27-29 Juni 2019, Trisakti Tourist Award

0
168
Wisatawan di Tanjung Kelayang Babel (Foto: Repro Google)

JAKARTA, bisniswisata.co.id: Sebanyak 200 daerah, baik kota maupun kabupaten, di Indonesia siap mengikuti Trisakti Tourism Award yang akan digelar di Jakarta Convention Center (JCC), pada 27 hingga 29 Juni 2019.

“Kami sudah mengundang 200 daerah, baik wali kota maupun bupati seluruh Indonesia. Mudah-mudahan terjaring 15 pemenang dari 200 daerah tersebut,” papar Ketua Yayasan Kusuma Pertiwi Wiryanti Sukamdani selaku penyelenggara Trisakti Tourism Award dalam keterangan resminya, Kamis (9/5/2019)

Dijelaskan, Trisakti Tourism Award ini terdiri dari tiga acara, yaitu pertama acara award atau penghargaan untuk daerah-daerah atau pemimpin daerah yang memiliki destinasi wisata dan saling berkompetisi memperebutkan sejumlah kategori penghargaan dalam ajang tersebut.

“Penghargaan itu untuk daerah-daerah atau kepala daerah, wali kota maupun bupati yang memiliki destinasi pariwisata untuk ikut berlomba dalam lima kategori dengan setiap kategori terdapat tiga piala,” katanya.

Anggota DPR-RI Komisi X tersebut juga menambahkan bahwa rencananya penghargaan tersebut akan diberikan oleh Presiden Republik Indonesia Joko Widodo dan Presiden RI kelima Megawati Soekarnoputri.

Trisakti Tourism Award merupakan ajang penghargaan yang baru pertama kali diadakan untuk pemerintah daerah di Indonesia. Penghargaan ini akan diberikan kepada pemerintah kabupaten dan kota di seluruh Indonesia yang berprestasi dalam membangun, mengelola, dan mengembangkan sektor pariwisata melalui semangat Trisakti Bung Karno.

Sejumlah kategori yang dilombakan dalam Trisakti Tourism Award ini ialah Kategori Wisata Bahari, Ekowisata, Wisata Warisan Budaya dan Sejarah, Wisata Petualang serta Wisata Belanja dan Kuliner.

Pemerintah kabupaten atau kota yang akan ikut serta harus melakukan pendaftaran dengan mengisi formulir registrasi dan mengirimkan atau mengunggah video profil (dokumentasi) pariwisata ke situs http://trisaktiaward.com.

Video profil itu berisi visi dan misi pemerintah daerah, implementasi pembangunan pariwisata, keunggulannya, atraksi, aksesibilitas, serta amenitas berdurasi tiga menit. Kemudian seleksi dilakukan melalui wawancara dan kunjungan.

Selain itu, Trisakti Tourism Award juga akan dimeriahkan oleh Destinasi Indonesia Expo yang akan dibuka oleh Menteri Koordinator Bidang Pembangunan Manusia dan Kebudayaan Puan Maharani.

Acara lainnya yang turut memeriahkan ajang ini ialah Destinasi Indonesia Conference dengan tema “Destinasi Pariwisata Indonesia dalam Era Ekonomi 4.0” yang akan menghadirkan Menteri Koordinator Bidang Kemaritiman Luhut Panjaitan sebagai keynote speaker, dan Menteri Dalam Negeri Tjahjo Kumolo sebagai honorable speaker. (redaksibisniswisata@gmail.com)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.