Overtourism Menghantui Hanoi

0
20
Train street Hanoi

HANOI, bisniswisata.co.id: Fenomena overtourism kembali menghantui sebuah destinasi wisata, kali ini Pemerintah Kota Hanoi Vietnam harus bertindak menutup kawasan pertokoan terkenal di sana karena mempertimbangkan faktor keselamatan. Sebuah kawasan yang dikenal dengan nama train street, di mana kereta berseliweran hanya beberapa meter dari pintu depannya, akhirnya ditutup karena wisatawan yang berkunjung terlalu padat.

Mengutip CNN Travel, Ahad (13/10), pada tanggal 6 Oktober 2019 sebuah kereta terpaksa ‘putar balik’ karena jalur kereta yang dibangun Prancis tahun 1902 itu penuh wisatawan. “Train street memang sudah lama menjadi daya tarik wisatawan, namun sebenarnya itu melanggar beberapa peraturan,” ujar Ha Van Sieu, seorang pejabat di Kementerian Pariwisata Vietnam.

Sayangnya ia tidak menjelaskan lebih lanjut tentang peraturan tersebut, namun perihal padatnya kawasan tersebut yang kerap mengganggu jadwal kereta api memang sudah lama menjadi masalah di Hanoi.

Warga Hanoi juga banyak berpendapat jika train street perlu mendapat perhatian terkait keselamatan para pengunjungnya. Seorang penulis yang berdomisili di Vietnam, Dave Fox, mengatakan overtourism adalah istilah baru untuk sesuatu yang sebenarnya sudah lama terjadi dan cenderung diabaikan. “Wisatawan perlu lebih perhatian terhadap tempat yang ingin ditujunya,” ujar Dave.

Ketika overtourism terjadi, ia menambahkan, destinasi tersebut akan lebih ‘kewalahan’ untuk mengatasi masalahnya. Menurutnya mengontrol pengunjung adalah salah satu masalah di industri pariwisata, khususnya di Asia. Hal ini nantinya akan berimbas pada citra buruk destinasi tersebut di media sosial.

Sebelumnya, isu overtourism juga melanda Indonesia tepatnya di Pulau Komodo, Nusa Tenggara Timur. Pemerintah mempertimbangkan untuk menutup Pulau Komodo, namun ada juga yang mengusulkan untuk membatasi akses ke Pulau Komodo dengan cara menaikkan tarif masuk. Tak hanya di Indonesia, Maya Bay di Thailand atau Boracay di Filipina juga mengalami kondisi yang sama terkait overtourism.(ndy/CNN Travel)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.