Menparekraf Temui Menteri PUPR, Pastikan Pembangunan di 5 DSP ‘On the Track’

0
13
Bincang santai Menparekraf dengan Menteri Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (PUPR) Basuki Hadimuljono di kantor Kementerian PUPR. ( Foto: Kemenparekraf)

JAKARTA, bisniswisata.co.id: Menparekraf  Sandiaga Salahudin Uno pastikan penyelengaaraan MotoGP di Mandalika sudah siap. Pihaknya yakin Juli 2021 sirkuit Mandalika bersama fasilitas penunjangnya akan siap dan mudah-mudahan perhelatan ini pada Oktober 2021 bisa diselenggarakan,” katanya.

“Memang kelihatannya banyak yang harus dikerjakan, namun kami yakin Juli 2021 sirkuit Mandalika bersama fasilitas penunjangnya akan siap,” kata Sandi.

Progres pengembangan infrastruktur di Mandalika, Nusa Tenggara Barat lancar dan pengembangan berjalan dengan baik sehingga diharapkan Mandalika siap menggelar perhelatan balap motor internasional MotoGP 2021.

Dari hasil kunjungannya ke Mandalika, pekan lalu, seluruh program yang dilakukan terkait hal itu, diterapkan dengan melibatkan berbagai unsur masyarakat.

Beberapa di antaranya dikerjakan melalui konsep proyek padat karya yang pengerjaannya melibatkan masyarakat setempat secara langsung. Hal ini diharapkan bisa sekaligus menjadi solusi penciptaan lapangan kerja di tengah pandemi COVID-19. 

Berbicara usai menemui Menteri Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (PUPR) Basuki Hadimuljono di kantor Kementerian PUPR, 

Sandiaga mengatakan kedatangannya menjadi bagian dari koordinasi.

Sebagai tindak lanjut arahan Presiden Joko Widodo untuk percepatan pengembangan pembangunan di 5 DSP yaitu Danau Toba, Mandalika, Borobudur, Labuan Bajo dan Likupang.

“Kalau Mandalika saya monitor secara detail. Kalau yang sirkuitnya dikerjakan oleh PT PP (persero) dan di luarnya seperti jalan dari Bandara (Zainuddin Abdul Madjid)-Mandalika kita akan selesaikan semua sebelum Juli. Sebelum _second visit_ dari Dorna Sport (Organisasi penyelenggaraan balapan MotoGp), Insha Allah sudah selesai,”  Menteri PUPR Basuki Hadimuljono

Secara umum  Basuki menjelaskan progres pengembangan 5 DSP lainnya ditargetkan pada pertengahan tahun ini pembangunannya sudah selesai. Sebetulnya Desember 2020 diharuskan sudah selesai.

“Namun lantaran ada rescoping (pengurangan item pekerjaan) kemudian ada pandemi, kita harap pertengahan tahun ini selesai di Labuan Bajo, Likupang, Toba dan Borobudur,” katanya.

Basuki senang dengan kedatangan Menparekraf Sandiaga Uno yang merupakan bentuk kolaborasi antar Kementerian/Lembaga dalam mengembangkan infrastruktur di kawasan 5 DSP. 

Pembangunan infrastruktur di 5 destinasi super prioritas Insha Allah siap, _all progres on the track. Kita sambut kebangkitan infrastruktur ini dengan penerapan protokol kesehatan yang disiplin. Sehingga saat infrastruktur terbangun, ekonomi masyarakat bisa bergeliat kembali,” ujar Menparekraf Sandiaga Uno. 

 

 

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.