DAERAH DESA WISATA

Menparekraf Ajak Pemudik Lewati JLS Sambil Berwisata.

Pantai Sayang Heulang di Pamengpeuk, Garut Selatan di jalur Jalan Lintas Selatan ( JLS) mudik Lebaran 2022. 

JAKARTA, bisniswisata.co.id: Menteri Pariwisata dan Ekonomi Kreatif/Kepala Badan Pariwisata dan Ekonomi Kreatif Sandiaga Salahuddin Uno ikut mempopulerkan Jalur Lintas Selatan ( JLS ) sebagai alternatif masyarakat yang mudik Lebaran 

” Kami akan memastikan momentum libur lebaran tahun 2022 dapat berjalan dengan aman dan sehat. Jalur alternatif atau jalur lintas selatan (JLS) telah disiapkan dengan destinasi wisata maupun ekonomi kreatif termasuk kuliner,” kata Menparekraf.

Berbicara pada acara “Extended Weekly Press Briefing” di Balairung Soesilo Soedarman, Jakarta, Senin (25/4/2022), Sandiaga mengatakan pihaknya mendorong masyarakat mudik sambil berwisata.

“Jalur Lintas Selatan (JLS) sepanjang 1.242 km itu menyusuri pantai-pantai yang indah dan juga terkenal dengan tempat-tempat kulinernya,” kata Sandiaga Uno.

Saat ini Kemenparekraf bersama dengan dinas pariwisata pemerintah daerah yang berada dalam lintasan JLS dan kementerian/lembaga terkait, tengah menyiapkan travel plan (yang terdiri dari potensi pariwisata dan fasilitas) bagi para pemudik yang memanfaatkan JLS ini.

     Menparekraf Sandiaga Uno saat jumpa pers

Sebelumnya Menteri PUPR Basuki Hadimuljono juga telah mempromosikan JLS atau dusebut juga lintas Pantai Selatan Jawa atau Pansela Jawa sebagai jalur alternatif mudik Lebaran 2022 pada 9 April lalu.

Dari pantauan  jajaran PUPR untuk pemudik dari Jakarta yang hendak menuju Jawa Tengah hingga Yogyakarta bisa melalui jalur Garut yang memiliki jalur lintas selatan sepanjang 80 kilometer yang bisa digunakan oleh para pemudik dengan rute Bandung –Pameungpeuk-Tasik-Pangandaran-Jawa Tengah.

Keunggulan jalur lintas selatan Garut, para pemudik bisa menikmati pemandangan pantai yang menakjubkan di sepanjang perjalanan. Pemudik bisa singgah di beberapa pantai dengan pemandangan mantap seperti Puncak Guha yang terletak di Kecamatan Cikelet, Garut.

Selanjutnya,  jalur selatan pulau Jawa dari Yogyakarta-Kediri bisa melalui rute dari Yogyakarta – Wonogiri – Pacitan – Trenggalek hingga Kediri, Jawa Timur. Selain infrastruktur jalan yang baik, Djoko menilai jalur selatan Jawa ini memiliki ragam kuliner yang cukup banyak.

“Selain mampu menghindari kemacetan, Pansela juga menghadirkan pemandangan alam yang instagramable dan aneka kuliner,” ujarnya, kata Basuki Hadimuljono 

Desa wisata

Menparekraf juga mengingatkan para pemudik bisa mampir di desa wisata. Dia optimistis akan menjadi daya tarik bagi para pemudik yang melalui jalur selatan, tengah atau utara karena letaknya di pegunungan.

Desa Pujon Kidul lokasinya terletak di sisi barat, melewati Kota Batu berangkat dari Kota Malang. Jarak yang ditempuh dari pusat kota sekitar 30 kilometer, dengan waktu perjalanan sekitar 1,5 jam.

Desa Wisata Pujon Kidul menawarkan berbagai kegiatan, seperti petik sayur, outbound, camping, belajar membuat biogas, mengolah susu, atau beternak. Memang kegiatan-kegiatan ini harus diinfokan lebih dulu agar disiapkan dulu oleh warga desa.

“Desa wisata juga menjadi menarik di tengah prosesi mudik, karena jika dikemas dengan asyik Insya Allah ini akan menjadi destinasi wisata yang unik,” kata Sanfiaga Uno.

berarti harus ada homestay yang nyaman, harus ada atraksi yang baik, dan tentunya kesiapan CHSE dan protokol kesehatan. 

“Hal ini sejalan dengan program kita Anugerah Desa Wisata Indonesia,” katanya.

Turut hadir dalam acara extended weekly press briefing Wakil Menteri Pariwisata dan Ekonomi Kreatif Angela Tanoesoedibjo, Sekretaris Kemenparekraf/Sekretaris Utama Baparekraf Ni Wayan Giri Adnyani, serta seluruh jajaran eselon 1 di lingkungan Kemenparekraf/Baparekraf. 

 

Hilda Ansariah Sabri

Hilda Ansariah Sabri, Pendiri, Pemimpin Umum, Pemimpin Redaksi dan pemegang sertifikasi Wartawan Utama Dewan Pers. Saat ini menjabat sebagai Ketua Departemen Pariwisata PWI Pusat ( 2018-2023)