ASEAN NEWS

Malaysia Akan Buka Kembali Perbatasan April dan Abaikan Karantina

Pemandangan cakrawala kota di Kuala Lumpur, Malaysia 27 September 2021.  ( Foto: Reuter/Lim Huey Teng)

KUALA LUMPUR, bisniswisata.co.id: Malaysia akan membuka kembali perbatasannya sepenuhnya mulai 1 April dan mengizinkan masuk tanpa karantina bagi pengunjung yang divaksinasi COVID-19, kata  Perdana Menteri Ismail Sabri Yaakob.

Dikansir dari  www.reuters.com,  Malaysia sejak Maret 2020 mempertahankan beberapa pembatasan masuk paling ketat di Asia untuk mencoba menahan wabah virus corona, dengan sebagian besar warga negara asing dilarang masuk dan orang Malaysia yang pulang diharuskan menjalani karantina.

Negara Asia Tenggara itu akan memulai transisi ke fase endemik COVID-19 mulai bulan depan, kata Ismail Sabri dalam pidato yang disiarkan televisi.

Pembukaan kembali mengikuti langkah serupa yang diambil oleh tetangga Thailand, Kamboja, Filipina, Vietnam dan Indonesia, dengan bebas karantina untuk pelancong yang divaksinasi dengan tes COVID-19 negatif sebelum keberangkatan dan setelah kedatangan.

Warga negara Malaysia yang dilarang meninggalkan negara itu selama lebih dari satu tahun dapat sepenuhnya melanjutkan perjalanan internasional, kata Ismail Sabri, seraya menambahkan bahwa perjanjian perjalanan dengan negara-negara lain termasuk Brunei, Thailand dan Indonesia sedang dalam pengerjaan selain satu dengan Singapura yang diumumkan tahun lalu.

iDia juga mengatakan pembatasan jam operasional bisnis, pertemuan, jarak sosial dan perjalanan antar negara bagian akan dilonggarkan.

Hilda Ansariah Sabri

Pendiri, Pemimpin Umum, Pemimpin Redaksi dan pemegang sertifikasi Wartawan Utama Dewan Pers dan Ketua Departemen Pariwisata PWI Pusat (2018-2023)