Pilpres dan Pileg, Industri Hotel di Daerah Kecipratan Berkah

0
320
hotel

JAKARTA, bisniswisata.co.id: Perhimpunan Hotel dan Restoran Indonesia (PHRI) memprediksi tahun 2019 bisa menjadi tahun yang baik bahkan berkah bagi pengusaha perhotelan terutama di daerah, karena pengaruh Pilpres dan Pileg yang akan menggunaan fasilitas Meeting, Incentive, Convention, and Exhibition (MICE).

“Biasanya itu akan otomatis meningkatkan okupansi karena kampanye tidak melibatkan lokal saja, itu melibatkan Nasional, sehingga konsentrasinya pasti di dalam hotel dengan menyewa ballroom maupun meeting room untuk pertemuan dan rapat,” papar Wakil Ketua Umum Perhimpunan Hotel dan Restoran Indonesia (PHRI) Maulana Yusran dalam keterangan tertulis, Rabu (26/09/2018).

Namun, lanjut dia, untuk peningkatan yang terjadi tidak akan merata. Dikarenakan, Capres dan Cawapres hanya ada 2 calon sih?hingga diyakini mereka punya peta masing-masing di mana tempat potensial bagi mereka. “Berbeda jika calonnya banyak yang akan roadshow ke berbagai daerah. Kalo 2 calon saja mereka akan memilih daerah yang sangat penting bagi mereka saja,” tuturnya.

Meski demikian, dari sisi okupansi diyakini hotel di daerah-daerah yang dipilih untuk melakukan kampanye akan merasakan dampaknya. Hal tersebut berdasarkan pengalaman saat Asian Games kemarin, ungkapnya.

Dilanjutkan, dampak untuk hotel ada di Palembang lebih besar karena jumlah kamar 6.000-7.000 sedangkan Jakarta sampai 29.000-30.000. Sedangkan dari ajang ini, Maulana bilang proyeksi pendapatan akan meningkat 10%.

“Untuk pendapatan apabila daerah tersebut dipilih menjadi tempat kampanye bisa sampai 10% apalagi periode Januari-April saat low season ini akan menjadi menarik sebab pastinya Januari-Maret mereka akan roadshow ke berbagai tempat,” ujarnya (EP)

LEAVE A REPLY

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.