ASEAN NEWS

Perjalanan Domestik di Awal 2022 Booming di Vietnam 

Warga Hanoi menikmati jalan-jalan sore dengan kendaraan motor. ( Foto: KONTAN)

HANOI, bisniswisata.co.id: Menurut Administrasi Pariwisata Nasional Vietnam, ada lebih dari 6,1 juta turis domestik selama festival sembilan hari ( Imlek) lalu hasilkan pendapatan sebesar VNĐ25 triliun.

Angka-angka ini mewakili permintaan yang tulus dan pandangan optimis untuk kebangkitan pariwisata domestik sebagaimana dilansir dari www.thestar.com.

Matthew Powell, Direktur Savills Hanoi, mengatakan Vietnam Utara memiliki pasar perhotelan yang menarik. Selain tujuan wisata yang berkembang seperti Hạlong.

“Kami menyaksikan pembangunan di pinggiran kota Hanloi dan provinsi sekitarnya seperti Hòa Bình dan Thanh Hóa.” ujarnya.

Tren ini dapat dimengerti, mengingat jaringan transportasi ke daerah-daerah ini terus membaik, sehingga orang dapat dengan mudah bepergian ke provinsi-provinsi sekitarnya untuk perjalanan akhir pekan.

“Sementara wisatawan domestik saat ini mendorong sektor perhotelan Vietnam, kita tidak bisa melupakan betapa pentingnya wisatawan asing bagi pasar  ”tambahnya

Namun ada tanda-tanda positif, karena tingkat vaksinasi Vietnam tinggi dan pihak berwenang berencana untuk membuka kembali perbatasan untuk pelancong internasional mulai pertengahan Maret.

Sebagai bagian dari rencana Vietnam untuk membuka kembali untuk tamu internasional, pihak berwenang telah mengumumkan bahwa penerbangan internasional akan dilanjutkan mulai 15 Maret 2022. 

Pembukaan kembali ini tidak hanya akan menguntungkan segmen pariwisata dan perhotelan negara itu tetapi juga diperkirakan akan menguntungkan apartemen berlayanan.

 

Evan Maulana