Pelukis Bulgaria Pamer Lukisan Tehnik Membatik

0
246
PF Politik Kedubes RI, Johannes Manginsela bersama pelukis Milena Stanislavova usai pembukaan pameran lukisan kontemporer tentang baik di Sofia Bulgaria (Foto: Mahesa Abby)

SOFIA BULGARIA, bisniswisata.co.id: Batik semakin mendunia. Buktinya pelukis Bulgaria aktif melukis batik dalam kanvas. Kini koleksi hasil lukisannya dipamerkan dalam Pameran lukisan kontemporer dengan menggunakan tehnik batik. Pameran lukisan berjudul “Fiery Return” dibuka pada hari Jumat (9/3/2018) yang berlangsung hingga 14 April 2018 di Galeri 79, Arena Serdica Hotel di Kota Sofia, Bulgaria.

“Saat pembukaan, pameran lukisan karya Milena Stanislavova ini mendapat sambutan luar biasa dari masyarakat kota Sofia, juga pecinta batik asal Bulgaria. pameran ini mendapat dukungan penuh dari Kedutaan Besar Republik Indonesia (KBRI) Sofia,” papar Mahesa Abby, Internship di KBRI Sofia, Bulgaria dalam keterangan tertulis yang diterima Redaksi Bisniswisata.co.id, Selasa (13/03/2018).

Mahesa menjelaskan Milena Stanislavova juga seorang jurnalis Bulgaria ini, kembali menyelenggarakan pameran solo seni lukis teknik batiknya setelah lama vakum di dunia seni lukis. Milena mulai belajar teknik lukis batik sejak tahun 1997, saat menjadi murid klub batik di kota Burgas Bulgaria.

Sejak saat itu, Milena jatuh cinta untuk terus menggunakan teknik melukis batik dengan wax. Berbagai inspirasi muncul dalam lukisan kontemporernya. Milena mulai melukis pohon, bunga, hingga berbagai hal abstrak lainnya. Dan kini melukis dengan tema batik. Tercatat ada lebih dari 10 lukisan teknik membatik dipamerkan di Kota Sofia.

Dalam kata sambutan Dubes RI Sofia, yang dibacakan oleh PF Politik, Johannes Manginsela, menyatakan batik merupakan bagian dari kekayaan warisan tradisi Indonesia, yang kini sudah mendunia karena sudah diakui UNESCO sejak 2009. Dukungan KBRI terhadap pameran ini dan berbagai kegiatan budaya lainnya merupakan wujud nyata MoU Kebudayaan kedua negara yang ditandatangani pada tahun 2016.

Diharapkan dengan gelaran pameran seni lukis ini, semakin mendukung berkembangnya pencinta batik di Bulgaria, selain dengan adanya klub batik di kota Burgas dan Targovishte.

Pameran lukisan kontempore ini dipadati banyak pengunjung yang berasal dari berbagai kalangan, mulai dari kerabat dan keluarga terdekat, para pecinta seni, wartawan serta perwakilan dari pihak-pihak yang terlibat dalam terselenggaranya kegiatan pameran tersebut.

Disela-sela pembukaan pameran lukisan teknik batik terbaru karya Milena Stanislavova, ada daya tarik tersendiri dari pameran ini adalah adanya penampilan Tarian Renggong Manis, merupakan tarian tradisional Indonesia dari tanah Betawi. Tari ini dibawakan pemudi Bulgaria yang merupakan anggota group tari binaan KBRI Sofia, Pesona Mawar Nusantara. Tarian ini berhasil mencuri perhatian seluruh pengunjung yang hadir. (redaksibisniswisata@gmail.com)

LEAVE A REPLY

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.