Pulau Ibiza Punya Cara Unik Atasi Sampah Plastik Wisatawan

0
27
Pulau Ibiza spanyol

IBIZA SPANYOl, bisniswisata.co.id: Pulau Ibiza, Spanyol dikenal sebagai destinasi pesta dunia juga menjadi destinasi para selebritis kenamaan di dunia gemererlap. Tak heran jika Pulau cantik ini menghasilkan setengah ton limbah per orang tahun ini. Sampah Ibiza jumlahnya 14 persen lebih tinggi dari seluruh Eropa.

Menurut angka-angka dari Ibiza Preservation Foundation, sampah di sana dua kali lipat jumlah per orang daripada Spanyol secara keseluruhan. Sebagian masalahnya adalah Ibiza berkembang pesat dalam pariwisata. Pada 2018 lebih dari empat juta orang mendarat di pantainya, seperempatnya berasal dari Inggris.

Namun, para pegiat lingkungan mengatakan, setelah semua mobil, kerumunan dan kapal pesiar menghilang, ketegangan besar tersisa pada sumber daya, alam, dan keindahan Ibiza. Plastik berakhir di laut dan di pantai yang berbahaya bagi lingkungan laut dan spesies yang terancam punah.

Cara untuk mengatasinya, tergolong menarik. DJ dan produser Blond: ish yang populer di lokasi clubbing Ibiza, sekaligus juga terkenal karena menjadi juru kampanye keberlanjutan dalam industri musik.

Ketika dia tidak berada di belakang meja, dia menggunakan waktunya untuk mendidik DJ, klub dan para pengunjung klub tentang plastik sekali pakai. Harapannya suatu hari dia akan menjadi DJ di acara tanpa plastik.

“Di musim panas, kami bisa bermain setiap hari dan jejak karbonnya bisa sangat besar. Bernyanyi sebenarnya adalah bagian yang sangat kecil, sungguh kami hanya pelancong.” kata Blond: ish, dilansir di BBC, Sabtu (12/10/2019).

Blond: ish mengatakan para DJ sering dapat melakukan perjalanan dari pulau ke pulau, negara ke negara, bermain set dan mendesak industri untuk mengambil langkah-langkah kecil seperti mengimbangi karbon. Mengimbangi karbon berarti pelancong membayar ekstra untuk membantu mengompensasi emisi karbon yang dihasilkan dari penerbangan mereka.

Uang itu kemudian diinvestasikan dalam proyek lingkungan. Seperti menanam pohon atau memasang panel surya, yang mengurangi karbon dioksida di udara dengan jumlah yang sama. “Kami berpesta di surga, dan surga ini memiliki ekosistem sensitif yang tidak dapat menahan gaya hidup kota,” kata Blond: ish.

Melalui grup kampanyenya, Bye Bye Plastic, Blond: ish juga mendorong para seniman untuk bebas dari plastik pada pengendara mereka. Yaitu makanan dan minuman yang mereka minta di belakang panggung dan di stan DJ ketika mereka bermain.

Beberapa klub di Ibiza juga sudah secara proaktif mengatasi polusi plastik. Klub malam ikonik Pacha adalah klub pertama yang mendaftar ke sistem peringkat bintang bebas plastik Ibiza Preservation, mendapatkan bintang pertama.

Skema ini berharap untuk menghapus plastik sekali pakai di Ibiza pada tahun 2023. Kemudian memberikan penghargaan bintang kepada klub malam yang berkomitmen untuk melarang plastik.

Kepala eksekutifnya, Nick McCabe, mengatakan tempat itu melewati lebih dari 400 ribu sedotan plastik, dan sejumlah botol plastik yang sama setiap tahunnya. “Pacha adalah Ibiza sebanyak pasir dan laut. Harapannya pulau ini terus berkembang,” kata Nick. Upaya ini telah berhasil menghilangkan sedotan, peralatan makan plastik, tas binatu dan wadah makanan plastik. (ndy/BBC)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.