Runway Bandara Wiriadinata Diperpanjang Telan Rp 30 M

0
304
Penumpang turun di Bandara Wiriadinata Tasikmalaya (Foto: .rri.co.id)

TASIKMALAYA, bisniswisata,co.id: Pemprov Jabar memperoleh bantuan dana dari Kementerian Perhubungan RI untuk perpanjangan landasan pacu Bandara Wiriadinata. Saat ini bandara memiliki runway 1.400 meter dan akan diperpanjang menjadi 200 meter, yang kini dalam proses pembangunan runway.

“Anggaran penambahan runway sepanjang 200 meter menelan Rp 30 miliar. Dana ini berasal dari Kementerian Perhubungan RI dan ditargetkan selesai Oktober 2018 ini. Selain itu, pembangunan appron atau terminal pun sedang berlangsung,” papar Pj Gubernur Jabar M Iriawan, ia sempat meninjau Bandara Wiriadinata di Kota Tasikmalaya.

Sehingga nantinya, lanjut mantan Kapolda Metro Jaya, akan simultan dengan perpanjangan runway untuk bisa menampung penumpang di Priangan atau Jabar Selatan. “Kami terus membenahi bandara ini untuk memudahkan perjalanan sekaligus mendatangkan wisatawan dan bisnis bisa berjalan lancar,” katanya seperti dilansir laman Republika, Senin (23/07/2018).

Diharapkan dengan penambahan panjang runway ini bisa menambah frekuensi penerbangan pesawat jenis ATR di Wiriadinata. Selain itu, ada rencana untuk menambah panjang runway 300 meter, sehingga total panjang runway 1.900 meter.

Idealnya, kata dia, runway bandara tersebut 2.500 meter agar pesawat seperti Airbus atau jet bisa mendarat di bandara tersebut. “Kita akan coba ajukan ke Kementerian Perhubungan untuk bisa segera ditindaklanjuti mengenai perpanjangan (runway) ini,” kata Iriawan.

Sejauh ini, kata dia, animo masyarakat pengguna Bandara Wiriadinata cukup tinggi. Saat ini hanya ada satu rute penerbangan per hari dari Jakarta (Bandara Halim Perdana Kusuma) – Tasikmalaya (Bandara Wiriadinata) melalui maskapai penerbangan Wings Air. “Ke depan pasti rute lain terbuka, seperti dari Bandung, Kertajati, Solo. ATR kan pulau Jawa ini bisa ditempuh,” katanya. (NDY)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here