Pariwisata Bergairah, Meliá Hotels Ekspansi Lagi di Asia Pasifik

1
306
Melia Purosani Hotel Yogyakarta

JAKARTA, bisniswisata.co.id: Meliá Hotels International, perusahaan hotel asal Spanyol mengumumkan rencana ekspansi perusahaan di kawasan Asia Pasifik. Pasalnya pertumbuhan bisnis pariwisata semakin bergairah. Rencana ekspansi itu, setelah CEO Meliá Gabriel Escarrer Jaume melakukan tur Asia Pasifik dengan mengunjungi China, Thailand, Vietnam, dan Indonesia.

Sejak buka di Bali tahun 1985 menjadi hotel pertama dalam ekspansi di luar Spanyol, Meliá berupaya fokus bidik pasar Asia. Saat ini, Melia memiliki properti di tujuh negara melalui empat brand hotelnya: Gran Meliá Hotels & Resorts, Meliá Hotels & Resorts, Sol by Meliá, dan INNSIDE by Meliá. Demikian keterangan tertulis yang diterima Bisniswisata.co.id di Jakarta, Senin (12/11/2018).

Meliá memprediksi pertumbuhan bisnis di area ini dapat berkontribusi pada keuangan perusahaan secara global. Asia Pasifik juga dinilai memiliki potensi untuk bertumbuh pesat seperti pasar Karibia di mana Meliá berhasil menjadi salah satu pemain besar bisns perhotelan.

Perusahaan juga berencana untuk memperkenalkan dua merek hotel lain ke pasar Asia, yaitu ME by Meliá dan Paradisus by Meliá. Selama tur berlangsung, Meliá juga menandatangani perjanjia tiga hotel baru, yakni Meliá Hoi An dan Meliá Phu Quoc di Vietnam serta Meliá Phuket Karon di Thailand. Semua hotel itu dijadwalkan beroperasi penuh pada tahun 2022.

Selama enam tahun terakhir, perusahaan dinilai berhasil mempertahankan pertumbuhan yang stabil di Asia Pasifik. Pasalnya, perusahaan memulai ekspansi dengan hanya enam hotel, namun kini tumbuh menjadi 51 hotel, baik yang telah beroperasi maupun yang berada dalam tahap pipeline.

Gabriel Escarrer mengungkapkan, sebagai perusahaan hotel terbesar nomor tiga di Eropa, pihaknya optimistis akan pertumbuhan Meliá Hotels International di Asia Pasifik. “Sejalan dengan sifat pasar yang sangat dinamis ini, kami berharap dapat melanjutkan momentum dan komitmen kami di Asia Pasifik,” ujar Gabriel.

Sebagai negara pertama dalam ekspansi perusahaan ke luar negeri, Indonesia memegang posisi strategis bagi Meliá di mana delapan hotel telah beroperasi penuh di negeri ini. Adapun, perusahaan berencana menambah properti hingga mencapai 16 hotel yang berlokasi di kota-kota, seperti Jakarta, Yogyakarta, Makassar, dan Bali.

Selain Indonesia, Meliá juga memantapkan kehadiran mereka di China dengan tiga properti dan tujuh properti dalam tahap perencanaan (pipeline). Sementara di Vietnam, Meliá memiliki sepuluh properti yang sudah beroperasi dan akan segera diresmikan. Sedangkan di Thailand, perusahaan telah mengoperasikan empat hotel yang dua lainnya berada dalam tahap perencanaan. (redaksibisniswisata@gmail.com)

1 KOMENTAR

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.