Prof.Dr.Marco Tieman: ‘Manajemen Bisnis Halal, Panduan untuk Mencapai Keunggulan Halal’

0
16

Industri Halal sekarang memasuki pasar global, Dilansir dari HalalFocus  yang mewawancarai Prof.Dr.Marco Tieman tentang buku barunya yang tepat waktu ‘Manajemen Bisnis Halal: Panduan untuk mencapai keunggulan halal’.  Berikut kutipannya; 

KUALA LUMPUR, bisniswisata.co.id: Perusahaan yang berbisnis di pasar Muslim akan mendapat manfaat dari nasihat praktis yang diberikan dalam buku ini tentang cara terbaik untuk mengatur dan meningkatkan operasi bisnis halal. 

Buku ini juga dimaksudkan sebagai buku pelajaran bagi pendidikan pascasarjana dan pascasarjana dalam manajemen bisnis halal.

Mari kita mulai dengan apa yang mendorong Anda menulis buku ini?

Saya telah menjadi peneliti manajemen rantai suplai halal sejak tahun 2006, ketika saya memulai dengan PhD tentang penerapan halal dalam manajemen rantai suplai (fokus pada rantai suplai makanan halal).  

Sepengetahuan saya, maka saya adalah orang pertama yang melakukan penelitian akademis tentang manajemen rantai pasokan halal.  Setelah menyelesaikan PhD saya pada tahun 2013, saya melanjutkan karir akademis saya di bidang baru ini secara paruh waktu.  

Sejak 2006 saya telah menjadi penasihat bagi pemerintah dan sektor swasta tentang cara terbaik untuk mengatur operasi halal, rantai pasokan halal, dan klaster halal.

Selama lima tahun terakhir, saya memperluas penelitian saya terhadap risiko halal dan manajemen reputasi, murni karena minat untuk mempelajari banyak krisis halal dengan merek-merek ternama yang mendapat masalah di pasar Muslim.  

Dimana kesalahan mereka?  Bagaimana masalah halal yang muncul ini bisa dicegah?  Bagaimana perusahaan dapat melindungi dan mempersiapkan diri dengan lebih baik saat beroperasi di pasar Muslim

Dengan pengalaman hampir 15 tahun sebagai peneliti dan penasehat industri halal, saya pikir sudah waktunya untuk berbagi pengetahuan penting ini dengan dunia.  Saya juga memperhatikan bahwa sekolah bisnis di negara Islam tidak mengajarkan tentang manajemen bisnis halal.  

Karena dunia Muslim memiliki peran yang terbatas dan bahkan berkurang dalam rantai nilai halal, inilah saatnya untuk mendidik generasi baru para elit bisnis di dunia Muslim tentang manajemen bisnis halal.  

Saya juga telah membuat modul MBA ‘Manajemen Bisnis Halal’ bagi universitas untuk mengadopsi modul ini dalam program pendidikan mereka.

 Apa yang pembaca harap dapat pelajari dengan membaca buku ini?

Industri halal adalah industri yang tumbuh cepat, berkembang pesat di luar makanan menjadi perawatan pribadi, farmasi, produk industri, mode, dan layanan.  Sifatnya kompleks dan sangat dinamis.  

Pertama, mengikuti standar halal yang masih belum disepakati secara global sehingga masih berbeda di setiap daerah.  Kemudian beralih ke pendekatan rantai pasokan dan rantai nilai halal.

Bahkan, baru bulan lalu Organisasi Kerja Sama Islam (OKI) melalui The Standards and Metrology Institute for the Islamic Countries (SMIIC), memperkenalkan standar sistem manajemen rantai pasok halal internasional: OIC / SMIIC 17: 2020.  Standar baru ini benar-benar mengubah permainan, memfasilitasi transisi menuju pendekatan rantai pasokan halal.

Manajemen bisnis halal adalah tentang sertifikasi halal, manajemen rantai pasokan halal, branding dan pemasaran halal, serta manajemen risiko dan reputasi halal.  Ini adalah tema utama buku saya.  

Bagian-bagiannya meliputi dunia halal, sistem jaminan halal, rantai pasokan halal, pembelian halal, logistik dan ritel halal, klaster halal, branding halal, pemasaran halal, manajemen risiko halal, dan manajemen reputasi halal.

Siapa yang akan mendapat manfaat dari buku Anda?

 Buku ini pertama-tama ditargetkan sebagai buku bisnis bagi perusahaan yang berbisnis di pasar Muslim, memberikan nasihat praktis cara terbaik untuk mengatur dan meningkatkan operasi bisnis halal.

Kedua, ini akan membantu pemerintah baik di negara Muslim dan non-Muslim yang ingin menciptakan ekosistem halal yang sehat. Sebagian besar negara Muslim memiliki pertumbuhan penduduk yang tinggi, dengan produktivitas rendah di sektor pertanian, dan merupakan pengimpor netto pertanian pangan.

Dunia Muslim membutuhkan investasi mendesak dalam menciptakan klaster produksi makanan halal.  Selain itu, negara-negara non-Muslim mendapatkan keuntungan dengan menciptakan kluster produksi halal untuk meningkatkan produksi dan ekspor produk halal, lebih memenuhi persyaratan kompleks pasar Muslim.

Buku ini juga menjadi buku ajar bagi pendidikan pascasarjana dan pascasarjana dalam manajemen bisnis halal.  Modul manajemen bisnis halal sangat dibutuhkan di sekolah bisnis di negara-negara Islam untuk mendidik generasi baru elit bisnis.  

Industri halal membutuhkan brand halal baru dari dunia muslim yang saat ini didominasi oleh brand dari negara non muslim.

Kursus ini juga bisa menjadi pilihan yang menarik bagi negara-negara non-Muslim dengan populasi Muslim yang tinggi; atau untuk negara-negara yang menjadi eksportir utama dunia Muslim, seperti Thailand, China, Brazil, Australia dan Selandia Baru.

Apa yang akan Anda lakukan selanjutnya dengan topik ‘Manajemen Bisnis Halal’?

Ada minat besar dari perusahaan, asosiasi Muslim, dan universitas untuk berbagi pengetahuan saya tentang manajemen bisnis halal melalui MasterClass 3 hari tentang Manajemen Bisnis Halal.  

MasterClasses publik pertama akan diadakan tahun 2021 di Malaysia, Indonesia, dan Afrika Selatan.  Ada gambaran umum dari MasterClasses yang diatur di situs buku saya: www.halalbusinessmanagement.com.

Manajemen Bisnis Halal diterbitkan oleh Routledge di London dan didistribusikan ke seluruh dunia.  Penulis juga memiliki situs web www.halalbusinessmanagement.com, di mana Anda dapat menemukan daftar toko buku tempat Anda dapat membeli buku di negara Anda.

Prof.  Dr. Marco Tieman adalah pendiri dan Chief Executive Officer LBB International, sebuah firma riset & konsultasi strategi rantai pasokan di bidang pengadaan, produksi, dan manajemen rantai pasokan.

Dia adalah profesor penuh di Help University dan peneliti di Pusat Penelitian Halal Universiti Malaya di Malaysia, melakukan penelitian dalam pembelian halal, manajemen rantai pasokan halal, dan manajemen risiko dan reputasi halal.  Dia memenangkan berbagai penghargaan akademis untuk penelitiannya dalam pembelian halal dan manajemen rantai pasokan halal.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.