Padang Pariaman Tawarkan Peluang Investasi Wisata Bahari

0
328
Obyek wisata Pulau Angso Duo Padang Pariaman Sumatera Barat (Foto" Repro Google)

PADANG PARIAMAN, bisniswisata.co.id: Pemerintah Kabupaten Padang Pariaman, Sumatera Barat membuka peluang investasi pariwisata kepada pihak swasta untuk mengembangkan dan mengelola objek wisata bahari maupun wisata lainnya di daerah itu.

“Pantai Padang Pariaman potensial dikembangkan untuk objek wisata, mulai dari pantai Batang Anai hingga Batang Gasan,” kata Kepala Dinas Pariwisata Pemuda dan Olahraga Kabupaten Padang Pariaman Jon Kenedi di Parit Malintang, Ahad (31/3/2019)

Namun, lanjutnya hingga saat ini potensi tersebut belum termanfaatkan secara maksimal sehingga baru beberapa lokasi yang dikembangkan dan dikelola oleh pemerintah daerah itu dan masyarakat setempat.

Sedangkan sejumlah lokasi lainnya memerlukan investasi dari pihak swasta salah satunya yaitu Marina Anai yang mana memiliki konsep dermaga wisata untuk membawa wisatawan ke Kawasan Wisata Mandeh Pesisir Selatan serta pulau di daerah itu. “Rencana induknya telah disiapkan untuk ditawarkan kepada pihak swasta,” katanya.

Menurutnya Marina Anai tersebut memiliki potensi wisata yang besar karena lokasinya yang berdekatan dengan Bandara Internasional Minangkabau sehingga wisatawan tidak perlu khawatir dengan kemacetan. “Wisatawan dapat berwisata ke lokasi pilihan dan kembali ke rumah masing-masing di hari itu juga,” ujarnya seperti dilansir Antara.

Ia menyebutkan setidaknya hingga saat ini sudah dua pihak swasta yang mengembangkan dan mengelola objek wisata di daerah itu yaitu di Pantai Ketaping, Kecamatan Batang Anai dan Puncak Anai, Kecamatan 2×11 Kayu Tanam. “Kedua objek wisata tersebut menjadi lokasi tujuan wisata wisatawan dari sejumlah daerah,” sambungnya

Guna memajukan objek wisata tersebut, lanjutnya pihaknya membantunya dengan membangun gerbang untuk di Batang Anai dan mempublikasikan keduanya melalui media masa.

Dikenal dengan sebutan Kota Tabuik, Padang Pariaman berada di pesisir barat Sumatera Barat memiliki segudang objek pariwisata, mulai dari wisata bahari, alam, wisata sejarah, religi hingga wisata kuliner. Diantara sekian banyak destinasi wisata yang ada, destinasi wisata bahari yang menawan di Padang Pariaman, antara lain:

#. Pantai Gandoriah

Pantai ini menjadi primadonanya wisata masyarakat Pariaman karena lokasinya strategis berada di pusat kota, sehingga mudah dijangkau. Bahkan, di Pantai ini juga terdapat stasiun kereta api yang menghubungkan Pariaman dengan Kota Padang. Di Pantai Gandoriah, pengunjung dapat melakukan berbagai aktifitas seru, karena bibir pantai memiliki ukuran yang luas. Pemandangan pantai yang indah juga dapat dinikmati, plus panorama gugusan 6 pulau kecil di tengah laut lepas.

#. Pantai Tiram

Meski belum dikelola secara profesional, Pantai Tiram memiliki daya tarik lebih dengan keindahan alam yang dimilikinya. Karena itu, pantai yang masih alami ini sudah dikunjungi oleh banyak wisatawan sekalipun fasilitas yang tersedia masih terbatas. Pantai Tiram mulai sering dibicarakan semenjak banyak pengunjung yang mengunggah foto-foto mereka di media sosial. Lewat foto-foto di media sosial itulah, warga setempat sadar betapa besarnya potensi wisata yang dimiliki oleh pantai ini. Karena itulah, warga beserta pemerintah setempat mulai membenahi Pantai Tiram setahap demi setahap.

