Uncategorized

Pemeriksaan Perbatasan Thailand Siap Untuk Laos Dibuka Kembali Senin

BANGKOK, bisniswisata.co.id: Pihak berwenang Thailand sedang mempersiapkan pembukaan kembali perbatasan dengan Laos setelah negara tetangga itu mencabut pembatasan masuk mulai hari ini, Senin

Dilansir dari Itc.travel, Gubernur Nong Khai Monsit Paisalthanawat pada Minggu menandatangani perintah untuk mengizinkan semua kendaraan masuk dari Laos di Jembatan Persahabatan Thailand-Laos dan dermaga Tha Sadej di tepi Sungai Mekong di distrik Muang, mulai Minggu.

Perintah itu mulai berlaku satu hari sebelum Laos membuka kembali negara itu untuk pengunjung asing. Nong Khai menyegel perbatasan dengan negara tetangga pada Maret 2020 di puncak gelombang pertama wabah Covid-19 di Thailand.

Provinsi tersebut telah mengizinkan orang dan hanya truk yang memuat barang untuk melintasi perbatasan sejak 1 Mei, ketika pemerintah Thailand melonggarkan sebagian besar pembatasan masuk bagi pengunjung.

Jembatan persahabatan pertama di Nong Khai adalah pintu gerbang utama yang menghubungkan kedua negara. Kapal di dermaga Tha Sadej hanya mengangkut warga Thailand dan Laos.

Nakhon Phanom hanya akan membuka jembatan persahabatan ketiga dan dermaga feri, keduanya menghubungkan distrik Muang di provinsi itu dengan provinsi Khammouane di Laos.

Penyeberangan sementara lainnya di distrik Muang, Tha Uthen dan That Phanom tetap ditutup sampai pihak berwenang kedua negara setuju untuk membuka gerbang.

Kepala imigrasi Nakhon Phanom Pol Kol Somkiat Somjai mengatakan provinsi itu telah bersiap untuk pembukaan kembali sejak 1 Mei dan hanya menunggu keputusan Laos untuk mencabut pembatasan perjalanan.

Di distrik Chiang Khong di Chiang Rai, kepala distrik Wiroon Sitthiwong mengatakan pembicaraan dengan otoritas Laos di provinsi Huayxay diperlukan untuk mengkonfirmasi pembukaan kembali perbatasan di jembatan internasional, menurut Thairath Online.

Jembatan Persahabatan Thailand-Laos keempat di Chiang Khong menghubungkan ke jalan dari Laos utara ke Cina selatan. Outlet perbatasan utama Thailand lainnya ke Laos berada di provinsi Mukdahan dan Ubon Ratchathani.

Semua pendatang dari Laos melalui pos pemeriksaan perbatasan darat harus mengikuti langkah-langkah masuk Thailand yang baru.

Arum Suci Sekarwangi