EVENT INTERNATIONAL KOMUNITAS

PERINMA Piknik Bersama Nikmati Indahnya Swedia Dengan Kolaborasi Acara The Untamed Mind

STOCKHOLM, bisniswisata.co.id: Setelah pengalaman camping sensasional di Belgia tahun lalu dan tahun sebelumnya di Belanda, ditahun 2024 ini Perhimpunan Eropa untuk Indonesia Maju (PERINMA) kembali melaksanakan agenda tahunan piknik bersama mengunjungi negara Eropa bagian utara yaitu Swedia.

Tepatnya di kota kecil di Swedia Barat yang kaya akan sejarah yaitu Skara. Acara berlangsung dari tanggal kedatangan 9 sampai 12 Mei 2024 lalu yang telah disiapkan sedemikian padatnya.

Adalah kebanggan tersendiri bagi Tatum Maya, selaku tuan rumah sudah berkenan membuka pintu persahabatan dan menerima kedatangan teman-teman anggota PERINMA dari berbagai negara pada acara piknik tahunan PERINMA ini.

Tatum Maya adalah seorang perupa kelahiran Kota Sumbawa Besar, NTB yang berdomisili di Skara, Swedia. Kota Skara, tempat Tatum tinggal adalah salah satu kota tertua bersejarah di Swedia, yang seribu tahun lalu dijadikan sebagai pusat perdagangan dan tempat Agama Kristen diakui di Swedia pada awal abad 11.

Rangkaian acara yang diadakan selama tiga hari memberikan pengalaman yang berbeda bagi anggotanya meski terdapat kesamaan antara tamasya di Swedia, Belgia dan juga Belanda. Persamaannya itu adalah bahwa lokasi tamasya bukan berada di kota besar, melainkan di kota kecil atau desa!

Bahkan sebenarnya mungkin juga bisa dikatakan seperti di ujung dunia. Dimana jika ingin mencapai lokasi tersebut, perjalanan dilakukan menggunakan transportasi umum dan membutuhkan perjuangan berat. Entah berapa lama waktu yang dibutuhkan atau berapa kali harus berganti alat transportasi untuk menuju lokasi yang akan dikunjungi.

Tamasya di Swedia ini mempunyai sebuah keistimewaan, yaitu Swedia adalah negara di mana semuanya serba mahal! Mungkin saja ada kawan-kawan yang bertanya, mengapa PERINMA tidak pergi ke tempat yang mudah dicapai, murah dan dekat saja sih?

Jawabannya tidak lain adalah hanya karena satu hal, yaitu bahwa ada sahabat atau anggota PERINMA yang aktif dan bersemangat bekerja untuk PERINMA! Dan anggota yang aktif juga banyak tersebar di negara Eropa lainnya. Dengan mengunjungi sahabat tersebut juga adalah sebagai suatu bentuk penghargaan dan support!

Gereja Katederal Skara

Sejalan dengan salah satu pilar utama PERINMA yaitu “Dari kita, oleh kita dan untuk kita”, maka di acara tamasya ini, di samping kembali menjadi ajang mempererat hubungan satu dengan yang lain dan kesempatan bertamasya ke tempat baru maka peserta juga bisa mengikuti workshop pengembangan diri “The Untamed Mind”

Tentu saja disetiap tahun agendanya, PERINMA ingin berkumpul bersama anggotanya untuk bertamasya, bersenang-senang dan mengunjungi tempat baru. Tetapi kunjungan ke Swedia ini juga masih mempunyai tujuan lain yaitu mendukung program pengembangan kapasitas diri untuk wanita secara berkelanjutan bertajuk “Journey to Sense”.

Program yang mulai diluncurkan di Swedia tanggal 16 Mei 2024 rencananya akan berlanjut ke berbagai negara lain seperti Inggris, Belgia, Abu Dhabi dan yang terdekat selanjutnya ke Indonesia.

PERINMA sangat bangga bisa ikut menjadi bagian dari program tersebut yang secara khusus ikut mensponsori program pengembangan kapasitas diri “The Untamed Mind” dan memberi subsidi untuk acara tamasya di Swedia kali ini.

“The Untamed Mind” adalah program yang dirancang khusus untuk anggota PERINMA yang ikut tamasya ke Swedia. Isi dari program itu sendiri adalah mengajak anggotanya untuk bersama melakukan kegiatan refleksi diri pada kegiatan meditasi bersama yang berhubungan erat dan dalam untuk masing-masing individu.

Harapannya dapat memberikan input realisasi positif kembali terhadap diri sendiri yang sustain kedepannya dan juga sharing session tentang pengalaman menjadi Diaspora Indonesia yang tersebar di negara Eropa.

Acara tiga hari ini terasa cepat berlalu. Lepas kangen di airport Gothenburg, Jalan-jalan di Stockholm, selanjutnya mengikuti workshop dan eksplor kota Kinnekulle dan akhirnya berpisah lagi kembali ke negara masing-masing.

Hilda Ansariah Sabri

Pendiri, Pemimpin Umum, Pemimpin Redaksi dan pemegang sertifikasi Wartawan Utama Dewan Pers dan Ketua Departemen Pariwisata PWI Pusat (2018-2023)