Ramadhan, Camilan Arab di Tanah Abang Laris Manis

0
141
Kurma (Foto: finroll.com)

JAKARTA, bisniswisata.co.id: Selama Ramadhan, kuliner camilan dari Timur Tengah yang ada di kawaan Pasar Tanah Abang Jakarta Pusat, laris manis. Camilan Arab seperti kurma, kacang arab, kismis hingga air Zamzam tak pernah sepei dari pembeli. Pedagang camilan ini meraup rezeki selama Ramadan. Omset ratusan juta diprediksi bakal diraih selama bulan suci.

Dari sekian camilan asal Timur Tengah itu, hanya buah kurma paling dicari saat Ramadhan. Rasanya manis dan legit cocok dinikmati saat berbuka puasa. Lalu, kurma jenis apakah paling laku diminati masyarakat Indonesia khususnya Jakarta?

Di Indonesia terdapat bermacam kurma seperti, kurma azwa atau kurma nabi, kurma mabrum atau kurma laki-laki, kurma ambar, kurma medjool, kurma safawi, kurma dabbas, kurma khalas, dan kurma lulu. Dari sekian banyak jenis kurma yang ada, kurma medjool menjadi primadona. Salah satu pembeli Rita mengaku menyukai kurma. “Bentuknya besar jadi makan satu sudah puas. Setiap puasa beli medjool tapi kalau enggak puasa juga beli,” lontarnya.

Hal serupa dirasakan pembeli asal Jakarta, Ramli. Menurutnya kurma medjool lebih enak dibandingkan kurma lainnya. “Rasanya enak, manis, dan empuk. Udah 10 tahun setiap bulan puasa pasti beli medjool,” ucap Ramli sambil menambahkan sebenarnya Kurma medjool merupakan kurma yang tumbuh di Arizona, Amerika, bukan dari Arab. Namun karena namanya kurma pasti identik dengan Arab.

”Menjelang Ramadhan ini aneka jenis kurma, kismis, kacang almond dan kacang arab menjadi favorit dan banyak dibeli konsumen yang datang. Memang buah kurma paling dicari sehingga laris manis,” ujar Ibu Nina pemilik toko Nina Mandiri di Lantai 3A Blok F Tanah Abang Jakarta, Kamis (09/05/2019).

Berbagai jenis kurma dijual dengan kisaran harga antara Rp 30.000 per kg hingga yang paling mahal Rp 300 ribu/Kg, sementara kacang arab dijual dengan harga antara Rp50 ribu/Kg hingga Rp200 ribu/Kg, dan sajadah dijual dengan harga Rp12.500 hingga Rp 300 ribu per potong. “Harga-harga barang yang ditawarkan relatif murah dan bersaing dengan tempat lain,” tambahnya.

Selama Ramadhan, pedagang sengaja hanya menambah pasokan kurma, karena memang kebanyakan konsumen banyak mencari kurma untuk buka puasa. Sedangkan makanan yang lain tetap sama seperti biasa. “Pasokan kurmanya kita tingkatin lebih dari 100% dari sebelumnya. Yang kita tambahin ya cuma kurma doang aja soalnya yang banyak di cari orang,” kata Awank (22) penjual kurma di Pasar Tanah Abang.

Jenis kurma yang menjadi favorit pembeli adalah, kurma Mesir atau kurma madu. Di samping teksturnya yang besar dan lembut, harganya juga murah. “Kurma Mesir yang paling laku. 50 ribu 1 kilo. Buahnya gede, harganya murah” tambah Awank. (NDY)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.