#. Pantai Cermin

Luasnya hamparan pasir putih, rindangnya pohon yang berjajar, uniknya bentuk dari deretan batu karang dan menariknya tarian gelombang di bibir pantai menjadi daya tarik tersendiri dari Pantai Cermin. Terlebih pada pagi dan sore hari, sunrise dan sunset yang dilihat dari pantai ini, seolah memiliki kekuatan sihir yang membuat siapapun bakal terpukau. Selain memiliki panorama yang menawan, fasilitas yang ada di Pantai Cermin juga terbilang lengkap, termasuk sejumlah wahana untuk olah raga dan permainan air seperti speed boat, fishing boat, jetsky, banana boat serta yang lain.

#. Pantai Kata Pariaman

Tidak seperti pantai pada umumnya yang dihiasi dengan pohon-pohon kelapa, Pantai Kata Pariaman justru diselimuti pohon-pohon pinus yang menutup area pinggir pantai. Perbedaan itulah yang menjadi nilai lebih dari pantai ini dibandingkan pantai yang lain, disamping keindahan pasir putih serta lautnya yang memiliki air yang jernih dan ombak yang tenang. Tidak hanya pantainya saja yang menawan, alam bawah lautnya juga sangat memukau, karena memiliki beragam karang dan koral lunak serta berbagai jenis ikan dan biota laut. Itu sebabnya aktifitas diving dan snorkeling wajib dilakukan saat berkunjung ke sini.

#. Pulau Angso Duo

Untuk menuju ke Pulau Angso Duo, wisatawan dapat menggunakan kapal penyeberangan khusus yang ada di Pantai Gandoriah dengan membayar sebesar Rp.40.000. Sesampai di lokasi, wisatawan akan menjumpai panorama yang memukau berupa pantai dengan hamparan pasir putih yang lembut serta pohon-pohon kelapa yang berjajar. Karena pulau ini sudah sejak lama dijadikan sebagai destinasi wisata, maka fasilitas yang ada di sinipun terbilang lengkap, termasuk berbagai jenis sportwater dan permainan air. Bahkan, bagi pengunjung yang ingin menginap, di sini juga tersedia cottage lengkap dengan mushollah untuk tempat beribadah.

#. Pulau Kasiak

Pulau kecil seluas 2,5 hektar yang tidak berpenghuni ini memiliki pesisir dengan pasir yang putih bersih, laut dengan ombak yang tenang dan air yang sangat jernih, sehingga keindahan taman bawah lautnya dapat dilihat dari atas permukaan air. Keindahan alam yang ada di Pulau Kasiak ini dapat dinikmati secara menyeluruh dengan menaiki mercusuar setinggi 40 meter yang terdapat di pulau itu. Mercusuar ini fungsinya sebagai penunjuk arah bagi perahu dan kapal yang melintas di sekitar perairan pulau tersebut.

#. Pulau Ujung

Disebut Pulau Ujung karena pulau ini lokasinya paling jauh dibanding pulau-pulau lainnya yang ada di Padang Pariaman. Untuk menuju ke pulau tersebut butuh waktu sekitar setengah jam dari Pantai Gandoriah dengan menggunakan kapal motor. Pulau yang memiliki luas 3,25 hektar ini menarik untuk dijadikan tempat wisata, karena dihiasi pasir putih dan vegetasi hutan dengan berbagai jenis pohon, serta kawasan perairan yang jernih dengan ombak yang tenang. Terumbu karang yang masih alami serta berbagai jenis ikan dan biota laut, menjadi bonus tersendiri bagi wisatawan yang menyukai aktifitas diving dan snorkeling.

#. Muara Manggung (Rawa Mati)

Jika ingin mencari spot foto yang menawan di Pariaman, Muara Manggung bisa dijadikan alternatif. Cantiknya pohon-pohon bakau yang telah mati dan berwarna kemerah-merahan yang ada di tempat ini, bahkan kerap dijadikan objek untuk pengambilan foto-foto prewedding, karena nuansa yang dihadirkan memang seperti pemandangan yang ada di film-film Hollywood. Selain menarik untuk dijadikan background foto, Muara Manggung yang lokasinya dekat dengan kantor DPRD Pariaman ini juga mengasyikkan untuk dijadikan tempat rekreasi melepas rasa penat dengan menyusuri aliran sungainya menggunakan perahu. ([email protected])

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.