Puncak Kenikmatan Minum Teh di Kuil Tertinggi Sejagat

0
25

Kedai Teh Gunung Hua, paling berbahaya (foto: Insider)

XI’AN, bisniswisata.co.id: Bagi sebagian orang, minum teh merupakan ritual yang penuh tata krama. Masyarakat Inggris termasuk yang ketat mengaturnya. Biasanya, mereka minum teh pada sore hari atau dikenal sebagai high tea

Tradisi minum teh ala orang Inggris yang sejarahnya sudah panjang, yakni sejak 1800-an serta populer di kalangan bangsawan, banyak ragam pakemnya.

Tradisi itu antara lain, duduk harus tegak saat minum teh di meja, tatakan tidak boleh diangkat bersama cangkirnya, sementara kalo standing party maka cangkir dan tatakan tidak boleh berjauhan.

Jika orang Inggris mengemas kegiatan minum teh sebagai gaya hidup dan ajang sosialisasi, maka di Cina tradisi ini lebih dalam menyentuh kehidupan masyarakatnya. Ada pepatah dalam ajaran Taoisme, filsafat kuno Cina, yang mengatakan: “minum teh itu ibarat mencicipi kehidupan.” 

Menurut legenda, teh memang ditemukan di Cina pada masa Pemerintahan Shen Nong, sekitar 3.000 SM silam. Jadi, tradisinya sudah panjang sekali.

Ada satu spot unik untuk minum teh yang menawarkan sensasi tiada tara. Lokasinya di puncak Gunung Hua, berketinggian 2.000 meter. Di sana berdiri sebuah kuil Taois yang usianya sudah lebih dari 1.000 tahun. 

Untuk menjangkaunya pun, tidak mudah. Setelah naik kereta gantung selama 20 menit, pengunjung harus melanjutkan perjalanan dengan berjalan kaki menyusuri tepian tebing curam selebar 3 meter dengan kemiringan 90 derajat. 

Lolos dari tepian tebing curam, pengunjung masih harus menapaki tangga terjal menuju puncak gunung dimana kuil Taois berada. Meski berat, kuil ini tetap ramai dikunjungi. Sekitar 1 juta orang datang ke kuil tersebut setiap tahunnya.

Tentu saja di sana mereka tidak hanya ‘ngeteh’, tetapi juga memanjatkan doa yang dibimbing para biarawan. Mereka juga akan menyalakan dupa, memohon kehidupan yang baik serta minta dibacakan peruntungan hidup. 

Menurut seorang pemandu wisata, Zhihong Yang, 44, disanalah orang akan merasakan kenikmatan terbaik menyeruput teh. Dengan pemandangan yang spektakular di puncak gunung, minum teh membuat penikmatnya merasa bahagia dan santai.

“Ada rasa khas saat minum teh di sini, keharuman dan rasa getir teh berkhasiat mencegah stroke dan obat terbaik pelepas dahaga, terutama setelah berjuang menuju puncak gunung,” kata Zhihong.  

 

 

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.