Pariwisata Domestik Vietnam Mulai Pulih , Indonesia Kapan ?

0
28
Warga Vietnam kunjungi biro perjalanan wisata untuk memesan paket liburan musim panas. (Foto: Vietnam News/ ANN)

HANOI, bisniswisata.co.id: Meningkatnya jumlah wisatawan selama musim panas telah membantu menghidupkan kembali pasar pariwisat, tetapi agen travel membutuhkan dukungan lebih lanjut untuk pemulihan yang lebih baik.

 Akibat pandemi COVID -19 sudah terkendali dengan lebih baik, permintaan pariwisata penduduk setempat mengalami pertumbuhan positif baru-baru ini, dilansir oleh The Star.

Bandara Tan Son Nhat di Kota Ho Chih Minh ( HCM)  baru-baru ini telah melihat banyak kelompok wisatawan check-in untuk penerbangan ke Hanoi, Phu Quoc, Da Nang dan provinsi-provinsi di wilayah timur laut dan barat laut.

Wisatawan Nguyen Thị Hoa dari Provinsi Ninh Thuan memesan tur 5 hari, 4 malam dari Kota HCM ke Hanoi tiga minggu sebelumnya karena dia mengatakan dia merasa “cukup aman”.

“Setelah sekian lama menginap, saya memutuskan untuk bertualang ke Ha Giang, selain tur ke Tay Nguyen yang sudah saya pesan beberapa minggu lalu.  Karena epidemi sudah terkendali, saya akan segera merencanakan perjalanan lagi ke Delta Mekong, ”katanya.

Menurut TSTtourist Company, jumlah pemesanan tour telah meningkat secara signifikan akhir-akhir ini.  Pada bulan April, perusahaan menampung 3.000 kedatangan dan telah menerima hampir 2.000 wisatawan yang telah memesan tour pada bulan Mei.

Direktur komunikasi TSTtourist Company Nguyễn Minh Mẫn mengatakan bulan April telah menjadi awal yang baik untuk aktivitas pariwisata yang dinamis selama musim panas mendatang.

Banyak agen perjalanan dan otoritas di banyak provinsi dan kota telah mempersiapkan produk pariwisata baru. Direktur departemen pemasaran Perusahaan Perjalanan Wisata Saigontourist Doan Thị Thanh Tra menambahkan bahwa Phu Quoc, Da Nang, dan kota-kota di Utara adalah di antara tujuan paling populer di musim panas.

Tour ke Da Lat dan Buon Mai Thutt – Kon Tum juga telah dirangkul. “Selain memulihkan seluruh rencana perjalanan domestik, perusahaan telah menambah jumlah kemungkinan hari keberangkatan untuk seluruh rencana perjalanan.

“Tour musim panas dan hari keberangkatan telah diperbarui hingga Agustus 2021 untuk pemilihan yang mudah dan jadwal yang fleksibel. Perusahaan juga berencana menambah kursi sebesar 20 persen untuk semua tur dibandingkan tahun lalu,” katanya.

Sementara itu, menurut Fiditour – Vietluxtour Travel Company, selain liburan 30 April dan tour musim panas mendatang yang ditawarkan dengan harga sangat bagus, perusahaan menantikan penjualan dari pasar MICE (rapat, insentif, konferensi, pameran) di resor dan hotel.

Di Indonesia kapan pariwisata domestik kembali pulih ?. Tak bisa sekedar mendorong masyarakat bangga berwisata di Indonesia tentunya. Paket promo, diskon voucher dan strategi lainnya harus menjadi realita tentunya.

 Ada banyak sekali kontrak dari grup besar dengan penjualan mulai dari VNĐ1 miliar per pemesanan, kata direktur komunikasi perusahaan, Tran Thi Bao Thu.

Destinasi populer di pasar ini adalah Con Dao, Phu Quoc, Phan Thiet, Quy Nhon, Phu Yen, Da Nang, Da Lat, dan Vung Tau.

Banyak para pemimpin  biro perjalanan berharap dengan lebih banyak vaksinasi yang diberikan di seluruh negeri, pasar pariwisata akan pulih pada kuartal kedua tahun 2021.

Harga tour liburan tahun ini telah turun 5 hingga 20 persen dibandingkan dengan periode yang sama tahun lalu.  Namun, sebagian besar wisatawan bepergian dalam kelompok keluarga dan teman dan memilih produk dan layanan pariwisata yang aman.

 

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.